Diperbaharui pada Kamis, 22 Juni 2017 | 11:30

Google Maps Offline di iPhone dan iPad, Begini Cara Mudah Menggunakannya

image via BGR

Menggunakan aplikasi Google Maps offline di iPhone dan iPad sangat berguna ketika Anda akan menempuh perjalanan jauh yang melewati area minim akses internet atau bahkan tidak ada ada sama sekali.

Inilah kelebihan yang ditawarkan Google Maps dibanding aplikasi iOS Maps bawaan Apple, dimana peta dari Google tersebut memiliki sistem pendukung yang lebih baik, terutama ketika digunakan secara offline. 

Apalagi ketika melakukan perjalanan jauh dan harus melalui wilayah yang memiliki koneksi internet lambat, tarif mobile data yang mahal atau tidak bisa online. Jadi dengan fitur Google Maps offlline, Anda dapat menyimpan area dari Google Maps pada hape iPhone atau tablet iPad dan menggunakannya ketika sedang offline.

Untuk bisa menikmati layanan ini, berikut adalah panduan langkah demi langkah tentang cara menggunakan Google Maps offline pada iPhone atau iPad:

Langkah 1


Langkah pertama ini sebaiknya dilakukan sebelum Anda melakukan perjalanan atau masih memiliki jangkauan koneksi internet. Lalu buka aplikasi Google Maps dari hape iPhone atau tablet iPad Anda dan pastikan sudah terhubung ke internet. Kemudian login ke akun Google Anda.

Langkah 2

Masih di atas layar hape iPhone atau tablet iPad, ketik area tujuan yang ingin Anda  tuju dan dinavigasi melalui Google Maps. Setelah itu, Google Maps akan memberikan suggest mengenai jalur yang akan Anda tuju.

Langkah 3


Setelah Google Maps memberi suggest atau saran mengenai rute perjalanan, selanjutnya akan muncul sebuah tombol "Download" dan Anda klik. Lalu akan ada tombol "More" yang harus Anda klik yang berfungsi untuk menyempurnakan lokasi Anda dan agar menjadi lebih akurat.

Setelah ketiga proses di atas selesai, maka Google Maps yang di pilih akan di unduh ke hape iPhone atau tablet iPad Anda, dan hasilnya dapat dilihat secara offline kemudian. Fitur ini memang telah diluncurkan Google pada aplikasi Google Maps, dimana secara otomatis fitur ini akan beralih ke modus offline jika koneksi internet lemah dan Anda akan memiliki akses ke peta dengan mudah.

Yang lebih menarik adalah selama fitur GPS diaktifkan pada hape iPhone atau tablet iPad, Google Maps masih tetap akan menampilkan tempat menarik dan menavigasi Anda meski terjadi perubahan rute bahkan dalam modus offline.

Jangkauan maksimum untuk cakupan offline Google Maps adalah 120.000 kilometer persegi. Hanya saja, jika Anda melakukan sebuah pencarian untuk area yang lebih besar, Google Maps akan meminta Anda untuk mempersempit ke area yang lebih kecil.

Keterbatasan Google Maps Offline Di iPhone dan iPad


Meski fitur offline pada Google Maps cukup membantu pengguna, namun ada beberapa fasilitas yang tidak bisa digunakan dibanding penggunaan secara online. Salah satunya adalah fitur suggest multiple-rute yang kini tidak dapat digunakan dalam modus offline.

Dimana dalam penggunaan secara offline, Google Maps akan menyarankan rute terbaik dan Anda akan dipaksa untuk mengikuti rute tersebut. Dengan demikian, Anda tidak bisa mengubah rute seperti dalam modus online. Sehingga hal ini tidak memungkinkan Anda untuk mengubah rute ke jalur yang lebih cepat.

Dalam penggunaan aplikasi Google Maps offline, Anda memang masih bisa mendapatkan petunjuk arah mengemudi. Namun Anda tidak bisa lagi menggunakan fitur penunjuk untuk angkutan umum, bersepeda, atau berjalan kaki yang biasa ada dalam modus online. Bahkan dalam petunjuk arah mengemudi saat offline, Anda tidak akan mendapatkan informasi mengenai kondisi lalu lintas dan panduan jalur saat bernavigasi.


Tidak hanya itu saja, daerah terpencil juga tidak dapat diakses dalam modus offline. Apalagi lokasi yang sudah Anda unduh dan simpan di dalam hape iPhone dan tablet iPad harus diperbarui setiap 30 hari. Hal ini untuk menghindari terjadinya perubahan jalan atau rute.  

Keterbatasan yang juga terasa mengganggu saat menggunakan Google Maps offline adalah akan memakan ruang penyimpanan internal perangkat Anda. Karena aplikasi Google Maps dalam modus online memerlukan sejumlah besar memori untuk menyimpan lokasi yang telah diunduh dan dipilih oleh pengguna. Oleh karena itu, ruang penyimpanan hape iPhone dan tablet iPad tentunya akan semakin berkurang.

Memperbarui Area Offline Di Google Maps Offline 


Seperti yang sudah dijelaskan diatas, bahwa lokasi yang sudah Anda unduh dan simpan di dalam hape iPhone dan tablet iPad harus diperbarui setiap 30 hari. Ada dua cara yang bisa dilakukan, yaitu secara otomatis melalui koneksi Wi-Fi dan secara manual melalui menu pengaturan.

Caranya dengan membuka aplikasi Google Maps dan memilih tab “Menu” di bagian kiri atas lalu klik “Area Offline”. Setelah itu Anda bisa memilih area offline mana yang akan diperbarui lalu klik “Perbarui”.

Menghapus Area Offline Di Google Maps Offline

Area offline yang sudah diunduh dan disimpan dalam memori hape iPhone atau tablet iPad masih dapat Anda hapus. Untuk menghapus area offline yang sudah disimpan ini, Anda hanya perlu menekan “Menu” dengan ikon garis tiga di bar pencarian. Lalu pilih lokasi offline yang ingin Anda hapus untuk kembali mengurangi bebas kapasitas memori perangkat.

Baca juga artikel :
Update Aplikasi Google Maps Mudahkan Mencari Tempat Parkir Kendaraan
Update Google Maps Hadirkan Informasi Transportasi Kian Lengkap
Update Google Maps Akan Hadirkan Info Tempat Parkir
Like us!
Nur Abdillah

Content Writer

2444 Posts

Punya pengalaman di beberapa media yang mengulas gadget, seperti Tabloid SMS, Tabloid Roaming, Majalah Digicom hingga Majalah Techlife. Selalu berusaha berbagi informasi yang akurat dan terupdate seputar teknologi dan gadget.