Download 4 Aplikasi Mudik Lebaran 2019 Agar Lancar Di Perjalanan

Oleh Arini Putrie updated Kamis, 23 Mei 2019 | 16:21

Aplikasi Mudik

Musim mudik lebaran akan segera dimulai. Momen bertemu keluarga di kampung halaman sudah lama menjadi tradisi di Indonesia. Namun perjalanan panjang dan kondisi jalan yang terkadang rusak, bisa menjadi kendala. Bahkan kejadian tidak menyenangkan seperti kerusakan pada kendaraan dapat menghambat perjalanan mudik.

Untungnya saat ini mudik dapat dilakukan dengan lebih aman dan nyaman dengan bantuan berbagai aplikasi untuk mudik yang wajib ada di smartphone. Beberapa pengembang aplikasi pun sengaja meluncurkan aplikasi untuk mudik dengan beragam fitur untuk meramaikan tradisi mudik yang rutin digelar di indonesia.

Lalu apa saja aplikasi mudik lebaran 2019 yang wajib ada di smartphone kamu? Simak artikel selengkapnya

1. Aplikasi Peta Mudik (Maps)

Aplikasi Peta Mudik

Aplikasi jenis ini wajib ada untuk mudik khususnya bagi kamu pengguna kendaraan pribadi. Aplikasi ini akan sangat berguna untuk mengetahui jalur-jalur alternatif mana saja yang bisa dilalui. Tidak hanya itu, kamu juga bisa mengetahui tempat istirahat mana saja yang bisa disinggahi. Setidaknya kamu bisa mencoba aplikasi Waze dan Google Maps.

Aplikasi Google Maps

Aplikasi dari Google ini bisa jadi panduan kamu saat mudik. Pada aplikasi Google Maps kamu dapat melihat kemacetan yang ada pada jalur mudik sehingga kamu bisa memilih rute lain agar terhindar dari kemacetan. Pada saat menggunakan aplikasi tersebut kamu juga akan mendapatkan estimasi sampai ke tempat tujuan kamu. Aplikasi google maps juga memungkinkan kamu memilih jalur sesuai jenis kendaraan.

Aplikasi Waze

Aplikasi peta mudik yang kedua adalah Waze. Pada aplikasi ini kamu dapat melihat kondisi rute yang kamu ambil saat mudik jika terindikasi warna merah pekat berarti jalur yang kamu lalui sangat macet. Namun kamu tidak perlu khawatir karena aplikasi ini akan memberi tahu jalur alternatif yang bisa menghindarkan kamu dari kemacetan. Waze juga akan memberikan notifikasi jika terdapat tempat pengisian bahan bakar ( pom bensin ) terdekat.

2. Aplikasi Pemantau Jalan

Aplikasi Pemantau Jalan

Pemilihan rute mudik juga bisa dilakukan sedari awal, dengan memantau terlebih dulu jalur-jalur mana saja yang ada. Ini bisa dilakukan dengan menonton update berita mudik di TV hingga mengunduh aplikasi khusus mudik seperti IBOLZ NTMC TV dan LewatMana.

NTMC TV

NTMC TV memang khusus disediakan oleh Korps Lalu Lintas Polri. Aplikasi ini dapat membuat pemudik memantau CCTV secara realtime dalam smartphone. Tentunya selain memantau secara online kamu akan mendapatkan berita berita seputar lalulintas arus mudik hingga arus balik. Adanya informasi tersebut kamu bisa menentukan jalur yang kamu pilih agar terhindar dari kemacetan.

CCTV Lewat Mana

CCTV Lewat Mana seperti namanya aplikasi tersebut menyediakan akses untuk melihat CCTV yang sudah tersebar di beberapa titik. Cangkupan CCTV tersebut memang belum ada di seluruh Indonesia namun bagi masyarakat pulau jawa CCTV tersebut sudah tersebar di beberapa titik rawan macet dan banyak dilalui.

3. Aplikasi Pesan Tiket Online

Aplikasi Pesan Tiket OnlineUntuk kamu yang berencana mudik menggunakan kendaraan umum. Kamu bisa memasang aplikasi pemesanan tiket di smartphone kamu. Saat ini cukup banyak aplikasi pemesanan tiket terpercaya yang bisa kamu gunakan untuk membeli tiket pesawat maupun kereta api untuk mudik kamu bisa mendownload Tiket.com, Traveloka, PegiPegi, bahkan kamu bisa membeli tiket tersebut pada marketplace seperti Tokopedia.

4. Aplikasi Bengkel dan Posko Mudik

Aplikasi Obeng

Tentunya jika sesuatu terjadi pada kendaraan anda baik motor maupun mobil pada saat mudik lebaran akan meyulitkan apalagi kamu tidak tahu letak bengkel atau service center terdekat. Namun kamu tidak perlu khawatir karena di era serba digital ini kamu bisa menemukan bengkel terdekat hanya dengan smartphone kamu. Ada beberapa aplikasi yang bisa kamu download untuk menjadi solusi perjalanan mudik kamu seperti Aplikasi Obeng.

Obeng (Online Bengkel)

Aplikasi Obeng (Online Bengkel) merupakan aplikasi yang memungkinkan kamu menemukan bengkel terdekat dari posisi kamu. Pada aplikasi ini pula kamu bisa mendapatkan rute tercepat untuk menuju bengkel tersebut, jika keadaan kendaraan masih memungkinkan untuk berjalan. Namun Jika kendaraan anda benar benar mati, kamu bisa melihat profile bengkel terdekat tersebut dan menghubungi teknisi untuk datang dan memperbaiki kerusakan pada kendaraan.

Mudik Lebih Aman dan Nyaman

Adanya aplikasi di atas pada smartphone kamu akan sangat membantu jika kamu mengalami kendala saat mudik lebaran. Jadi lebih baik mendownload terlebih dahulu aplikasi tersebut karena lebih baik berjaga jaga daripada kamu panik dan bingung saat mengalami kendala salah jalan maupun kerusakan pada kendaraan. Semoga perjalanan mudik 2019 ini aman dan lancar ya.

Artikel Terkait

Komentar