Lenovo ThinkPad X1 Carbon Touch; Mencicipi Laptop Serat Carbon

Oleh Tedi Yuni A on Kamis, 16 Okt 2014 | 16:22

Lenovo terus menunjukkan eksistensinya di industri PC. Salah satunya dengan menghadirkan laptop premium yang dilengkapi spesifikasi kelas atas. Mulai dari case yang terbuat dari serat carbon, fitur-fitur atraktif, hingga penanaman chipset generasi ke empat dari Intel.

Desain

  

Lenovo ThinkPad X1 Carbon Touch, sesuai embel-embel labelnya notebook premium ini melapisi case bodinya dengan material serat carbon. Alhasil menawarkan desain yang kokoh, namun ringan bila dibandingkan material aluminium. Kentungan bagi pengguna adalah mudah dibawa karena ringan serta nyaman beraktivitas saat berada di luar ruangan. 

Betapa tidak, Lenovo mengklaim kalau case serat carbon yang dihadirkan telah melewati delapan spesifikasi tes militer untuk suhu, kelembaban, getaran dan goncangan mekanik. Pada logo ThinkPad, huruf "i" akan mengeluarkan cahaya berwarna merah pada saat sistem diaktifkan. Tidak hanya menarik, tapi juga sebagai notifikasi untuk mengetahui apakah notebook dalam kondisi aktif atau off.

Solid State Drive (SSD)

Proses booting dari off sampai siap digunakan tidak terlalu lama. Hanya dibutuhkan waktu kurang lebih 16 detik saja. Hal ini dipengaruhi oleh penggunaan hardrive berjenis SSD (solid state drive) yang memang menawarkan kecepatan lebih tinggi dibanding HDD (hard disk drive). Kapasitasnya juga cukup besar yaitu 256GB.

Adaptive Keyboard

Salah satu fitur yang menarik adalah Adaptive Keyboard, yaitu sebuah panel sentuh yang dapat dimanfaatkan dalam beberapa mode. Posisinya ada di antara layar dan keyboard. Pengguna bisa menggunakan 4 mode, yaitu Home yang menyediakan fungsi standar seperti menaikkan atau menurunkan volume, mengatur tingkat kecerahan layar.

Lalu mode Function, yang menyediakan fungsi tombol f1 sampai f12 seperti keyboard standar. Kemudian mode Web Conference, yang mennyediakan akses khusus fungsi web chating seperti microphone atau settingan kamera. Serta mode Web Browser, yang akan memberikan akses mudah ketika berselancar di dunia maya.

Performa

Sebagai laptop kelas premium, Lenovo ThinkPad X1 Carbon Touch tentu dipersenjatai perangkat keras yang mumpuni. Lihat saja penanaman prosesor generasi ke empat Intel Core i7 4600U yang sudah didukung RAM 8GB.

Kombinasi ini tentu akan memberikan performa yang apik, baik saat menjalankan aplikasi ringan hingga berat. Menruut hasil tes menggunakan benchmark 3D Mark, laptop ramping ini memperoleh skor 2242.

Harga dan ketersediaan

Untuk dapat menikmati laptop bertenaga ini, Anda harus menrogoh kocek lebih dalam karena berada di angka Rp14 juta. Unitnya sendiri sudah tersedia di pasar Tanah Air.(abdi)

Spesifikasi Lenovo ThinkPad X1 Carbon Touch

Prosesor: Intel® Core™ i7-4600U Processor (4M Cache, up to 3.30 GHz)

Kartu Grafis: Intel® HD graphics 4400

Memori RAM: 8 GB

Memori Internal: 256GB M.2 eDrive SSD

Layar: 14.0" WQHD Touch (2560 x 1440)

Konektivitas: WiFi 802.11b/g/n, Bluetooth 4.0, widi

Baterai: Lithium Polymer 8-cell (45Wh) RapidCharge battery

Harga: Rp13.999.000

Baca juga artikel:

Mengenal Lebih Jauh Jaringan Seluler di Tanah Air

Mengenal Jenis-jenis SIM Card Handphone

Xiaomi Mi Note Pro, Naik Kelas dengan Layar 2K

Artikel Lainnya

Komentar