HTC Akan Luncurkan Vive VR Headset Dengan Jumlah Terbatas

Oleh Nadia Maharani on Senin, 31 Agu 2015 | 14:25

HTC baru-baru ini mengumumkan jika peluncuran headset Virtual Reality Vive untuk komersil akan ditangguhkan hingga tahun depan. Perusahaan Taiwan tersebut berencana untuk meluncurkan headset VR yang sangat ditunggu-tunggu itu pada akhir tahun ini dalam jumlah terbatas untuk kalangan tertentu.

HTC baru memiliki unit headset tersebut dalam jumlah yang tidak banyak sehingga tak memungkinkan untuk memenuhi permintaan buyer-buyer potensial tahun ini. Perangkat yang merupakan hasil kerjasama antara HTC dan Valve Corporation tersebut tampaknya baru diprioritaskan untuk para pengembang saja. Untuk pasar komersil, headset HTC Vive akan diluncurkan pada kuartal pertama tahun 2016 mendatang.

Untuk kamu yang belum familiar dengan produk canggih ini, HTC Vive adalah perangkat VR yang dikenakan di kepala pengguna. Perangkat ini juga merupakan bagian dari proyek SteamVR milik Valve Corporation. HTC Vive itu sendiri baru dibocorkan pada Mobile World Congress yang digelar pada 1 Maret lalu. Sejak itu, headset VR ini menjadi salah satu produk yang ditunggu-tunggu pasar.

Vive memiliki refresh rate 90 Hz dan memerlukan konten untuk rendering pada 90 fps. Perangkat HTC ini memakai dua buah layar OLED dimana masing-masing untuk satu mata. Setiap layar tersebut mempunyai resolusi 1080 x 1200.

Sedikitnya terdapat 70 sensor, termasuk accelerometer, MEMS gyroscope serta laser position, untuk mendukung kinerjanya. Ada pula sistem lighthouse untuk menghindari berbagai masalah saat dioperasikan. HTC Vive juga mempunyai dua buah kamera yang bisa digunakan untuk membuat model ruangan.

HTC Vive bukanlah satu-satunya headset VR yang menarik perhatian pasar sejak awal tahun ini. Samsung pun telah mengumumkan headset VR terbarunya yang bekerja dengan dukungan smartphone Galaxy S6 dan S6 Edge. Ada pula Oculus Rift, headset VR futuristik, yang akan menjadi pesaing HTC Vive. Tak cuma itu, ada Project Morpheus milik Sony yang siap menantang para rival.

Dengan memakai headset VR, pengguna dapat memiliki pengalaman dunia 3 dimensi nan unik. Perangkat tersebut akan menambah sensasi tersendiri kala digunakan untuk bermain game atau menonton film. Itu sebabnya, kehadiran sederet perangkat VR tersebut menjadi hal yang paling dinanti oleh para penggemar game maupun penikmat film.

Baca juga artikel:

Lenovo Vibe Shot Sudah Bisa Dipesan Seharga Rp 5 Juta

Lenovo Vibe P1 Muncul di Website Jual beli Online

AMD membocorkan Lenovo Y700 Dengan FX-8800P APU

Artikel Lainnya

Komentar