Diperbaharui pada Kamis, 13 Januari 2022 | 11:20

Cara Daftar Vaksin Booster Covid-19 Tanpa e-Tiket PeduliLindungi

cara daftar vaksin booster covid-19Foto: PeduliLindungi

Hadirnya varian baru dari Covid-19 membuat beberapa lokasi di Jakarta dan kota-kota besar lainnya memperketat protokol kesehatan di tempat-tempat umum, dan di awal tahun 2022 ini, pemerintah mengumumkan pemberian vaksin booster Covid-19.

Sebelumnya, pemerintah Republik Indonesia telah mendistribusikan vaksin Covid-19 gratis untuk masyarakat Indonesia yang masuk dalam daftar layak vaksin berdasarkan status dan kondisi kesehatannya.

Beberapa wilayah di Indonesia, baik milik pemerintah atau swasta, juga telah melakukan program vaksinasi secara masif. Bagi Anda yang belum mendapatkan jadwal vaksinasi, Anda juga bisa cek nama penerima vaksin melalui berbagai media, salah satunya adalah situs Pedulilindungi.id.

Vaksinasi Covid-19

Cara Daftar Vaksin Booster Covid-19 Tanpa e-Tiket PeduliLindungi-1Foto: PeduliLindungi

Seperti kita ketahui, Indonesia telah menerima pengiriman vaksin Covid-19 dan vaksin telah diberikan kepada seluruh tenaga kesehatan dan penunjangnya, lansia, serta masyarakat umum secara bertahap hingga hari ini.

Selain itu, pelaksanaan vaksinasi Covid-19 yang akan dilakukan setelah mendapatkan izin dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) ini juga akan dilakukan pada sebagian tenaga pelayanan publik dan masyarakat golongan tertentu.

Pada tahap awal, calon penerima vaksin Covid-19 gratis ini akan mendapatkan SMS dari Peduli Covid, untuk melakukan registrasi ulang yang bisa dilakukan melalui:

  • Aplikasi PeduliLindungi
  • Website PeduliLindungi
  • Melakukan panggilan ke *119#

Cara Cek Penerima Vaksin Covid-19

Cara Daftar Vaksin Booster Covid-19 Tanpa e-Tiket PeduliLindungi-2Foto: PeduliLindungi

Daftar nama penerima vaksin Covid-19 tahap awal sudah bisa dilakukan melalui laman website https://pedulilindungi.id/cek-nik

Anda dapat cek status Anda pada laman muka, dengan memasukkan sejumlah data yang diminta. Caranya cukup mudah, karena Anda hanya perlu mengisi:

  • Nama lengkap sesuai KTP
  • Nomor Induk Kependudukan (NIK) sesuai KTP
  • Centang kolom captcha ‘I’m not a robot’
  • Klik ‘Selanjutnya’

Bila nama Anda terdaftar sebagai calon penerima vaksin Covid-19, maka akan langsung terverifikasi pada laman situs. Namun bila belum, Anda akan menerima pesan bahwa nama Anda belum terdaftar.

Langkah-langkah untuk cek nama penerima vaksin Covid-19 ini juga bisa dilakukan pada aplikasi PeduliLindungi.

Cara Menggunakan Aplikasi PeduliLindungi

Cara Daftar Vaksin Booster Covid-19 Tanpa e-Tiket PeduliLindungi-3Foto: Google Play Store

Aplikasi PeduliLindungi dapat diunduh dan diinstal pada perangkat smartphone Android dan iOS, karena tersedia di Google Play Store dan App Store.

Penggunaan aplikasi ini memudahkan bagi Anda yang tidak punya banyak waktu untuk membuka situsnya melalui laptop atau komputer.

Cara penggunaannya kurang lebih sama dengan website, namun, karena sistem aplikasi yang selalu aktif (online), ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghemat daya baterai. Berikut caranya.

Untuk mengakses "Low Power Mode/Battery Saver", dapat dilakukan pada hp Android 5.0 (Lollipop) ke atas, dengan mengikuti langkah-langkah berikut.

Melalui “Setting”:

  • Masuk ke menu "Pengaturan/Setting" lalu masuk ke pilihan "Device/Perangkat" atau "Baterai/Battery".
  • Geser tombol sampai menyala untuk mengaktifkan "Low Power Mode".

Melalui “Upper bar”:

  • Geser upper bar ke bawah dan aktifkan "Low Power Mode/Battery Saver".

Pada iPhone, layar abu tua dengan logo PeduliLindungi merupakan tanda bahwa aplikasi Anda berfungsi. Untuk menghemat baterai pada iPhone, aktifkan “Low Power Mode” dengan cara:

  1. Hadapkan iPhone Anda ke bawah atau
  2. Simpan iPhone Anda secara terbalik di dalam saku Anda.

Selain itu, Anda juga dapat mengaktifkan "Low Power Mode" di Setting > Battery, jika iPhone Anda menggunakan iOS 11 ke atas, Anda juga bisa mengaktifkan "Low Power Mode" melalui Control Center.

Cara Daftar Vaksin Booster Covid-19

Untuk mendapatkan status layak sebagai penerima vaksin booster Covid-19, Anda harus memiliki e-tiket. Pada tahap awal, pemerintah memprioritaskan masyarakat lansia dan yang rentan karena memiliki penyakit tertentu.

Masyarakat yang berada dalam kelompok prioritas akan mendapatkan e-tiket yang tersedia di PeduliLindungi. Informasi ini dapat dilihat melalui dua cara, via aplikasi atau website. Berikut caranya:

Via Aplikasi PeduliLindungi:

  1. Buka aplikasi di smartphone.
  2. Log in dengan akun Anda.
  3. Klik menu "Profil", lalu pilih "Status Vaksinasi & Hasil Tes Covid-19"
  4. Bila Anda layar mendapatkan vaksin booster, maka jadwal vaksinasi akan muncul.
  5. Cek tiket vaksin di menu 'Riwayat dan Tiket Vaksin'

Via Website PeduliLindungi:

  1. Buka website PeduliLindungi.
  2. Cari bagian "Status Kesehatan".
  3. Masukkan nama lengkap dan NIK pada kolom yang tersedia.
  4. Klik Periksa.
  5. Status vaksin booster akan muncul.

Bila e-tiket tersebut tidak muncul, maka Anda dapat datang langsung ke fasilitas kesehatan atau tempat pelaksaaan vaksinasi terdekat. Berikut syarat untuk mendaftar vaksin booster Covid-19:

  1. KTP (asli dan fotokopi)
  2. Surat/Sertifikat bukti telah menerima vaksinasi dosis 1 dan 2.

Bagi masyarakat yang berusia 18 tahun ke atas dan tidak masuk dalam daftar prioritas penerima vaksin booster Covid-19, jadwal pemberian vaksin akan diumumkan kemudian.

Namun bagi masyarakat yang berdomisili di wilayah kota atau kabupaten DKI Jakarta, vaksin booster covid-19 untuk usia 18 tahun ke atas sudah bisa dilakukan dengan cara cek e-tiket di PeduliLindungi, atau datang langsung ke faskes terdekat.

Jangan lupa untuk selalu mematuhi protokol kesehatan, ya. Semoga pandemi ini segera berakhir.

Like us!
Restu Aji Siswanto

Content Writer

1491 Posts

Gemar mengikuti perkembangan teknologi gawai, baik yang rilis di Indonesia maupun yang tidak masuk pasar lokal. Ketertarikan pada teknologi dan gawai menjadi motivasi untuk terus memberikan informasi, rekomendasi, dan tips berbelanja seakurat mungkin, melalui artikel dan ulasan produk.