Daftar Harga Daftar Harga Harddisk HDD Eksternal Termurah September 2020 Termurah Juli 2020

Model Harga Termurah
Seagate Expansion 1TB Rp 399.990
Seagate Backup Plus Slim 1TB Rp 500.000
Toshiba Canvio Basic 1TB Rp 590.000
Western Digital Elements 1TB Rp 430.000
Seagate Backup Plus Slim 2TB Rp 490.200
Seagate Expansion 500GB Rp 165.000
Transcend StoreJet 25M3 1TB Rp 699.000
Seagate Expansion 2TB Rp 462.671
Transcend StoreJet 25M3 2TB Rp 740.000

Deskripsi Harddisk HDD Eksternal

Harddisk Eksternal

Harddisk merupakan tempat penyimpanan paling vital yang harus ada pada komputer anda. Apabila komputer tidak memiliki harddisk, maka anda tidak akan bisa melakukan installasi sistem operasi kedalam komputer anda. Pada awalnya, harddisk masih bertipe ATA dengan kecepatan read dan write yang masih lambat. Harddisk juga pada awalnya tidak memiliki kapasitas penyimpanan yang besar, 64GB saja sudah dapat dikatakan luar biasa. Seiring dengan waktu yang terus berjalan, kapasitas penyimpanan dari harddisk terus berkembang. Saat ini, harddisk SATA sendiri rata-rata sudah berkapasitas sebesar 500GB dan memiliki kecepatan read dan write yang sudah lebih cepat. Harddisk sendiri akhirnya diciptakan layaknya tempat penyimpanan portable yang disebut juga sebagai harddisk eksternal.

Sesuai dengan namanya, harddisk eksternal tidak berada di dalam CPU layaknya harddisk pada umumnya. Harddisk eksternal dibalut dengan casing yang berbeda-beda agar dapat anda bawa berpergian dengan mudah. Keberadaan dari harddisk eksternal semakin mempermudah aktifitas seseorang. Anda cukup melakukan installasi program pada harddisk eksternal, dan kemudian anda dapat menggunakan program tersebut pada komputer manapun yang anda hubungkan dengan harddisk eksternal tersebut. Bobot dari harddisk eksternal juga tidaklah berat, sehingga tidak akan membebani kapasitas bawaan di tas anda. Selain itu, harddisk eksternal juga berkapasitas besar layaknya sebuah harddisk biasa. Dengan kehadiran harddisk eksternal, popularitas dari flashdisk sempat sedikit tergoyangkan. Harddisk eksternal juga menjadi sangat diminati karena lebih aman dari serangan virus. Kebanyakan dari virus akan menyerang flashdisk dan otomatis menyebarkan diri dengan fitur autoplay yang dimiliki flashdisk, oleh karena itu konsumen lebih memilih untuk menggunakan harddisk eksternal sebagai tempat penyimpanan cadangan mereka.

Memang harddisk eksternal memiliki umur pakai yang dikatakan relatif lebih singkat jika dibandingkan dengan flashdisk, namun umur pakai tersebut rata-rata sudah memiliki minimal hingga diatas 3 tahun pemakaian. Layaknya harddisk internal, harddisk eksternal juga hadir dalam berbagai tipe dan kecepatan. Untuk anda yang menginginkan kecepatan tinggi, anda dapat menggunakan harddisk eksternal dengan spek SATA III. Spesifikasi tersebut biasanya dilengkapi dengan kecepatan putar hingga 7200 RPM yang sudah cukup cepat untuk menyaingi performa dari Solid State Drive. Banyak yang beranggapan bahwa harddrive dengan kecepatan 7200 RPM itu bising, namun harddrive keluaran brand seperti Seagate sudah berhasil mengurangi, bahkan menghilangkan suara bising yang dikeluarkan dari harddisk eksternal anda. Harddisk eksternal juga sudah ada yang dilengkapi dengan casing penahan benturan, sehingga anda tidak perlu takut apabila harddisk eksternal anda terjatuh secara tidak sengaja. Harddisk eksternal memang ada banyak macamnya, namun anda tidak perlu bingung untuk memilih harddisk yang tepat untuk keperluan sehari-hari anda. Pricebook memiliki berbagai informasi mengenai harddisk eksternal yang dapat anda pilih dengan mudah.