Diperbaharui pada Senin, 13 September 2021 | 09:39

Canon Rilis 2 Lensa Super Telephoto Seharga Mobil SUV

harga lensa canonFoto: Canon Indonesia

Canon Indonesia melalui distributor resminya PT Datascrip, menghadirkan dua seri lensa super telephoto RF400mm f/2.8L IS USM dan RF600mm f/4L IS USM yang dibuat untuk kamera Canon mirrorless full frame seri EOS R.

Kedua lensa tele terbaru ini adalah lensa kelas profesional yang masuk ke dalam lini lensa premium L series Canon, dengan membawa performa yang mengutamakan kualitas gambar, performa dan daya tahan saat memotret.

RF400mm f/2.8L IS USM dan RF600mm f/4L IS USM menggunakan mounting RF yang dipakai oleh kamera EOR R mirrorless full-frame yang merupakan seri kamera mirrorless full-frame pertama Canon yang meluncur di 2018.

Menurut Syailendra Kamdani, Head of Marketing Division Canon Business Unit PT Datascrip, kedua lensa ini diluncurkan di Indonesia untuk menegaskan komitmen perusahaan untuk terus mengembangkan ekosistem lensa RF.

Lensa Canon RF400mm f/2.8L IS USM dan RF600mm f/4L IS USM mewarisi desain optik dan mekanis pada lensa Canon EF400mm f/2.8L IS III USM dan EF600mm f/4L IS III USM yang telah ada sebelumnya.

Kedua lensa RF ini memiliki bobot yang lebih ringan, serta mengalami peningkatan signifikan pada kualitas optik bila dibandingkan dengan lensa generasi sebelumnya.

harga lensa canonCanon RF400mm f/2.8L IS USM

Dengan menggabungkan dua fluorite lens elements dan satu Super UD lens element, RF400mm f/2.8L IS USM dan RF600mm f/4L IS USM mampu mengoreksi aberasi kromatik dan menghasilkan tampilan kontras yang istimewa.

Kedua lensa Canon ini dapat menghasilkan gambar yang tajam pada bidikan close-up berkat karakteristik RF mount yang memiliki diameter dudukan besar.

Karakteristik ini membuat jarak fokus minimum bisa lebih dekat, yaitu 2,5m untuk RF400mm f/2.8L IS USM dan 4,2m untuk lensa RF600mm f/4L IS USM.

Keduanya dibekali dengan teknologi Air Sphere Coating (ASC) yang dapat secara efektif mengendalikan kemunculan efek ghosting dan flaring, bahkan ketika sumber cahaya yang kuat berada dalam bingkai. 

Teknologi ini bermanfaat saat situasi pemotretan yang berhadapan dengan arah datangnya cahaya, seperti saat memotret balap motor atau mobil ketika lampu depan kendaraan menyala.

Canon mengklaim bahwa kedua lensa tele baru ini dapat menahan guncangan saat pengambilan gambar hingga mencapai 5,5 stop, berkat teknologi Image Stabilizer (IS) yang diusungnya. Selain itu, kelebihan lainnya adalah kemampuan untuk memotret pada kondisi minim cahaya.

harga lensa canonCanon RF600mm f/4L IS USM

Lensa RF400mm f/2.8L IS USM dan RF600mm f/4L IS USM memiliki tiga mode IS yang dioptimalkan agar sesuai dengan gerakan subjek saat memotret. 

Mode 1 untuk subjek yang tidak bergerak, mode 2 ideal untuk bidikan panning, serta mode 3 untuk subjek dengan gerakan tidak teratur, seperti saat memotret pertandingan bola basket di mana pergerakan pemain tidak dapat diprediksi.

Lensa Canon RF400mm f/2.8L IS USM dan RF600mm f/4L IS USM didesain juga untuk kebutuhan perekaman video dengan memberikan kontrol pencahayaan yang lebih baik. 

Penyesuaian 1/8 stop pada mode Movie Shooting memungkinkan kecerahan diubah lebih mulus, dibanding dengan penyesuaian 1/3 stop yang diterapkan pada lensa EF.

Kedua lensa ini didesain khusus dengan weather sealing untuk mencegah debu dan tetesan air masuk, serta dilapisi dengan pelindung warna putih yang merupakan pelindung anti panas, tahan gores dan menjaga kualitas foto di berbagai kondisi dan cuaca.

Bagi pengguna yang membutuhkan jangkauan ekstra, kedua lensa super telephoto ini sudah kompatibel dengan extender RF yang ada, yaitu RF 1.4x dan RF 2x. Misal, jika RF600mm f/4L IS USM dipasangkan dengan extender RF 2x, pengguna dapat meraih focal length hingga 1200mm.

Canon RF400mm f/2.8L IS USM sudah tersedia di Indonesia dengan harga Rp 224.000.000, sementara untuk Canon RF600mm f/4L IS USM, lensa  ini dibanderol dengan harga Rp 244.000.000.

Like us!
Restu Aji Siswanto

Content Writer

831 Posts

Gemar mengikuti perkembangan teknologi gawai, baik yang rilis di Indonesia maupun yang tidak masuk pasar lokal. Ketertarikan pada teknologi dan gawai menjadi motivasi untuk terus memberikan informasi, rekomendasi, dan tips berbelanja seakurat mungkin, melalui artikel dan ulasan produk.