Diperbaharui pada Jumat, 22 April 2022 | 10:02

5 Situs dan Aplikasi Bayar Zakat Online Aman dan Resmi

5 Situs dan Aplikasi Bayar Zakat Online Aman dan Resmi-0Foto: iStock

Sebagai bentuk penyempurnaan ibadah puasa di bulan Ramadhan, umat Muslim diwajibkan untuk membayar zakat fitrah untuk diberikan kepada mereka yang berhak.

Tahun ini, pandemi Covid-19 masih menjadi latar belakang kekhawatiran banyak orang untuk membayarkan zakat fitrah karena masih belum memiliki keberanian untuk kontak langsung dengan orang lain, walaupun vaksinasi booster sudah dilaksanakan.

Alasan lainnya adalah karena lokasi dan kesibukan yang padat, sehingga beberapa orang tidak memiliki waktu untuk membayar zakat secara langsung. 

Untuk mengakomodasi hal-hal tersebut, maka badan pengumpul zakat memberikan kemudahan dengan menghadirkan layanan zakat online yang bisa dilakukan melalui perangkat smartphone atau laptop.

Situs dan Aplikasi Bayar Zakat Online Terpercaya

Membayar zakat secara online memberikan kemudahan karena prosesnya yang cepat, dan metode pembayaran yang mudah, dengan banyak opsi yang bisa dipilih seperti transfer bank, hingga e-wallet seperti GoPay, OVO, ShopeePay, dan sebagainya.

Namun perlu diperhatikan, bahwa masih ada pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab dalam menyalurkan zakat kita, sehingga perlu benar-benar dipastikan badan pengumpul zakat yang kita pilih adalah yang terpercaya dan aman.

Berikut beberapa rekomendasi situs dan aplikasi zakat online yang resmi.

1. Dompet Dhuafa

5 Situs dan Aplikasi Bayar Zakat Online Aman dan Resmi-1

Dompet Dhuafa merupakan salah satu organisasi yang awalnya bertugas sebagai pengumpulan zakat, infak dan sedekah yang dilakukan karyawan media Republika.

Namun, dengan banyaknya peminat yang ingin membayar zakat, akhirnya organisasi ini dikembangkan lebih lanjut dan menjadi organisasi yang aktif melakukan aksi sosial.

Cara pembayaran zakat melalui Dompet Dhuafa dapat dilakukan dengan berbagai opsi, mulai dari kartu kredit, transfer antar bank, dompet elektronik, mobile banking hingga melalui pulsa.

2. Rumah Zakat

5 Situs dan Aplikasi Bayar Zakat Online Aman dan Resmi-2

Rumah Zakat menawarkan donasi secara jemput bola dengan mendatangi banyak lokasi keramaian seperti pusat perbelanjaan. Organisasi ini tidak hanya fokus pada zakat tetapi juga mengelola infak dan sedekah.

Selain itu, organisasi ini juga menerima pembayaran zakat secara online, untuk mempermudah para pembayar zakat, sekaligus menyalurkannya kepada yang berhak.

Untuk membayar zakat, Anda dapat melakukan perhitungan untuk jumlah yang wajib dibayarkan melalui kalkulator zakat di situs Rumah Zakat. Nantinya, Anda harus mengkonfirmasi besarnya nilai yang diberikan dengan mengisi sejumlah form di situs tersebut.

3. Badan Amil Zakat Nasional – BAZNAS

5 Situs dan Aplikasi Bayar Zakat Online Aman dan Resmi-3

Organisasi ini merupakan organisasi resmi dari pemerintahan Indonesia. BAZNAS berwenang untuk melakukan pengelolaan zakat secara nasional. 

Organisasi BAZNAS menggunakan media offline dan online untuk melakukan tugas pengumpulan zakat, infak dan sedekah. Lalu menyalurkannya kepada masuarakat yang berhak menerima zakat fitrah.

Dukungan layanan online yang dihadirkan BAZNAS juga cukup beragam. Anda bisa membayar zakat menggunakan payroll system, mobile banking, dompet elektronik, hingga transfer bank via ATM.

4. Kitabisa

5 Situs dan Aplikasi Bayar Zakat Online Aman dan Resmi-4

Situs kitabisa ini bekerja sama dengan tiga organisasi penyalur donasi seperti BAZNAZ, Rumah Zakat dan Dompet Dhuafa untuk mempermudah pembayaran zakat secara online.

Menariknya, untuk melakukan pembayaran zakat online, situs ini menghadirkan sistem kode unik. Nantinya setelah melakukan transfer, sistem akan langsung mengkonfirmasi transaksi yang dilakukan sehingga diklaim lebih aman.

5. Zakat Kita

5 Situs dan Aplikasi Bayar Zakat Online Aman dan Resmi-5

Aplikasi Android ini menawarkan pelayanan untuk menyalurkan zakat, infaq, sedekah, dan donasi lainnya, melalui platform yang sederhana dan mudah untuk dinavigasikan.

Zakat Kita merupakan aplikasi yang dibuat oleh Lembaga Amil Zakat Nasional Nurul Hayat, yang merupakan lembaga amil zakat resmi, yang berada dibawah naungan BAZNAS.

Jangan Lupa Membayar Zakat Tepat Waktu

Semoga daftar situs dan aplikasi bayar zakat online yang kami rekomendasikan ini dapat bermanfaat untuk Anda yang berhalangan untuk membayar zakat secara tatap muka.

Jangan lupa untuk membayar zakat wajib Anda tepat waktu sebagai bagian dari penyempurna ibadah puasa Ramadhan. Semoga segala amal ibadah kita diterima, amin.

Like us!
Restu Aji Siswanto

Content Writer

1037 Posts

Gemar mengikuti perkembangan teknologi gawai, baik yang rilis di Indonesia maupun yang tidak masuk pasar lokal. Ketertarikan pada teknologi dan gawai menjadi motivasi untuk terus memberikan informasi, rekomendasi, dan tips berbelanja seakurat mungkin, melalui artikel dan ulasan produk.