Diperbaharui pada Senin, 2 Januari 2023 | 10:39

5 Aplikasi Android Terbaik untuk Melihat Posisi Hilal

aplikasi android melihat hilal

Hilal dan Ramadhan biasanya sangat berhubungan, terlebih ketika harus memutuskan perkara hari pertama puasa. Namun, sebelum pelaksanaannya, Kementerian Agama beserta jajarannya selalu melaksanakan pengamatan Hilal untuk melihat posisi bulan.

Lalu, apakah Hilal itu? Menurut Wikipedia, Hilal adalah bulan sabit muda pertama yang dapat dilihat setelah terjadinya konjungsi (ijtimak, bulan baru) pada arah dekat matahari terbenam yang menjadi acuan permulaan bulan dalam kalender Islam.

Setelah pengamatan Hilal, Kementerian Agama dan jajarannya akan melaksanakan sidang Isbat untuk menentukan hari pertama bulan Ramadhan.

Aplikasi Android untuk Melihat Hilal

Setiap akhir bulan selalu dilakukan proses pemantauan untuk mencari tahu, apakah Hilal sudah terlihat atau belum. Termasuk untuk menentukan masuknya hari pertama bulan Ramadhan. Untuk melihat Hilal, biasanya alat yang diperlukan adalah perangkat teleskop.

Tapi apakah hanya itu saja caranya? Tentu saja tidak. Ingat, zaman sudah semakin maju. Sekarang kita bisa ikut mengamati Hilal hanya dengan menggunakan aplikasi Android. Berikut ini adalah aplikasi Android pemantau bulan yang bisa dimanfaatkan untuk melihat hilal:

1. Star Chart

starchart
via androidized.com

Aplikasi Android untuk melihat Hilal yang pertama adalah Star Chart. Hal keren dari Star Chart adalah aplikasi ini akan mengubah smartphone kamu layaknya sebuah planetarium mini. Di mana Star Chart akan memperlihatkan kepada kamu posisi bintang dan bulan secara real-time dengan teknologi 3D yang sangat keren.

Untuk menggunakan Star Chart, kamu cukup menyalakan GPS di hp dan kamu bisa mulai memantau posisi hilal dari HP mu.

2. Sky Map

skymap

Sebenarnya, Sky Map awalnya merupakan aplikasi buatan Google. Sama seperti Star Chart, Sky Map juga akan membuat hp kamu layaknya planetarium mini. Bahkan, aplikasi ini akan lebih menarik jika kamu menggunakan dengan perangkat VR (Virtual Reality) untuk menggunakannya.

Dengan menggunakan VR, kamu bisa memandang posisi bintang seluas 360 derajat.

3. Moon 3D

moon 3d

Berbeda dengan dua aplikasi sebelumnya, Moon 3D berfungsi menampilkan siklus rotasi bulan kepada kita secara real-time melalui smartphone Android kamu. Dengan begitu, kamu sudah bisa memprediksi posisi hilal lebih dulu, sebelum sidang isbat.

Tapi ingat, apa yang ditampilkan Moon 3D belum tentu sama dengan hasil dari sidang isbat ya. Jadi, walaupun sudah bisa kita prediksi 1 Ramadhan lewat Moon 3D, penentuan 1 Ramadhan yang sebenarnya (dari pemerintah) tetap mesti menunggu sidang isbat.

4. SkySafari 5

skysafari 5

Satu lagi aplikasi untuk mengamati Hilal keren yang bisa kamu manfaatkan. SkySafari 5 memiliki grafis yang sangat keren. Di aplikasi ini, selain bisa melihat bulan, kita juga bisa mematau posisi planet-planet di rasi bintang kita yang ada di luar angkasa.

Untuk bisa melihat posisi bulan yang lebih tepat, SkySafari 5 memanfaatkan fitur GPS smartphone kamu untuk menentukan posisi presisi dari bulan secara real time. Aplikasi ini juga tersedia dalam versi pro, meski harus berbayar.

5. Stellarium

stellarium

Terakhir, aplikasi untuk mengamati Hilal rekomendasi kami adalah Stellarium. Cara kerjanya mirip dengan aplikasi yang sudah kamu sebutkan di atas. Di mana Stellarium akan memanfaatkan GPS kamu untuk menentukan posisi bulan secara lebih presisi.

Dengan begitu, aplikasi ini mengidentifikasi posisi bulan dan bintang hanya dalam beberapa detik, dengan hanya mengarahkan ponsel ke arah langit! Mudah bukan?

Selamat Berpuasa Bro n Sis!

Itu aplikasi-aplikasi yang bisa kamu manfaatkan untuk mengamati hilal. Aplikasi-aplikasi yang disebutkan di atas bisa didapatkan secara gratis di Google Play Store. Jika sudah bisa memprediksi hari pertama Ramadhan, maka kamu tinggal mempersiapkan diri untuk menyambutnya. Jadi, selamat berpuasa Bro n Sis!

Like us!
Imam Ali

Content Writer

1663 Posts

Berbekal photography dan multimedia desain membuka jalan ke perusahaan konsultan cekindo.com. Awali karir jurnalistik di Majalah Chip Foto Video. Ketertarikan pada teknologi dan gadget berkembang ke Majalah Chip dan Chip.co.id, mulai dari review gadget dan peripheral PC, berlanjut ke Tabloid Sinyal dan SinyalMagz. Hobi otomotif memberi kesempatan bekerja di Agency mengawal konten otomotif. Di Pricebook, membuat beragam artikel terkait news, ulasan dan review serta info pasar yang berbasis SEO.