Diperbaharui pada Kamis, 15 Februari 2024 | 10:53

Canon R100, Entry-Level dengan Sensor APS-C 24MP

review Canon R100

Jika Anda mencari kamera mirrorless yang ringan, mudah digunakan, dan tidak menguras kantong, Canon R100 bisa menjadi pilihan yang tepat.

Kamera ini adalah kamera mirrorless terbaru dari Canon yang menggunakan sensor APS-C 24MP dan prosesor DIGIC 8, serta lensa Canon RF-S 18-45mm f/4.5-6.3 IS STM yang fleksibel dan stabil.

Kamera ini cocok untuk Anda yang baru memulai perjalanan fotografi Anda, atau yang ingin meningkatkan kualitas foto Anda dari smartphone.

Desain dan Fitur

Canon R100

Canon R100 memiliki desain yang kompak dan ringan, dengan dimensi 3.4 x 4.6 x 2.7 inci dan berat 12.6 ons tanpa lensa. Kamera ini memiliki pegangan yang nyaman dan tombol-tombol yang mudah dijangkau. Kamera ini juga dilengkapi dengan flash internal yang bisa digunakan untuk pencahayaan tambahan.

Salah satu fitur unggulan Canon R100 adalah viewfinder elektronik (EVF) yang jernih dan tajam, dengan resolusi 2.4 juta titik dan pembesaran 0.60x. EVF ini sangat berguna untuk melihat gambar secara akurat dan menghindari silau saat memotret di bawah sinar matahari.

Kamera ini juga memiliki layar LCD 3 inci dengan resolusi 1.04 juta titik, tetapi sayangnya layar ini tidak bisa diputar atau disentuh. Kamera ini menggunakan sistem autofokus yang mendukung deteksi wajah dan mata untuk manusia saja.

Sistem autofokus ini mampu menutup area fokus yang luas, dengan 143 titik fokus yang tersebar di seluruh bidang gambar. Sistem autofokus ini cukup andal dan responsif untuk memotret subjek yang diam atau bergerak lambat, tetapi mungkin kurang cepat untuk subjek yang bergerak cepat atau berubah-ubah.

Kamera ini juga memiliki fitur video yang bisa merekam video 4K dengan kecepatan 24 fps, atau video Full HD dengan kecepatan 60 fps. Namun, fitur video ini memiliki beberapa keterbatasan, seperti crop yang besar, fokus yang lambat, dan tidak adanya profil warna datar. Jadi, kamera ini mungkin bukan pilihan terbaik untuk Anda yang serius berkecimpung di dunia videografi.

Keunggulan dan Kinerja

Canon R100

Canon R100 memiliki beberapa keunggulan dan kinerja yang bisa membuat Anda terkesan, terutama untuk kelasnya. Berikut adalah beberapa di antaranya:

Sensor APS-C 24MP

Sensor APS-C 24MP mampu menghasilkan gambar yang detail, tajam, dan berwarna cerah. Sensor ini juga memiliki rentang ISO yang cukup luas, dari 100 hingga 25600, yang bisa disesuaikan dengan kondisi pencahayaan. Sensor ini juga memiliki teknologi Dual Pixel CMOS AF yang bisa meningkatkan akurasi dan kecepatan fokus, terutama saat merekam video.

Prosesor DIGIC 8

Prosesor DIGIC 8 mampu memproses gambar dengan cepat dan akurat, serta mengurangi noise dan distorsi. Prosesor ini juga memiliki fitur Creative Assist yang bisa membantu Anda mengatur pengaturan kamera sesuai dengan gaya dan suasana foto yang Anda inginkan.

Viewfinder elektronik (EVF)

Viewfinder elektronik (EVF) yang jernih dan tajam, dengan resolusi 2.4 juta titik dan pembesaran 0.60x. EVF ini sangat berguna untuk melihat gambar secara akurat dan menghindari silau saat memotret di bawah sinar matahari. EVF ini juga memiliki fitur Eye Detection AF yang bisa mengunci fokus pada mata subjek secara otomatis, baik untuk foto maupun video.

Konektivitas yang lengkap

Konektivitas yang lengkap, seperti Bluetooth, Wi-Fi, USB-C, mikro HDMI, mikrofon, dan remote. Kamera ini juga mendukung pengisian baterai melalui USB-C, yang praktis dan hemat biaya. Kamera ini juga bisa terhubung dengan aplikasi Canon Camera Connect di smartphone Anda, yang bisa digunakan untuk mentransfer foto, mengontrol kamera secara jarak jauh, atau mengedit foto.

Kriteria Spesifikasi
Nama Produk EOS R100
Tipe Kamera DSLR Style
Lens Mount RF, RF-S
Tipe Sensor CMOS
Ukuran Sensor -
Resolusi Kamera 25.8 MP
Ukuran Layar 3 inch
Max Video Resolution -
Video Formats MP4
Viewfinder Type Electronic
Face Recognition Ya
Frame Rate fps
Dimensi 116.3 x 85.5 x 68.8 mm
Berat 356 g
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Lensa Canon RF-S 18-45mm f/4.5-6.3 IS STM

Canon R100

Lensa Canon RF-S 18-45mm f/4.5-6.3 IS STM, yang merupakan lensa kit yang fleksibel dan stabil. Lensa ini memiliki jangkauan zoom yang bisa menangkap berbagai jenis foto, dari pemandangan, potret, hingga makro.

Lensa ini juga hanya berbobot 130g, hampir 40% lebih ringan dari EF-S18-55mm f/4 -5.6 IS STM. Lensa ini memiliki mekanisme retraksi yang memungkinkan Anda menarik atau mendorong lensa untuk mengaktifkan atau menonaktifkan kamera. Lensa ini juga memiliki cincin kontrol yang bisa digunakan untuk mengatur fokus, zoom, atau pengaturan lainnya.

Lensa Canon RF-S 18-45mm f/4.5-6.3 IS STM juga memiliki stabilisasi gambar (IS) yang bisa mengurangi getaran dan goyangan saat memotret dengan tangan. Lensa ini juga memiliki motor fokus (STM) yang halus dan senyap, yang cocok untuk merekam video.

Lensa Canon RF-S 18-45mm f/4.5-6.3 IS STM memiliki kualitas gambar yang baik untuk kelasnya, dengan detail, ketajaman, dan warna yang memuaskan. Lensa ini memiliki 7 elemen dalam 7 kelompok, termasuk satu elemen asferis yang bisa mengurangi aberasi sferis dan distorsi. Lensa ini juga memiliki lapisan Super Spectra yang bisa mengurangi flare dan ghosting.

Lensa ini memiliki performa yang cukup baik untuk autofokus, dengan kecepatan dan akurasi yang tinggi. Lensa ini juga mendukung deteksi wajah dan mata untuk manusia saja, yang bisa membantu Anda memotret subjek dengan lebih mudah dan presisi. Lensa ini juga bisa memotret makro dengan jarak fokus minimum yang bervariasi, dari 0.2m di ujung lebar hingga 0.35m di ujung tele.

Lensa ini memiliki beberapa keterbatasan, seperti distorsi dan fringing yang cukup besar jika tidak dikoreksi secara otomatis oleh kamera. Lensa ini juga tidak memiliki segel cuaca, jadi Anda harus berhati-hati saat memotret di kondisi yang basah atau berdebu. Lensa ini juga tidak memiliki filter benang, jadi Anda tidak bisa menggunakan filter seperti polarizer atau ND.

Lensa ini memiliki jangkauan zoom yang cukup luas, dari 18mm hingga 45mm, yang setara dengan 29mm hingga 72mm pada kamera full-frame. Lensa ini bisa menangkap berbagai jenis foto, dari pemandangan, potret, hingga makro. Lensa ini juga memiliki bukaan maksimum yang bervariasi, dari f/4.5 di ujung lebar hingga f/6.3 di ujung tele. Bukaan ini mungkin tidak terlalu cerah, tetapi masih bisa menghasilkan efek bokeh yang halus dan menyenangkan.

Lensa ini juga dilengkapi dengan stabilisasi gambar (IS) yang bisa mengurangi getaran dan goyangan saat memotret dengan tangan. Lensa ini memiliki IS yang efektif hingga 4 stop, yang bisa meningkat hingga 6.5 stop jika digunakan dengan kamera yang memiliki stabilisasi gambar di bodi.

Harga dan Kesimpulan

Canon R100

Canon R100 adalah kamera mirrorless entry-level dengan sensor APS-C 24MP dan lensa Canon RF-S 18-45mm f/4.5-6.3 IS STM. Meskipun memiliki fitur unggulan seperti viewfinder elektronik dan sistem autofokus deteksi wajah, dengan harga terjangkau, ini cocok untuk pemula atau pengguna yang ingin meningkatkan kualitas foto mereka dari smartphone.

Canon R100 mulai dipasarkan pada Juli 2023 lalu, dengan harga Rp8.499.000 untuk body only. Jika Anda ingin mendapatkan lensa kit Canon RF-S 18-45mm f/4.5-6.3 IS STM, Anda harus menambahkan Rp1.500.000 lagi, sehingga totalnya menjadi Rp9.999.000. Harga ini cukup terjangkau untuk kamera mirrorless dengan sensor APS-C, dan bisa menjadi investasi yang baik untuk meningkatkan keterampilan fotografi Anda.

Jadi, apakah Canon R100 layak untuk Anda beli? Jawabannya tergantung pada kebutuhan dan preferensi Anda. Jika Anda mencari kamera mirrorless yang ringan, mudah digunakan, dan tidak menguras kantong, Canon R100 bisa menjadi pilihan yang tepat. Tetapi, jika Anda mencari kamera mirrorless yang memiliki fitur video yang lebih baik, layar yang lebih fleksibel, atau sistem autofokus yang lebih canggih, Anda mungkin harus melirik kamera lain yang lebih mahal atau dari merek lain.

Like us!
Imam Ali

Content Writer

1648 Posts

Berbekal photography dan multimedia desain membuka jalan ke perusahaan konsultan cekindo.com. Awali karir jurnalistik di Majalah Chip Foto Video. Ketertarikan pada teknologi dan gadget berkembang ke Majalah Chip dan Chip.co.id, mulai dari review gadget dan peripheral PC, berlanjut ke Tabloid Sinyal dan SinyalMagz. Hobi otomotif memberi kesempatan bekerja di Agency mengawal konten otomotif. Di Pricebook, membuat beragam artikel terkait news, ulasan dan review serta info pasar yang berbasis SEO.