Harddisk Cepat Panas? Kenapa dan Seperti Apa Solusinya?

Oleh Yudhi Tri Perwira updated Jumat, 15 Sep 2017 | 15:43


Image via VersionDaily

Jika Anda merupakan pengguna perangkat personal komputer (PC) maka Anda akan akrab dengan salah satu peranti yang bernama harddisk.

Harddisk sendiri menurut pengertian wikipedia adalah perangkat keras yang dapat menyimpan data sekunder dalam piringan magnetis. Dengan kata lain, harddisk merupakan pusat penyimpanan data yang ada didalam PC atau laptop Anda. Oleh karena itu peran harddisk cukup penting dan sangat krusial untuk menyimpan berbagai data dan dokumen.

Pada umumnya harddisk merupakan piringan cakram yang berukuran kecil. Pada awal kemunculannya harddisk hanya mampu menampung 4,4 MB namun di jaman sekarang karena semakin beragamnya kebutuhan pengguna komputer dan laptop maka harddisk dengan kapasitas yang sangat besar sampai kisaran Tera Byte dapat kita temui dengan mudah.

Namun dengan semakin canggihnya teknologi yang digunakan pada harddisk, bukan berarti tak ada masalah yang datang menghampiri. Mulai dari penyebab harddisk yang cepat panas hingga bagaimana mengatasi masalah tersebut. Berikut ulasannya

Penyebab Harddisk Cepat Panas

Namun seiring perkembangan jaman, semakin besarnya jumlah data serta dokumen kadang membuat harddisk yang biasa kita gunakan mengalami sedikit masalah. Yang paling umum adalah harddisk menjadi cepat panas (overheating). Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan ini terjadi, diantaranya adalah:

1. Penggunaan Laptop atau PC yang Terlalu Lama

Ini merupakan faktor utama kenapa harddisk menjadi cepat panas. Penggunaan yang terlalu berlebihan akan membuat harddisk panas (overheating)

2. Kipas Tidak Berfungsi/Rusak

Kita kadang sering lupa untuk mengecek apakah kipas untuk mendinginkan harddisk dapat berfungsi atau tidak. Jika ternyata tidak berfungsi maka bisa jadi, hal tersebut merupakan penyebab harddisk Anda menjadi cepat panas.

3. Memori Harddisk yang Terlalu Penuh

Jika Anda memiliki kapasitas harddisk yang terlalu besar, sebaiknya Anda terus memantau penyimpanan data dalam laptop atau PC Anda. Karena jika tak ada spacememori yang cukup pada harddisk akan membuatnya cakram bekerja ekstra sehingga menjadi lebih cepat panas.

Berapakah Suhu Harddisk yang Normal?

Banyak yang mengira bahwa masalah utama yang terjadi karena terlalu banyaknya memori yang disimpan didalam harddisk. Namun jarang sekali yang memperhatikan tentang suhu ideal dalam sebuah harddisk. Diatas kita sudah membahas kenapa overheating dapat terjadi kepada harddisk Anda namun kita awam mengetahui tentang bagaimanakah suhu yang cukup ideal bagi sebuah harddisk

Idealnya suhu sebuah harddisk yaitu berkisar antara 30-40 derajat celcius. Jika diatas angka tersebut, kemungkinan laptop atau PC Anda mengalami overheating. Hal ini dapat terjadi oleh beberapa faktor diantaranya penggunaan yang terlalu lama serta memori yang terlalu penuh. Semakin sering cakram pada harddisk bekerja maka akan semakin mempercepat harddisk Anda mengalami overheating.

crystalmarks.info

Untuk dapat mengetahui suhu pada harddisk Anda dapat melalui software seperti Crystal Disk Info. Setelah menjalankannya Anda akan mendapatkan hasil dari temperatur harddisk Anda. Jika bertuliskan CAUTION maka kemungkinan besar laptop Anda mengalami overheating.

Cara Mengatasi Harddisk yang Overheating

Memang cukup menakutkan jika mendengar harddisk yang mengalami cepat panas (overheating). Mengingat harddisk adalah komponen utama dalam penyimpanan data dalam PC atau laptop Anda. Namun jangan dulu resah dan gelisah, ada beberapa tips dan trik yang bisa Anda lakukan dalam mencegah serta menanggulangi PC dan laptop yang mengalami overheating :

1. Membersihkan Kipas Pada PC Anda Secara Reguler

Hal ini kerap luput dari perhatian pemakai PC sehingga tanpa disadari menjadi salah sati faktor yang membuat harddisk cepat panas (overheating). Karena jika kipas tertutup oleh debu dan kotoran akan membuat kinerja kipas menjadi tak maksimal. Padahal jika kipas dapat bekerja maksimal akan dapat mencegah harddisk menjadi overheating

2. Membersihkan harddisk Lalu Memasang Kembali

Ini dapat dilakukan jika harddisk Anda mengalami overheating. Sambil memberikan jeda kepada harddisk Anda, maka Anda dapat mencopot harddisk lalu memasangnya kembali. Atau Anda dapat mengganti komponen pada harddisk jika memang dirasa sudah usang. Hal ini dipercaya dapat membuat harddisk Anda bekerja lebih baik

3. Menggunakan Kipas Cooling Pad yang Sesuai

Jika memori harddisk Anda terbilang besar dan cukup sering digunakan untuk melakukan pekerjaan berat seperti game dan grafis maka Anda harus menyesuaikan kipas untuk tetap menjaga harddisk Anda tetap dingin dan dapat bekerja maksimal. Hal ini disebabkan semakin besar memori didalam harddisk, maka akan semakin banyak rotasi cakram yang terjadi. Tentu Anda membutuhkan daya kipas yang cukup besar pula.

4. Memperhatikan Penggunaan Memori Harddisk

Memori yang terlalu penuh dapat menyebabkan harddisk bekerja terlalu keras dan menjadi overheating. Sebaiknya Anda memperhatian penggunaan memori pada harddisk Anda untuk mencegah hal tersebut terjadi

Baca juga artikel:

Pahami 6 Hal Ini Agar Mudah Milih Hard Disk Untuk Gaming

Galau Pilih Hard Disk, Berikut Tipe Hard Disk Sesuai Pemakaian

Peningkatan Kapasitas dan Ukuran Hard Disk Dari Waktu ke Waktu

Artikel Lainnya

Komentar