Diperbaharui pada Senin, 6 Februari 2017 | 17:34

Aplikasi Kamera Retro Terbaik Android Februari 2017

Beberapa tahun belakangan ini, pasar smartphone premium maupun smartphone kelas menengah ke bawah mulai menghadirkan sektor kamera yang kian berkualitas. Hal ini memungkinkan pengguna untuk memotret atau merekam setiap momen penting tanpa harus repot menggunakan kamera digital berukuran besar. Pasalnya, beberapa produsen smartphone menghadirkan sensor baru yang membuat gambar lebih jelas, terang dan detail.

Namun, terkadang kamu sebagai seorang fotografer igin mencoba sesuatu yang berbeda. Bila kamu ingin sebuah karya yang berbeda dan menarik, kamu bisa mencoba beberapa aplikasi kamera retro yang ada di Play Store maupun App Store. Kamu bisa menciptakan hasil foto dan video layaknya menggunakan kamera jadul. Penasaran, apa saja aplikasi kamera retro terbaik yang bisa digunakan untuk Android dan iOS, berikut ulasannya.

1. Vintage Retro Camera + VHS

Aplikasi Android gratis ini memiliki berbagai efek menarik yang bisa diterapkan untuk foto maupun video. Pengguna bisa membuat video maupun foto layaknya menggunakan kamera film lama. Terdapat puluhan efek retro dan filter retro yang membuat foto dan video lebih jadul. Sebut saja efek roll film 8mm, polaroid camera, lomo camera dan lain-lain.

Yang menarik, semua filter kamera juga bisa diterapkan untuk video. Padahal terdapat juga 20 live camera filters termasuk filter film negative, retro frame dan efek film retro lainnya. Bahkan beberapa filter dan efek mirip yang digunakan pada film holywood. Ada juga fitur VHS, yang memungkinkan kamera smartphone merekam layaknya camcorder lama. Semua hasil editan pun bisa dibagikan dengan mudah ke media sosial termasuk ke Instagram.

Download Android | Download iOS

2. Glitch!

Aplikasi kamera retro satu ini akan memudahkan kamu mengedit foto menjadi lebih jadul tanpa harus melakukan edit menggunakan photoshop di komputer. Dengan aplikasi gratis ini, kamu bisa mengubah foto dengan lebih mudah menjadi sebuah karya yang mengesankan. Terdapat berbagai efek dan filter yang bisa digunakan untuk membuat foto layaknya foto dari hasil kamera roll film. Kamu juga dapat mengedit foto dengan mudah, mengingat user interface dalam aplikasi ini bersifat sekali sentuh. Setelah selesai mengedit, pengguna bisa membagikan hasil foto retro ke berbagai sosial media dengan mudah.

Download Android | Download iOS

3. Glitchr

Hampir mirip dengan aplikasi Android sebelumnya, aplikasi edit foto ini cocok untuk menjadi pilihan untuk pengguna gadget yang ingin foto retro. Aplikasi ini bahkan menjadi surganya para pengedit foto. Aplikasi ini hadir dengan desain UI mirip Mac OS 5 yang cukup estetik. Aplikasi ini memungkinkan penggunanya untuk mengedit foto dengan cara yang mudah.

Aplikasi ini bahkan bisa membuat foto selfie tampak retro layaknya memotret menggunakan kamera game boy. Aplikasi ini juga menawarkan beragam fitur edit mulai dari VHS effect, 3D Anaglyph effect hingga Glitch Art Effect. Setelah selesai mengedit, pengguna cukup sekali tekan untuk membagikan foto ke media sosial.

Download Android | Download iOS

4. 8bit Photo Lab

Aplikasi kamera retro terbaik ini menghadirkan konten yang cukup lengkap termasuk filter dan efek khas perangkat komputer lama. Pengguna pun bisa merasakan mode grafis layaknya mengedit di komputer lama Commodore 64, SAM Coupe, Thomson 70, Apple II dan efek jadul lainnya. Pengguna bisa mengedit lebih lenglap seperti mengubah resolusi dan variabel lainnya. Bila kamu ingin berselfie layaknya menggunakan kamera film lama, aplikasi ini layak dicoba.

Download Android | Download iOS

5. Retrica

Aplikasi Android gratis ini menjadi salah satu aplikasi edit foto yang cukup populer. Hal ini masuk akal mengingat sejumlah pilihan fitur dan efek mumpuni untuk mengedit foto menjadi lebih baik maupun lebih jadul. Aplikasi ini memiliki beberapa fitur dan filter khusus yang membuat hasil foto tampak seperti hasil foto kamera film. Semua warna dan tekstur foto akan diubah dengan tepat sehingga membawa nuansa retro yang pas.

Download Android | Download iOS

6. Lenka

Kalau kamu hanya ingin memotret foto lebih jadul dengan fokus hitam putih, aplikasi kamera gratis ini bisa kamu coba. Aplikasi edit foto ini sangat sederhana, kamu cukup memotret objek yang nantinya akan diformat menjadi foto hitam putih ala foto retro. Memang tidak ada efek yang mewah, namun pengguna bisa mengatur kecerahan, fokus dan kontras.

Download Android | Download iOS

7. Hypocam

Aplikasi kamera retro ini merupakan salah satu aplikasi penghasil foto hitam dan putih. Kamu akan menemukan user interface dengan menu editing yang lengkap. Sayangnya, fitur awal dalam versi gratis memang terbatas. Pengguna bisa mengatur kecerahan warna lebih terang atau lebih gelap. Tidak hanya itu, ada semacam beranda yang bisa kamu pantau untuk menemukan berbagai insipirasi dalam membuat foto hitam putih yang lebih baik. Sama seperti aplikasi kamera lainnya, hasil foto bisa kamu bagian ke sosial media dengan mudah.

Download Android | Download iOS

Baca juga artikel:
Aplikasi Kamera Terbaik Untuk Android Januari 2017
Aplikasi Edit Foto Terbaik untuk Berbagai Perangkat
Daftar Aplikasi Edit Foto Android Gratis
Like us!
Aris Wibowo

Contributor

3478 Posts