Diperbaharui pada Jumat, 15 September 2023 | 10:59

Cara Cek Saldo e Money dengan Aplikasi, Bisa Langsung Top Up

cek saldo emoney
Bingung mau cek saldo e money atau kartu eToll? Nah, Pricebook akan jelaskan bagaimana cara cek saldo e money menggunakan beberapa aplikasi untuk cek saldo e money.

Selain praktis, cek saldo emoney dengan aplikasi ini juga bisa digunakan untuk mengisi ulang saldo e money lho. Bahkan beberapa aplikasi bisa juga digunakan untuk cek dimana kartu digunakan, dan berapa saldo yang terpakai.

Cukup download aplikasi cek saldo dan gunakan hp untuk melakukannya. Syaratnya, kamu harus memiliki hp yang punya fitur NFC atau Near-Field Communication.

Jika sudah, simak ulasan cara cek saldo e money dan aplikasi yang bisa digunakan.

Cara Cek Saldo e money

Cara untuk mengecek saldo e money ini cukup gampang. Namun pastikan hp kamu sudah ada fitur NFC dan menginstal salah satu aplikasi cek saldo e money.

Buat yang belum tau, berikut cara cek saldo e money :

  • Pastikan fitur NFC di hp sudah aktif
  • Tempelkan kartu e money atau eToll ke bagian belakang hp
  • Akan muncul di layar akan muncul aplikasi cek saldo
  • Pilih salah satu dan jumlah saldo akan muncul di layar hp

Kamu bisa pilih salah satu aplikasi cek saldo e money di bawah ini.

Aplikasi Cek Saldo e Money

Berikut ini adalah daftar aplikasi yang bisa digunakan untuk cek saldo e money :

1. Tokopedia, Bukalapak, Shopee

Tokopedia, Bukalapak, Shopee

Jika sebelumnya sudah menginstal aplikasi e commerce seperti Tokopedia, Bukalapak, Shopee dan lainnya, Anda bisa manfaatkan. Karena aplikasi-aplikasi tersebut bisa digunakan untuk mengecek saldo e money.

Tidak hanya itu, disini Anda juga bisa dapat langsung mengisi saldo e money dengan nominal yang bervariasi. Dan berlaku untuk semua jenis kartu e money.

2. Electronic Money Card Balance

electronic money card balance

Untuk Anda yang memiliki  banyak kartu elektronik maka, bisa menggunakannya aplikasi Electronic Money Card Balance untuk mengecek saldo dengan mudah. Dengan satu aplikasi ini Anda tidak perlu menggunakan banyak aplikasi.

Ini akan menghemat space memori di hp. Cara menggunakannya sangat mudah yaitu hanya dengan mendekatkan kartu ke punggung ponsel dan Anda akan langsung melihat sisa saldo di layer hp.

Perlu diperhatikan, aplikasi ini hanya bisa digunakan untuk melihat saldo pada kartu, artinya tidak bisa digunakan untuk mengisi ulang. 

Aplikasi Electronic Money Card Balance mendukung kartu BCA Flazz, kartu Mandiri e-money, kartu BRI BRIZZI, kartu BNI TapCash, kartu Mega Cash, dan kartu Multi Trip commuter line.

3. eSaldo Info

esaldo info

Aplikasi eSaldo Info adalah aplikasi lainnya yang bisa digunakan untuk mengakses berbagai macam kartu uang elektronik untuk mengetahui berapa jumlah saldo di dalamnya.

Selain cek saldo, aplikasi ini juga bisa menampilkan informasi tanggal penggunaan kartu dan jumlah uang yang terpakai.

Untuk bisa menggunakan fitur pada aplikasi ini, kita hanya perlu meletakkan kartu uang elektronik di bagian belakang hp ketika aplikasi dibuka. Jumlah saldo dan jenis kartu yang di scan akan lengsung terlihat pada layer hp.

Aplikasi eSaldo Info bisa digunakan untuk mengecek kartu Mandiri e-money dan e-toll, kartu Indomaret, kartu BNI TapCash, kartu BCA Flazz, kartu BRI BRIZZI, kartu Jak Lingko, kartu Mega Cash, dan kartu Multi Trip commuter line.

4. Mandiri e-money Info

Mandiri e-money info

Aplikasi dari Bank Mandiri ini memberikan layanan yang mudah untuk mengecek saldo pada kartu Mandiri e-Money. Layanan ini memudahkan pelanggan dari bank Mandiri untuk bisa mengecek kartunya dengan aman, nyaman, dan cepat.

Mandiri e-Money Info juga memiliki tampilan grafis yang sederhana sehingga mudah dipahami, khususnya bagi orang tua. Fitur utama untuk melihat jumlah saldo pada kartu Mandiri e-money.

Tapu aplikasi ini juga bisa membantu mencari letak ATM Mandiri untuk melakukan top up. Aplikasi ini khusus untuk pengguna e money Mandiri.

5. BNI TapCash Go

BNI TapCash

Aplikasi satu ini bisa digunakan pada kartu BNI TapCAsh Anda untuk mengetahui berapa jumlah saldo yang tersisa. Selain itu ada juga fitur lainnya yang cukup menarik.

Ada update balance, top up dengan kartu debit dengan 3DS, riwayat transaksi, serta pencari lokasi ATM, Alfamart, dan Familymart terdekat. Penggunaannya juga tidak terlalu ribet, aplikasi ini memiliki grafis yang sederhana.

Anda hanya perlu menempelkan kartu BNI TapCash di punggung HP dan fitur NFC akan langsung mendeteksi dan membaca data pada kartu tersebut. Aplikasi ini khusus untuk kartu e money BNI.

6. BCA Mobile

BCA Mobile

BCA juga tak mau kalah dengan beberapa bank lain yang sudah memiliki fitur untuk cek saldo kartu uang elektronik. Aplikasi BCA mobile pada dasarnya adalah aplikasi mobile banking.

Namun salah satu fiturnya adalah untuk membaca data pada kartu BCA Flazz. Aplikasi ini all in one untuk memudahkan nasabah BCA dengan banyak fitur.

Selain bisa mengecek saldo tabungan, kita juga bisa melakukan tarik tunai tanpa kartu, setor tunai, blokir kartu dan lainnya. Pengguna kartu BCA Flazz bisa menggunakan fitur cek saldo tanpa perlu menjadi nasabah bank BCA.

Aplikasi ini khusus untuk kartu e money BCA.

7. BRI Mobile

Khusus untuk pengguna kartu BRI BRIZZI, Anda bisa menggunakan aplikasi BRI Mobile yang penggunaannya cukup mudah digunakan dengan menu yang tidak kompleks dan tampilan sederhana yang enak dilihat.

BRI Mobile merupakan aplikasi mobile banking yang bisa digunakan untuk cek saldo pada kartu BRI BRIZZI sebagai salah satu fiturnya. Aplikasi ini khusus untuk kartu e money BRI.

Aplikasi ini memudahkan para pelanggan dalam melakukan berbagai transaksi perbankan seperti melakukan setor tunai tanpa kartu, membuka tanggungan baru tanpa buku, mutasi rekening sampai 12 bulan dan lainnya.

Itulah cara cek saldo e money dengkap dengan beberapa aplikasi untuk mengecek saldo e money langsung dari hp. Mudah bukan?

Like us!
Nur Abdillah

Content Writer

2458 Posts

Punya pengalaman di beberapa media yang mengulas gadget, seperti Tabloid SMS, Tabloid Roaming, Majalah Digicom hingga Majalah Techlife. Selalu berusaha berbagi informasi yang akurat dan terupdate seputar teknologi dan gadget.