Diperbaharui pada Jumat, 14 April 2023 | 15:29

5 Kesulitan Mudik Lebaran yang Bisa Selesai dengan Bantuan Internet Online

mudik lebaran 2023Foto: Pexels

Masalah-masalah yang sering terjadi saat mudik menjadi perhatian utama bagi para pelancong yang akan melakukan perjalanan ke kampung halaman atau tempat tujuan lainnya pada musim libur panjang. 

Beberapa masalah seperti kemacetan lalu lintas, keterlambatan transportasi, kehabisan tiket, kepadatan penginapan, keamanan perjalanan, serta kesiapan fisik dan mental dapat menjadi kendala bagi para pelancong dalam merencanakan dan melaksanakan perjalanan mudik yang aman dan nyaman.

Berikut adalah solusi yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah-masalah yang sering terjadi ketika ingin mudik.

1. Pemesanan Tiket Transportasi yang Sulit

Solusi: Akses internet cepat dan stabil memungkinkan pemesanan tiket dengan lebih efisien, baik melalui website atau aplikasi penyedia layanan pemesanan tiket, sehingga mengatasi masalah antrian panjang di loket, atau membeli dari agen travel.

Beberapa rekomendasi aplikasi untuk pemesanan tiket di antaranya seperti tiket.com, Traveloka, Airy, dan PegiPegi, yang dilengkapi dengan berbagai fitur, termasuk pencarian harga tiket termurah.

2. Kurangnya Informasi Rute Perjalanan

Solusi: Pemudik dapat mencari informasi rute perjalanan melalui internet. Ada banyak situs web dan aplikasi yang memberikan informasi tentang rute perjalanan dan layanan transportasi yang tersedia.

Simpanlah informasi ini dengan menggunakan fitur bookmark sebelum berangkat mudik Lebaran, sehingga memudahkan untuk mengaksesnya saat menemukan kendala dalam perjalanan.

Untuk mendapatkan rute perjalanan, aplikasi yang umumnya dipakai adalah Google Maps dan Waze yang bisa dimanfaatkan bila mudik dilakukan dengan kendaraan pribadi. 

Bila menggunakan transportasi umum, maka aplikasi seperti Moovit hingga KRL Access akan sangat membantu dalam membuat rencana perjalanan mudik Lebaran.

mudik lebaran 2023Foto: Pexels

3. Kepadatan Lalu Lintas dan Kemacetan di Jalan

Solusi: Pemudik dapat menggunakan aplikasi peta atau GPS untuk mengetahui kondisi lalu lintas saat ini dan mencari rute alternatif yang lebih lancar.

Seperti halnya dalam mencari rute, aplikasi Google Maps dan Waze juga bisa digunakan untuk membuat rencana perjalanan, dengan membuat daftar titik rawan macet, sehingga kita bisa mencari rute alternatif sebelum berangkat.

4. Sulit Mencari Akomodasi

Solusi: Pemudik dapat mencari akomodasi secara online melalui situs web atau aplikasi yang menyediakan layanan pemesanan kamar hotel, guest house, homestay dan sebagainya. 

Pemesanan akomodasi dapat dilakukan jauh-jauh hari sebelum melakukan perjalanan mudik Lebaran. Pastikan internet provider yang digunakan memiliki kualitas jaringan yang baik, sehingga proses booking menjadi lancar.

Aplikasi seperti Travelio, Traveloka, Booking.com, hingga tiket.com, dilengkapi dengan fitur pencarian sekaligus pemesanan akomodasi, sehingga dapat menghilangkan kekhawatiran tidak mendapat penginapan saat mudik Lebaran.

5. Sulit Mencari Akses ke Layanan Kesehatan

Solusi: Pemudik dapat mencari informasi tentang layanan kesehatan yang tersedia di daerah yang akan mereka kunjungi, sebelum berangkat mudik Lebaran, dan menyimpan informasi ini di dalam smartphone untuk diakses secara offline dalam perjalanan.

Informasi-informasi kesehatan ini bisa didapatkan melalui aplikasi kesehatan seperti Halodoc, Alodokter, SehatQ, KlikDokter, dan Good Doctor, yang dilengkapi dengan fitur konsultasi online.

Kehadiran internet yang cepat adalah solusi efisien dalam mendukung berbagai aktivitas sehari-hari, termasuk untuk persiapan mudik Lebaran yang memerlukan persiapan matang sebelum berangkat.

Salah satu internet provider yang memiliki kualitas jaringan terbaik di Indonesia adalah IndiHome dari Telkom Indonesia. Kecepatan teknologi fiber optik dapat membantu dalam mempersiapkan semua hal yang dibutuhkan dari rumah, sehingga mengurangi masalah yang mungkin timbul di perjalanan.

Like us!
Restu Aji Siswanto

Content Writer

1468 Posts

Gemar mengikuti perkembangan teknologi gawai, baik yang rilis di Indonesia maupun yang tidak masuk pasar lokal. Ketertarikan pada teknologi dan gawai menjadi motivasi untuk terus memberikan informasi, rekomendasi, dan tips berbelanja seakurat mungkin, melalui artikel dan ulasan produk.