Diperbaharui pada Senin, 26 Februari 2024 | 13:59

Cara Membuat Fanpage Facebook di Hp dan Komputer

cara membuat page facebookFoto: Pexels

Kehadiran media sosial sangat membantu kita dalam bersosialisasi, baik dengan sahabat, kenalan, hingga keluarga. Platform sosial ini banyak memberikan manfaat bila penggunaannya dioptimalkan untuk membangun relasi, bahkan bisnis.

Facebook adalah salah satu platform media sosial yang populer untuk membangun bisnis, berjualan, dan mempromosikan jasa di kalangan pengguna internet dunia, termasuk Indonesia. Meski saat ini telah hadir berbagai platform seperti Instagram dan TikTok, namun tidak dapat dipungkiri bahwa Facebook masih sering menjadi pilihan.

Salah satu cara yang umum dilakukan oleh pengguna Facebook untuk meningkatkan dan membangun bisnis melalui platform Facebook adalah dengan cara membuat fanpage atau Facebook Pages.

Pengertian Fanpage Facebook

Fanpage Facebook atau Facebook Pages, adalah halaman khusus yang dibuat untuk kebutuhan bisnis, baik itu oleh brand besar atau bisnis kecil sekelas UMKM. Selain itu, halaman fanpage Facebook juga kerap digunakan oleh organisasi, tokoh penting, hingga public figure.

Fungsi utama dari fanpage Facebook ini adalah untuk selalu terhubung dengan pada penggemar atau followers setia sambil mengembangkan brand, menawarkan jasa, sekaligus untuk membagikan informasi-informasi terbaru hingga mempromosikan barang-barang dagangan atau program-program tertentu.

Bila kamu memiliki bisnis yang ingin dikembangkan, maka salah satu cara yang bisa dicoba adalah dengan membuat fanpage Facebook. Namun sebelum memulai, pastikan kamu sudah memiliki akun personal di Facebook. Bila sudah, berikut langkah-langkah membuat fanpage Facebook:

Cara Membuat Fanpage Facebook di Hp

  1. Buka aplikasi Facebook di perangkat smartphone.
  2. Sentuh foto profil dan buka ‘Menu’.
  3. Sentuh ‘Pages’.
  4. Pada kiri atas, sentuh ‘Create’.
  5. Ketik nama halaman yang diinginkan, lalu klik ‘Next’.
  6. Cari kategori yang diinginkan, atau pilih salah satu kategori populer yang tersedia.
  7. Sentuh ‘Create’.
  8. Isi data bisnis, informasi kontak, lokasi dan jam operasional untuk menyelesaikan proses pembuatan fanpage.
  9. Tambahkan foto profil dan cover untuk halaman fanpage.

Setelah selesai melakukan langkah-langkah di atas, kamu bisa mulai mengundang teman-teman di Facebook untuk mengikuti halaman fanpage yang baru saja dibuat sebagai awal untuk membangun followers.

Agar dapat lebih mudah memantau progres atau aktifitas yang terjadi di halaman fanpage Facebook, kamu bisa memilih untuk mengaktifkan notifikasi. Bila semua telah dilakukan, maka sentuh tombol ‘Done’ untuk menyelesaikan pembuatan fanpage.

Cara Membuat Fanpage Facebook di Komputer atau Laptop

  1. Buka situs Facebook dan masuk menggunakan akun pribadi.
  2. Cari dan klik menu ‘Pages’ di sebelah kiri halaman.
  3. Di bawah menu ‘Pages and profiles’, klik ‘Create new Page’.
  4. Ketik nama halaman yang diinginkan dan pilih kategori.
  5. Klik ‘Create Page’.
  6. Isi data bisnis, gambar profil dan cover halaman.

Setelah menyelesaikan langkah-langkah di atas, fanpage atau halaman Facebook sudah aktif dan kamu bisa mulai mengundang teman-temanmu untuk menjadi followers.

Demikian cara membuat fanpage Facebook yang bisa dilakukan melalui smartphone dan komputer atau laptop. Jangan lupa, setelah memiliki fanpage, kamu juga harus meluangkan waktu untuk mengelolanya.

Cara Mengelola Fanpage Facebook

Membuat fanpage Facebook hanyalah langkah pertama sebagai salah satu cara untuk membangun serta mengembangkan bisnis atau personal branding, tergantung tujuan dari dibuatnya halaman tersebut.

Fanpage Facebook membutuhkan interaksi agar halaman tersebut ramai, sehingga kamu perlu mengelolanya setiap hari dengan membuat konten atau memberikan informasi-informasi secara rutin. Terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membuat fanpage Facebook kamu ramai, yaitu sbb:

  • Buatlah rencana jenis-jenis konten apa saja yang ingin di-posting. Sesuaikan dengan kategori halaman dan jenis produk atau jasa yang ditawarkan.
  • Atur jadwal posting dengan menganalisa kapan jam-jam yang ramai pengunjung.
  • Perhatikan visual dari konten yang akan di-posting. Pastikan tampilannya menarik tidak terlalu ramai. Selain itu, pastikan juga informasinya singkat dan jelas.
  • Lakukan interaksi dengan followers, dengan cara membalas komentar atau direct message (DM) mereka.
  • Ikuti hal-hal yang sedang trending atau viral, lalu sesuaikan dengan jenis konten yang relevan terhadap bisnis atau jasa yang ditawarkan, lalu buat postingan terkait hal tersebut.

Demikian hal-hal yang bisa dilakukan untuk membangun fanpage Facebook agar ramai dan banyak followers. Semoga tips ini membantu dan selamat mencoba!

Like us!
Restu Aji Siswanto

Content Writer

1491 Posts

Gemar mengikuti perkembangan teknologi gawai, baik yang rilis di Indonesia maupun yang tidak masuk pasar lokal. Ketertarikan pada teknologi dan gawai menjadi motivasi untuk terus memberikan informasi, rekomendasi, dan tips berbelanja seakurat mungkin, melalui artikel dan ulasan produk.