Samsung Raih Gelar Asia's Top 1000 Brand Selama 8 Tahun

Oleh Arini Putrie updated Selasa, 18 Jun 2019 | 13:27

logo samsung

Pada survei tahunan ‘Top 1000 Brands’ Asia yang dilakukan oleh Campaign Asia-Pacific bekerja sama dengan Nielsen, Samsung kembali meraih gelar merek terbaik di Asia. Gelar merek terbaik yang diraih oleh Samsung merupakan penghargaan ke-delapan selama berturut-turut.

Samsung memenangkan posisi pertama pada enam kategori. Ke-enam kategori yang diraih Samsung adalah merek yang paling mobile friendly, merek lokal terkuat, dan merek dengan nilai-nilai yang paling sesuai dengan responden.

Pada hasil survei Top 1000 Brands Asia Samsung juga berada di urutan teratas pada kategori mobile phone , produsen TV, serta teknologi rumah pintar atau smart home.

Studi yang dilakukan mengeksplorasi perilaku konsumen di 14 pasar di Asia. Agar hasil studi mewakili suara konsumen secara akurat, survei ini menargetkan beberapa kriteria. Kriteria yang menjadi target survei merupakan usia, jenis kelamin, dan pendapatan rumah tangga bulanan untuk menghasilkan bentangan survei yang seimbang.

Metodologi Survei

Asia Top 1000 Brands

Menurut data yang ada pada dokumen rilis, metodologi survei Top 1000 Brands Asia mengumpulkan data melalui surbei online yang dikembangkan oleh Campaign Asia-Pasific dan Nielsen. Survei ini dilakukan pada tanggal 13 Maret hingga 10 April 2019. Studi ini mencari tahu perilaku konsumen di 14 pasar, yaitu Australia, Cina, Hong Kong, India, Indonesia, Jepamh, Malaysia, Selandia Baru, Filipina, Singapura, Korea Selatan, Taiwan, Thailand, dan Vietnam.

Pada studi ini menggunakan 400 responden pada setiap pasar. Di Jepang, India dan Cina peserta masing-masing berjumblah 800, 1200, dan 2000. Perserta tersebut untuk mewaili populasi pasar, kuota survei menyasar umur, jenis kelamin dan pendapatan rumah tangga.

Studi ini memiliki 15 kategori utama, yaitu: minuman beralkohol, pakaian dan aksesoris, otomotif, minuman, consumer electronics, layanan kurir, jasa keuangan, makanan, peralatan rumah tangga, perawatan rumah dan personal care, media dan telekomunikasi, rumah makan, ritel, perlengkapan olahraga, serta transportasi, travel dan rekreasi.

Pada kategori utama ini ada 81 sub-kategori. Kategori dan sub-kategori mengalami perubahan setiap tahunnya. Perubahan utama tahun ini adalah tidak adanya sub kategori Digital Experience dari kategori ‘Consumer Electronics’, perubahan kategori pasta gigi menjadi perawatan gigi dan ditambahkannya sub kategori baru ‘Toys & Games’ pada kategori ‘Perawatan Rumah dan Personal Care’.

Artikel Terkait

Komentar