Bocoran Google Pixel 4: Spesifikasi, Harga dan Rilis

Oleh Nur Abdillah updated Senin, 24 Jun 2019 | 17:11

Bocoran google pixel 4Google Pixel 4 via Google

Seakan tidak ingin kalah dari Apple dan Samsung, penggagas OS Android, Google, siap merilis lini hp flagship dengan spesifikasi tercanggih. Salah satu hp terbaru di 2019 yang dirumorkan bakal keluar adalah Google Pixel 4. 

Hal ini cukup menarik, karena perusahaan teknologi tersebut baru saja memperkenalkan Pixel 3A dan Pixel 3A XL di ajang Google I/O pada Mei 2019. Dan mereka sudah menyiapkan generasi penerus dalam model Pixel 4. Bagaimana spesifikasi Google Pixel 4? Lalu berapa harganya? Berikut bocorannya. 

Spesifikasi Google Pixel 4

Salah satu keunggulan dari hp Google adalah selalu menjadi prioritas dalam menfapatkan versi teranyar. Karena sebagai pengembang sistem operasi Android memudahkan Google memprioritaskan hp terbaru mereka untuk menggunakan OS Android terbaru. 

Bocoran gambar pertama yang mengungkap indentitas Google Pixel 4 datang dari pengguna Twitter @OnLeaks dan @PriceBaba. Sumber tersebut menyebutkan jika Google akan menghilangkan teknologi sensor rear-mounted fingerprint. Selain itu, bocoran tersebut juga memperlihatkan adanya pemindahan speaker ke bagian bawah bodi gawai. 

Informasi seputar Google Pixel 4 pun semakin bertambah sejak bocoran pertama menyebar di dunia maya. Sumber lain menyebutkan ponsel yang diperkirakan bakal Google pamerkan pada Oktober 2019 ini akan dilengkapi sistem operasi Android teranyar, yakni Android 10 Q.

Menyoal warna, Pixel 4 dikabarkan akan di jual dalam tiga pilihan, yakni hitam, putih, dan mint green. Sebuah kanal Youtube juga menyebutkan akan ada sensor in-display fingerprint yang menggantikan fitur sensor sebelumnya. 

bocoran google pixel 4Google Pixel 4 via @pricebaba

Seperti yang Anda ketahui, Google termasuk vendor yang tak pernah main-main dengan departemen fotografi. Untuk meningkatkan performa kamera pada Pixel 4, tidak menutup kemungkinan perusahaan ini menambahkan lensa telephoto dengan 2x optical zoom. Jika benar adanya, pecinta fotografi pasti akan puas menggunakan kamera yang disematkan pada ponsel ini. 

Bagaimana dengan sektor dapur pacu? Selain diperkirakan akan memakai versi terbaru Android, Google Pixel 4 juga diprediksi bakal mengandalkan chipset teranyar besutan Qualcomm, yaitu Snapdragon 855. Sementara Snapdragon 845 sudah digunakan Google pada versi-versi Pixel lainnya. 

Ruang penyimpanan yang kemungkinan digunakan untuk Google Pixel 4 bisa mencapai 6GB untuk RAM. XDA pun menduga Pixel 4 akan mendukung dual SIM card. Sehingga Anda bisa memakai dua kartu SIM sekaligus tanpa mengorbankan slot memori eksternal. 

Dengan prosesor dan sistem operasi keluaran terbaru, bukan tidak mungkin Google akan langsung memakai jaringan 5G. Penggunaan jaringan dan teknologi canggih pada Google Pixel 4 pasti akan membuat harganya cukup melambung di pasaran. Di sisi lain, ponsel flagship tersebut dapat menjadi saingan yang tak terkalahkan. 

Beda Fitur Pixel 3 vs Pixel 4

Google Pixel 3aGoogle Pixel 3a

Jarak perilisan yang tidak sampai setahun membuat Google Pixel 4 terus dibandingkan dengan versi pendahulunya, Google Pixel 3. Apakah perbedaan yang Google berikan pada Pixel 4 cukup kontras bila disandingkan dengan Pixel 3? 

Dari segi desain, Google Pixel 4 diperkirakan mempunyai konsep yang tak jauh berbeda dari Google Pixel 3 maupun 3 XL. Minimalis, tetapi elegan dengan pemilihan warna yang tak terlalu mencolok. Meski begitu, beberapa orang menganggap tampilan Pixel 4 menyerupai iPhone XI yang kabarnya dirilis pada September 2019 mendatang.

Hal ini dikarenakan penempatan kameranya yang sama-sama berada di pojok kiri atas ponsel. Akan tetapi, kabar tersebut belum bisa dikonfirmasi kebenarannya mengingat keduanya masih bersifat rumor. 

Pengamat maupun penggemar juga berharap prediksi RAM 6GB pada Google Pixel 4 benar-benar diwujudkan. Pasalnya, Google Pixel 3 yang sudah menggunakan RAM 4GB dianggap kurang optimal dalam pengelolaan. Pasalnya, fitur kamera yang dipakai memakan ruang yang cukup banyak sampai-sampai menutup paksa aplikasi lain. Tentu saja masalah tersebut membuat ponsel flagship Google dianggap kontroversial di pasaran. 

Dari bocoran spesifikasi di atas, Anda juga bisa melihat perbedaan di sektor dapur pacu. Google Pixel 3 masih menggunakan sistem operasi Android 9 Pie. Kemudian untuk chipset, ponsel ini memakai Qualcomm Snapdragon 845. Di sektor jaringan pun Google Pixel 3 mengusung 2G/3G/4G LTE untuk kemudahan berselancar di dunia maya. 

Perbedaan spesifikasi di antara Google Pixel 4 dengan Google Pixel 3 memang belum terlihat banyak mengingat Google belum memberikan informasi resmi. Namun dari pemaparan di atas, bisa dikatakan kedua ponsel ini masih mempertahankan beberapa elemen dan meningkatkan performa di beberapa komponen. 

Kapan Google Pixel 4 Rilis?

Google pixel 4Google Pixel 4 via @pricebaba

Pertanyaan ini tentunya muncul selepas bocornya informasi pertama seputar Google Pixel 4. Disitat dari Phone Arena, Google Pixel 4 dan 4 XL diperkirakan akan dipamerkan pada ajang Made by Google pada Oktober 2019. Sementara peluncuran perdana ponsel pintar premium tersebut diselenggarakan pada 24 Oktober 2019 di Amerika Serikat. Jika menilik ke belakang, jadwal ini tidak berbeda jauh dengan perilisan Google Pixel 3 dan 3 XL yang diumumkan pada 9 Oktober 2018 dan diluncurkan pada 18 Oktober 2018. 

Bagaimana dengan kisaran harganya? Google Pixel 3 sejauh ini dijual dengan harga dari Rp11 jutaan. Sementara Google Pixel 4 diprediksi bakal dibanderol dengan nominal lebih tinggi, yakni dari US$949 per unit atau sekitar Rp13 jutaan. 

Dari pemaparan di atas, apa Anda tertarik mengganti Google Pixel 3 atau langsung beralih ke Google Pixel 4? Namun, karena informasi yang beredar masih berupa rumor, mari kita nantikan kabar resmi dari Google seputar ponsel flagship teranyarnya. Dengan begitu, Anda bisa menganalisis spesifikasi dan harganya lebih lanjut.

Artikel Terkait

Komentar