Diperbaharui pada Rabu, 20 Januari 2021 | 12:59

12 Situs dan Aplikasi Kerja Freelance Terbaik, Gaji US Dollar!

Oleh Restu Aji Siswanto

Foto: Pexels

Berbicara tentang pekerja freelance, mungkin belum sepenuhnya populer di kalangan pekerja Indonesia, sebab dengan bekerja secara langsung ke tempat kerja, tetap menjadi patokan status bekerja seseorang.

Namun di era digital yang hampir semuanya serba online ini, bekerja bisa dilakukan di mana saja. Jumlah pekerja freelance semakin bertambah, bahkan profesi ini telah menjadi pekerjaan utama bagi sebagian orang. 

Apalagi dengan adanya pandemi Covid 19 yang berdampak pada ekonomi, opsi untuk mencari tambahan pemasukan menjadi hal yang kemudian dipilih oleh beberapa pekerja di Indonesia, dan memang ada beberapa situs yang memfasilitasi kebutuhan ini.

Berikut ini daftar situs kerja yang bisa diakses dengan mudah melalui smartphone, komputer desktop, atau laptop.

12 Situs Kerja Freelance Terbaik

Foto: Pexels

Menjalankan pekerjaan freelance memang cukup menguntungkan, sebab Anda tidak perlu datang ke kantor untuk menjalankan wawancara atau mengikuti banyak tes dalam recruitment.

Anda hanya perlu mengirimkan portofolio atau hasil kerja yang pernah Anda buat, sehingga penerima kerja bisa menyeleksi lewat portofolio yang dikirimkan. Ini 12 situs kerja freelance rekomendasi kami.

Upwork

Situs Freelance satu ini cukup populer di kalangan pekerja, yaitu Upwork. Situs kerja freelance asal Amerika Serikat ini menggunakan teknologi cloud, dan merupakan salah satu situs kerja yang mempunyai jumlah klien serta freelance paling besar di dunia.

Upwork menyediakan beberapa lowongan pekerjaan atau jasa mulai dari customer service, jasa membuat website, jasa pembuatan aplikasi, pemasaran, akuntansi, serta kepenulisan. Beberapa keunggulan situs ini antara lain:

  • Telah mendapat banyak penghargaan, jadi terpercaya. 
  • Tersedia level pada setiap proyek yang ditawarkan, sehingga bisa mengukur kemampuan pekerja. 
  • Dapat melakukan chatting dengan pemberi kerja secara langsung. 
  • Jika menemui masalah, Upwork bisa turun tangan membantu.

Behance

Situs ini bukan hanya sekedar memamerkan hasil karya secara visual saja, namun menyediakan sejumlah proyek dengan penghasilan yang cukup menjanjikan. Mayoritas proyek yang disediakan adalah desain grafis serta proyek dengan basis di audio visual.

Akses ke situs Behance bukan hanya lewat PC saja, namun bisa juga lewat smartphone dengan mengunduh aplikasinya terlebih dahulu. Anda bisa mengunjungi terlebih situsnya untuk mendaftarkan data diri Anda disana, siapa tahu jika beruntung Anda dapat memperoleh pekerjaan full time atau remote sesuai keinginan. 

Sribulancer

Situs kerja freelance Indonesia ini tergolong populer, Anda juga bisa mendapatkan fee dalam kurs USD andaikan mengambil proyek di situs ini. Pembayaran dilakukan melalui transfer bank, kartu kredit, juga Paypal.

Anda bisa mengikuti banyak proyek mulai dari grafis, penerjemah, hingga penulis konten/artikel.  Sribulancer lengkap dengan panduan kerja, sehingga sangat cocok untuk para pekerja freelance yang baru masuk pertama kali ke Sribulancer.

Formatnya menggunakan bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Situs kerja freelance ini telah menampung puluhan ribu freelancer, sekaligus klien dari beberapa perusahaan ternama.

Project.co.id

Situs kerja freelance Project.co.id menyediakan banyak proyek yang beragam dari berbagai bidang. Mulai dari IT, content writing, bahkan sosial media.

Pencari kerja freelance cukup berkunjung di situs ini dan mendaftar dengan gratis, untuk kemudian dapat mulai mencari proyek yang sesuai dengan bidangnya masing-masing.

Para freelancer bukan hanya mencari proyek kerja saja, mereka bisa juga menjual berbagai produk yang dihasilkan kepada klien. Misalkan, desain untuk kaos, buku elektronik, jasa pembuatan media sosial/situs, hingga template website.

Kreavi

Kreavi adalah situs pencari kerja freelance sekaligus tempat komunitas kreatif untuk jejaring serta memamerkan berbagai karya mereka.

Situs ini memiliki sejumlah proyek pribadi yang dapat menambah penghasilan, bukan hanya proyek yang diberikan oleh perusahaan. Kreavi menyediakan banyak lowongan kerja yang full time, juga magang dan paruh waktu.

Situs kerja ini mengutamakan pekerjaan kreatif. Seluruhnya dari proyek diperuntukkan untuk Anda yang berkerja pada industri kreatif, misalkan, copywriting, desain grafis, serta pekerjaan dengan basis audio dan visual. 

Toptal

Untuk mendaftarkan diri di Toptal, Anda harus punya portofolio yang berkualitas, sebab situs ini menawarkan pencari jasa dengan talenta terbaik dari seluruh dunia, maka seleksi yang dijalankan juga sangat ketat, sebab bayarannya juga cukup tinggi dibandingkan situs kerja freelance pada umumnya.

Anda bisa memilih sendiri proyek dalam jangka panjang atau jangka pendek, sesuai dengan kemampuan. Untuk singkatnya, Toptal adalah situs kerja freelance untuk pekerja-pekerja yang top rated dunia.

Situs ini hanya pencari kerja terbaik saja dengan jumlah bayaran yang cukup besar. 

Fiverr

Fiverr adalah situs kerja freelance internasional yang memiliki cara kerja yang sedikit berbeda dari kebanyakan website kerja freelance lainnya. Pencari kerja freelance bertindak sebagai klien yang menawarkan keahlian mereka, untuk di hire oleh perushaan.

Kemudahan dari situs ini adalah, Anda tidak perlu apply, sebab hanya perlu membuat pengumuman dan menunggu perusahaan yang tertarik. Keamaannya yang diberikan cukup baik, jadi tidak perlu khawatir data akan bocor ke pihak lain. 

PeoplePerHour

Bergabung dengan situs PeoplePerHour ini, Anda tidak diharuskan mengeluarkan uang sepeser pun, tetapi tingkat persaingan antar sesama pekerja freelance sangat tinggi.

Maka dari itu, tersedia sistem rating yang berguna untuk mempromosikan diri dalam bersaing mencari kerja. Patokan harga yang diberikan tidak terlalu tinggi, bisa dikatakan harga wajar. 

Guru

Pekerja freelance pasti sudah tidak asing dengan Guru, aplikasi dan situs yang didirikan sejak tahun 2001 ini adalah salah satu wadah pekerja freelance terbaik di dunia.

Pencari kerja dan pencari jasa diharuskan untuk membuat profil mereka masing-masing. Sistemnya juga cukup mudah, jika klien merasa cocok dengan profil Anda, maka pekerjaan bisa dimulai.

Memakai fitur pencari kerja membuat Anda dapat mencari pekerjaan sesuai dengan kategori, lokasi, juga jenis pembayaran yang bisa disesuaikan. 

Flexjobs

Situs kerja freelance Flexjobs ini, selain menyediakan platform pekerjaan freelance, namun juga mendorong seluruh masyarakat mencoba jalur karier ini, sebab pekerjaan bisa didapatkan dari seluruh dunia.

Dengan 14.95 USD setiap bulannya Anda bisa mengakses penuh menuju jaringan perusahaan luas, dengan tes keterampilan, hingga deskripsi rinci perusahaan.

GetCraft

GetCraft lebih ke produksi serta publikasi konten digital untuk memenuhi kebutuhan dalam industri digital marketing. Jadi situs ini fokus pada konten kreatif, mulai dari managemen influencer, penulis, fotografer, desain grafis, hingga produser video.

Situs ini juga memberlakukan seleksi yang ketat supaya bisa memenuhi kebutuhan jasa yang terbaik. 

Fastwork

Anda hanya perlu mendaftar dengan membuat akun untuk mencari pekerjaan freelance yang sesuai dengan kemampuan yang Anda punya di situs Fastwork. Baik pembeli maupun pencari kerja dikenakan biaya.

Pekerja freelance mendapatkan pengurangan fee sebanyak 17% setiap kali mendapatkan pembayaran atas pekerjaan yang telah selesai. Fastwork bekerja sama dengan perusahaan kecil menegah dan bisnis startup yang menjadi calon klien Anda. 

Itu dia 12 situs pencari kerja freelance yang menjadi rekomendasi kami. Semoga berbagai situs kerja freelance di atas bisa membantu menemukan pekerjaan yang cocok untuk Anda, ya.

Like us!

Komentar