Diperbaharui pada Jumat, 20 Maret 2020 | 18:23

Harga Paket Unlimited Ini Cocok Buat WFH dan Belajar di Rumah

harga paket unlimited termurah

Kebijakan WFH (work from home) untuk karyawan perusahaan dan juga belajar di rumah untuk para siswa dan mahasiswa memberikan keleluasaan dan fleksibilitas yang tinggi untuk mereka. Namun, dibalik itu semua terdapat satu kebutuhan premier yang sangat diperlukan.

Adalah kuota atau paket data, mendadak begitu penting karena keberadaannya menunjang proses koordinasi dalam bekerja dan belajar mengajar. Tak hanya untuk chatting, tapi juga untuk video conversation dan juga e-learning.

Bagi para pengguna layanan internet rumah, agaknya kendala ini tidak terlalu terpikirkan kecuali FUPnya sudah semakin menipis.

Apa itu FUP?

harga paket unlimited termurah

FUP sendiri merupakan Fair Usage Policy atau bisa dikatakan batas pemakaian kuota (kecepatan yang akan dibatasi). Semakin kecil FUP, bukan berarti internet tak lagi bisa digunakan. Namun akan semakin terlambat, bandwith yang didapat pun tak lagi sebesar ketika awal pembelian, atau setelah pembayaran terbaru.

Beberapa layanan internet rumahan tentunya menyediakan kapasitas FUP yang bervariasi tergantung kapasitas bandwith yang dipesan. Semisal paket internet 5MB/s, paket internet 10MB/s, bahkan ada yang 100MB/s dan seterusnya.

Harganya pun bervariasi, tak semua provider atau vendor memiliki harga serupa. Mulai dari Indihome, BIZNET, Fisrtmedia, Oxygen, Republik, dan lainnya memiliki model paket layanan beragam dan juga bundling yang beragam.

Beda halnya bagi Anda yang menggunakan hostpot atau WiFi hp. Anda hanya cukup memikirkan paket kuota data atau paket kartu perdana murah.

Untuk dapet paket perdana murah dengan kuota besar, Anda bisa liat pada video cek paket internet! Ada Kartu Perdana + Kuota 10GB Termurah #PaDatKota1 dari Youtuber Pricebook Official.

Meski demikian, rata-rata pengguna smartphone kali ini akan lebih tertarik untuk memilih paket kuota data unlimited ketimbang paket bundling dengan batas kuota tertentu. Beberapa provider juga ternyata tahu akan kebutuhan tersebut. Saat ini sudah banyak pilihan paket unlimited data dari Telkomsel, Smartfren, XL, maupun 3.

Nah, soal mana yang lebih murah dan pas untuk menjalani kehidupan kerja di rumah dan belajar di rumah. Pricebook coba ulas sedikit sebagai pedoman kalian.

Jenis-jenis Paket Unlimited

jenis paket unlimited

Ok, sebelum masuk ke daftar harga paket kuota data unlimited termurah kalian harus tahu dulu jenis jenis paket Unlimited dari berbagai provider.

1. Paket Unlimited SosMed

Jenis Paket Unlimiterd SosMed ini sesuai dengan harganya dan hanya diperuntukan untuk semua jenis sosial media. Anda bisa menggunakannya untuk mengoperasikan Facebook, Twitter, Instagram dan lainnya.

2. Paket Unlimited Multimedia

Untuk paket unlimited Multimedia ini cuman bisa kamu gunakan layanannya untuk nonton Youtube, dengerin musik di Joox, Spotify dan aplikasi multimedia lain.

3. Paket Unlimited Chatting

harga paket unlimited chatting

Sudah tahukan, dari namanya paket unlimited chatting ini sudah pasti hanya bisa digunakan untuk keperluan chatting melalui aplikasi Whatsapp, Line, WeChat atau aplikasi chatting lain.

4. Paket Unlimited Telpon

Nah, yang satu ini agak sedikit berbeda. Meskipun tak berhubungan dengan paket data, tapi paket unlimited telpon ini juga dijual oleh semua provider di Indonesia. Unlimited Telpon ini sendiri juga terbagi dua, sesama operator dan antar operator.

5. Paket Unlimited Kuota Data

Paket Unlimited Kuota Data biasanya lebih banyak dicari. Karena sudah mencakup tiga jenis paket unlimited kuota di atas. Selain itu, paket ini juga bisa Anda gunakan untuk browsing sepuasnya.

Namun, seperti yang sudah dijabarkan di awal, paket unlimited data dari kebanyakan provider tidak murni dan pure unlimited dewasa ini. Beberapa menyatakan unlimited namun dengan kriteria FUP ataupun pembatasan paket kuota siang (07.00-00.00) dan paket kuota malam (00.00-07.00).

Harga Paket Unlimited Termurah

Nah, untuk itu Pricebook coba menjabarkan rekomendasi harga paket unlimited terbaik buat kalian yang lagi berada dalam kondisi WFH dan juga belajar di rumah karena isu virus corona.

1. Smartfren

harga paket unlimited termurah smartfren

Paket Unlimited perdana dengan harga Rp75.000. Paket unlimited 1 bulan bisa Anda dapatkan dari smartfren dengan harga paket unlimited smartfren murah tersebut.

Tapi ada batas FUP 1GB perhari, setelah batas habis speed akan menurun menjadi 128kb/s. Di dalamnya terdapat tambahan unlimited call bonus selama 28 hari untuk sesama smartfreen.

2. Indosat

harga paket unlimited termurah indosat IM3

Harga paket unlimited Indosat di angka Rp78.000. Selain unlimited, Indosat juga menyediakan kuota utama 7GB pada paketnya.

Untuk unlimited sendiri hanya bisa digunakan untuk chatting, online shop, spotify dan Facebook. FUP untuk unlimited kuotanya sebesar 20GB selama satu bulan, FUP habis seperti biasa speed akan turun ke 128kb/s

3. 3 (Three)

harga paket unlimited termurah 3

Paket Unlimited 3 seharga Rp55.000 dengan masa aktif kuota selamanya. Paket unlimited ini ditambah dengan 6GB kuota data tambahan. Sayangnya unlimited hanya bisa digunakan untuk pukul 1 pagi hingga 5 sore. Masih menggunakan FUP per hari 2GB, dan akan downspeed ke 256/s.

4. XL

harga paket unlimited termurah xl

Paket Unlimited XL serupa dengan Indosat dan 3, yakni mencakup paket unlimted + Kuota Data tambahan 16GB. Uniknya, XL tidak menggunakan FUP ataupun batas pembatasan speed. Namun, Unlimited hanya bisa digunakan untuk beberapa sosial media, chatting, dan juga Youtube.

Nah, itu sekilas bahasan tentang paket unlimited termurah atau paket kuota data unlimited terbaik untuk Anda. Nah, untuk lebih jelasnya lagi tentang harga unlimited kuota dari masing-masing provider yang Pricebook sebutkan diatas, kalian bisa lihat video dari Paket Unlimited XL 24 Jam tanpa FUP & DOWNSPEED! #PaDatKota2 di bawah ini.

Untuk melihat video lain, kalian bisa kunjungi Official Youtube Pricebook dari hp dan laptop kalian untuk info review, market issue dan juga Marzoom.

Like us!
Imam Ali

Content Writer

1173 Posts

Berbekal photography dan multimedia desain membuka jalan ke perusahaan konsultan cekindo.com. Awali karir jurnalistik di Majalah Chip Foto Video. Ketertarikan pada teknologi dan gadget berkembang ke Majalah Chip dan Chip.co.id, mulai dari review gadget dan peripheral PC, berlanjut ke Tabloid Sinyal dan SinyalMagz. Hobi otomotif memberi kesempatan bekerja di Agency mengawal konten otomotif. Di Pricebook, membuat beragam artikel terkait news, ulasan dan review serta info pasar yang berbasis SEO.