Apple Music Kini Terintegrasi dengan Facebook Messenger

Oleh Ardiansyah Hana updated Selasa, 10 Okt 2017 | 11:30

apple music
image via vox.rocks

Tahun lalu, Spotify mengumumkan ketersediaan fitur baru yang memungkinkan pengguna bisa mencari lagu dan membagikannya langsung melalui percakapan di Facebook Messenger. Tentu saja, cara berbagi lagu ini sangat berpotensi meningkatkan pengguna Spotify mengingat angka pengguna Messenger yang tinggi.

Melihat peluang tersebut, Apple Music juga akan menghadirkan fitur berbagi yang sama. Layanan musik streaming ini akan terintegrasi dengan Facebook Messenger, memungkinkan kamu membagikan lagu yang sedang didengarkan hanya dengan klik ikon “plus” di Messenger dan tambahkan Apple Music ke percakapan yang sedang kamu lakukan.

Pengguna yang juga menjadi pelanggan Apple Music akan bisa memutar musik secara penuh tanpa perlu keluar dari aplikasi Facebook Messenger. Facebook mengklaim kemampuan tersebut merupakan yang pertama kalinya dimiliki oleh aplikasi chat populer.

Tidak hanya itu, fitur integrasi antara layanan streaming musik dan chatting ini juga semakin menarik karena adanya tambahan bot Apple Music yang memungkinkan kamu melakukan percakapan dan meminta rekomendasi lagu untuk didengarkan. Penguna bisa meminta meminta rekomendasi musik pada bot Apple Music hanya dengan mengirimkan sebuah emoji ke dalam chat.

Fitur ekstensi ini tidak hanya berlaku bagi kamu yang berlangganan Apple Music, melainkan bisa dipakai oleh kamu yang tidak berlangganan. Disini, kamu akan dibatasi untuk membagikan musik dengan durasi selama 30 detik, sedangkan pengguna berlangganan bisa membagikan musik full track.

Sebelumnya, Facebook telah mengumumkan ketersediaan Facebook Messenger Lite pada sejumlah negara maju seperti Amerika Serikat, Kanada, Irlandia, dan Inggris. Sebelumnya aplikasi chat Facebook versi lebih ringan tersebut hanya dihadirkan perusahaan ini pada negara berkembang saja.

Sejauh ini, Apple Music telah berhasil dipakai oleh lebih dari 30 juta pengguna di dunia. Tentunya, integrasi dengan Facebook Messenger ini memberiklan potensi pada calon pengguna baru untuk menggunakan layanan streaming musik ini. Nah, apakah kamu sudah mencoba fitur terbaru ini?

Artikel baca juga:

Mengenal Fitur Musik Streaming Online Spotify

Instagram Stories Kini Bisa Terhubung ke Facebook Stories

Beda Layanan Musik Streaming Spotify dengan Joox dan Apple Music

Artikel Lainnya

Komentar