Belajar Sejarah Lewat Aplikasi eBook Android “Pahlawan-Pahlawan Bangsa”

Oleh Ardiansyah Hana on Senin, 09 Nov 2015 | 20:42

“Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya”. Kata-kata ini diucapkan presiden pertama Republik Indonesia, Soekarno, saat pidato pada peringatan Hari Pahlawan 10 November 1961. Sebagai warga negara Indonesia dan generasi muda, sudah seharusnya kita mengenang dan mengenal para pahlawan Indonesia dengan baik, karena berkatnya negara kita berhasil merebut kemerdekaan dari penjajahan.

Mengenang dan mengenal para pahlawan nasional dengan membaca buku mungkin malas dilakukan generasi muda. Terlebih, buku fisik memang sudah ditinggalkan sebagian orang yang memilih membaca buku digital melalui gadget kesayangan. Nah, saat menyambut Hari Pahlawan seperti sekarang, mari kita mengenal dan mengenang para pahlawan nasional, melalui cara modern dan menyenangkan, yang tentunya disukai kaum muda. Cara ini dilakukan dengan membaca melalui aplikasi e-book Android bernama Pahlawan-Pahlawan Bangsa.

Pahlawan-Pahlawan Bangsa merupakan aplikasi e-book khusus perangkat Android yang dibuat dan dikembangkan oleh developer asal Aceh, Kaminggi. Secara khusus, Kaminggi menciptakan aplikasi ini khusus untuk masyarakat Indonesia agar mengetahui kisah-kisah perjuangan pahlawan nasional serta menumbuhkan semangat perjuangan pada generasi muda Indonesia.

Baca juga: Android Malware Terbaru Menginfeksi Ribuan Aplikasi dan Sulit Dihapus

Memiliki tampilan simple dan user friendly, sejatinya aplikasi ini sangat cocok untuk diakses semua umur. Pasalnya, Kaminggi menyematkan fitur Zoom View pada halaman artikel, yang memberikan kenyamanan pada pengguna dalam membaca, melalui teks yang tampak jelas.

Di dalamnya, terdapat 40 cerita dari tokoh sejarah pahlawan kemerdekaan Indonesia. Cerita yang disajikan dimulai dari masa kelahiran pahlawan, sampai perjuangan pahlawan tersebut dalam mempertahankan negara Indonesia dari serangan penjajah. Tak lupa, ditambahkan pula foto pahlawan bersangkutan di setiap artikel, sehingga kita dapat mengenal tokoh tersebut lebih dekat.

Selain fitur Zoom View, aplikasi ini juga dilengkapi kemampuan pencarian teks secara otomatis. Fitur satu ini memudahkan para pelajar yang menggunakan aplikasi Pahlawan-Pahlawan Bangsa sebagai sumber dalam mengerjakan tugas.

Kaminggi menyediakan aplikasi versi pertama ini secara gratis, dapat diunduh di Google Play Store melalui perangkat smartphone dan tablet Android. Hadir dengan ukuran yang ringan, 6.2 MB, aplikasi ini dapat dijalankan pada perangkat yang berjala pada sistem operasi Android 2.3.3 Gingerbread keatas.

So, banyak sekali cara untuk mengenal dan mendekatkan diri dengan para pahlawan nasional, bukan? Untuk itu, mari kita sambut Hari Pahlawan yang akan diperingati esok hari (10/11), dan mengenang semua jasa yang mereka berikan pada Indonesia. Untuk download ebook tersebut bisa klik disini.

 

Baca juga artikel

Pengen Android-an di PC? Ini 10 Emulator Android Selain Bluestacks

Daftar Android Emulator Terbaik untuk PC yang Bisa Kamu Coba

Beberapa Custom ROM Pilihan untuk Perangkat OS Android

Artikel Lainnya

Komentar