Panaskan Persaingan, MediaTek Siapkan Chipset Baru Helio X12

Panaskan Persaingan, MediaTek Siapkan Chipset Baru Helio X12

Oleh Aris Wibowo on Rabu, 09 Des 2015 | 18:58

Beberapa waktu lalu, MediaTek sukses menghadirkan chipset terbaru Helio X10. Chipset tersebut begitu diminati berbagai produsen bahkan sudah melekat diberbagai smartphone mulai harga satu jutaan hingga empat jutaan. MediaTek tampak semakin dipercaya memproduksi system on chip dengan harga murah, namun memiliki kualitas terbaik. Tak heran, banyak produsen memilih chipset MediaTek sebagai dapur pacu perangkatnya.

Menjelang akhir tahun 2015, perusahaan asal Taiwan ini dilaporkan tengah mengerjakan sebuah proyek chipset baru. Rumor yang berkembang, MediaTek tengah membuat chipset bernama MediaTek Helio X12 Soc. Chipset terbaru ini dirumorkan tidak hanya lebih cepat dari seri Helio X10, tetapi juga lebih hemat dan efisien daya.

Kehadiran MediaTek Helio X12 ini disebabkan para pesaing produsen chipset juga mulai menghadirkan chipset murah dengan kinerja tinggi. Sebut saja Qualcomm dan Exynos yang mulai menghadirkan chipset untuk kelas smartphone sejutaan hingga Rp 3 jutaan. Qualcomm sendiri sudah menghadirkan Snapdragon 620 dan Exynos memiliki Exynos 7422. Maka MediaTek merasa perlu menghadirkan chipset baru meski MediaTek Helio X10 masih relevan untuk bersaing.

Baca juga: Varian Baru HTC M9 Hadir dengan Prosesor Mediatek X10

Dalam MediaTek MT6795x atau Helio X12, MediaTek masih menggunakan proses pabrikasi 28nm yang dikerjakan pada TSMC dengan tujuan mengurangi konsumsi data hingga 15 %. Chipset terbaru ini akan menggunakan prosesor Octa-core Cortex A53 dengan kecepatan 2,2 GHz. Prosesor ini nantinya juga akan disokong GPU PowerVR GX6250 dengan kecepatan 750MHz. Chipset ini juga sudah mendukung RAM dual channel LPDDR3 pada kecepatan 933 MHz serta mendukung standar eMMC 5.1 dan USB 3.1.

Kedepannya MediaTek akan menghadirkan sensor ISP (Image Signal Processing) sampai dengan 21 MP pada Helio X12. MediaTek juga akan menghadirkan dukungan fitur jaringan 4G LTE hingga CAT 6. Hal ini akan menambah alternative dalam pilihan para pengguna gadget saat mencari smartphone 4G LTE.

Kabar yang berhembus menyebutkan Helio X12 akan digunakan pada versi smartphone Xiaomi Redmi Note 3 berikutnya. Kita tunggu saja tahun depan.

 

Baca juga artikel

3 Smartphone Paling Baru dengan MediaTek Helio X10

Mediatek Ungguli Snapdragon dengan Chipset Deca Core

MediaTek MT6797 Helio 20 vs Snapdragon 810: Siapa Nantinya Paling Tangguh?

Artikel Lainnya

Komentar