Review Asus Zenfone 3 Max ZC553KL: Layar Lebih Lebar, Baterai Tetap Gahar

Oleh Nur Abdillah updated Selasa, 7 Feb 2017 | 11:15

Hape ASUS Zenfone 3 Max ZC553KL membawa RAM 3GB untuk mendukung performa lebih cepat. Peningkatan di beberapa sektor lainnya mencakup layar lebih lebar dan resolusi kamera lebih besar. Harga ASUS Zenfone 3 Max ZC553KL dibanderol secara resmi Rp3,099,000.

Hape ASUS Zenfone 3 Max ZC553KL memiliki daya tahan baterai yang luar biasa. Dengan kapasitas baterai mencapai 4100mAh, Anda bisa beraktivitas lebih dari 24 jam penuh untuk pemakaian sehari-hari hanya dengan sekali charging.

Model ini menjadi lini baru dari ASUS Zenfone Max series setelah sebelumnya ada seri ASUS Zenfone 3 Max ZC520TL dan ASUS Zenfone Max ZC550KL. Di generasi terbaru ini, ASUS tetap menggunakan baterai berkapasitas besar dan telah melakukan peningkatan di beberapa sektor, yang mencakup layar lebih lebar dan resolusi kamera lebih besar. Kehadirannya akan bersaing dengan hape Xiaomi Redmi Note 3 serta perangkat sejenis yang memiliki kapasitas baterai besar.  

Desain

Secara desain, hape ASUS Zenfone 3 Max ZC553KL tampil lebih menarik dengan bodi ramping dan solid. Ramping dengan ketebalan hanya 8.3mm dan memiliki bobot 175 gram, dan solid berkat penggunaan sasis aluminium dalam konsep desain unibody. Kombinasi ini membuat perangkat lebih terasa nyaman saat digenggam. Hanya saja Anda harus sedikit berhati-hati, karena bodi belakang terasa sedikit licin.

Hadir dengan layar yang lebih besar dari hape ASUS Zenfone Max 3 ZC520TL, generasi Zenfone Max anyar ini masih cukup ergonomis saat digunakan dengan satu tangan. Apalagi penempatan tombol power dan volume sejajar dengan ibu jari. Ada juga modus one hand yang dapat diaktifkan dalam menu pengaturan (Zenmotion), dimana ditur ini memungkinkan Anda tetap beraktivitas dengan nyaman saat menggunakan satu tangan.

Keberadaan layar berukuran 5,5 inci mendominasi 73 persen bagian depan dengan keberadaan tiga tombol sentuh di bawahnya. Di atas layar Anda akan melihat kamera depan, speaker saat menerima panggilan telepon serta sebuah sensor. Hape ASUS Zenfone 3 Max ZC553KL hanya menempatkan tombol fisik untuk power dan volume, serta menyediakan slot SIM card di arah yang berlawanan. Fitur dual SIM ini bersifat hybrid, dimana pada slot kedua mengharuskan Anda memilih antar menggunakan 2 kartu SIM atau 1 kartu SIM dengan memori eksternal.

Di sisi bawah ditempatkan speaker mono bersama dengan port micro USB untuk  pengisian ulang dan menghubungkan ke komputer. Sedangkan soket headphone 3,55mm ada dibagian atas. Sementara di belakang, terdapat sensor sidik jari tepat di bawah modul kamera. Selain sebagai perlindungan terhadap perangkat, sensor pemindai sidik jari ni dapat Anda gunakan untuk menjawab panggilan masuk, membuka aplikasi kamera (double tap sensor), atau berfungsi sebagai shutter untuk mengambil foto. Pengenalan sidik jari di hape ASUS Zenfone 3 Max ZC553KL berlangsung cukup cepat, sekitar kurang dari 3 detik.

Layar

Salah satu perbedaan hape ASUS ZenFone 3 Max ZC553KL dengan generasi sebelumnya ASUS Zenfone Max 3 ZC520TL adalah penggunaan layar yang lebih lebar yaitu mencapai 5,5 inci dengan ketajaman resolusi Full HD 1080 x 1920 piksel serta kepadatan piksel 401 ppi. Gambar yang ditampilkan terlihat tajam dan jernih, apalagi sudah mendukung tingkat kecerahan 400 nit, yang menawarkan visibilitas dari sinar matahari yang sangat baik.

Layar di hape ASUS Zenfone 3 Max ZC553KL juga sudah didukung dengan panel IPS yang dikenal memiliki kemampuan menampilkan gambar dengan baik dari berbagai sudut. Kualitas layar sentuhnya juga cukup responsif dan sudah mendukung titik sentuh yang mencapai hingga 10 jari. Tidak hanya itu, dalam kondisi berkendara motor, Anda bisa mengaktifkan modus glove agar tetap dapat menyentuh layar meski menggunakan sarung tangan.

Kamera

Sektor kamera juga menjadi kelebihan lain dari hape ASUS ZenFone 3 Max ZC553KL. Kali ini ASUS sudah meningkatkan kemampuan kamera utama dengan resolusi 16 megapiksel lengkap bersama fitur aperture f/2.0 untuk pencahayaan yang lebih baik. Tidak hanya itu, kamera di hape ASUS Zenfone 3 Max ZC553KL juga mendukung fitur lain seperti Phase Detection Autofocus dan laser auto-focus, Electronic Image Stabilization untuk perekaman video, dan dual-LED flash.

Penguncian titik fokus juga berjalan dengan baik dan cepat. Memindahkan titik fokus pada kamera hanya membutuhkan waktu kurang dari 0,03 detik. Dan secara umum, saat di luar ruangan kualitas kameranya sangat baik karena mampu menghasilkan foto dengan tajam dan cukup detail. Reproduksi warna yang dihasilkan terbilang masih cukup akurat. Bagi yang gemar berbagi foto di media sosial, hasil kamera di hape ASUS Zenfone 3 Max ini sangat layak diandalkan.

Sementara saat mencoba memotret dalam ruang dengan kondisi cahaya rendah, hasilnya memang terlihat masih terdapat noise. Namun ASUS telah menyediakan dua opsi modus pemotretan dengan cahaya minim, yaitu modus low light mode dan night mode. Dari beberapa kali percobaan, penggunaan kedua modus ini dapat memberikan hasil foto yang lebih baik dibanding modus auto, meski ada juga sebagian foto dengan banyak noise.

 

Tidak hanya itu, ASUS juga tetap menyediakan beragam modus pengambilan gambar yang juga diterapkan pada hape ASUS Zenfone unggulan, sebut saja seperti modus manual, HDR Pro, time lipse, dan lainnya. Semua modus ini dapat disesuaikan dengan kondisi saat pengambilan gambar. Sementara untuk kamera depan, hape ASUS Zenfone 3 Max ZC553KL dibekali dengan sensor beresolusi 8 megapiksel dengan aperture f/2.2 dengan kualitas yang sama baik dengan kamera belakang.

Performa

Bicara performa, hape ASUS Zenfone 3 Max ZC553KL memang tidak dipersenjatai perangkat keras yang bertenaga. Hape dengan baterai besar ini hanya menanam prosesor Qualcomm Snapdragon 430 yang memiliki kecepatan clock 1.4GHz. Meski demikian, prosesor ini masih sanggup untuk menjalankan beragam aplikasi untuk kebutuhan harian Anda. Apalagi ASUS sudah menyandingkannya dengan kapasitas memori RAM yang besar mencapai 3GB. Sehingga mampu memberikan proses multitasking yang lancar tanpa gangguan serta menawarkan pengalaman Android yang baik. Ruang penyimpanannya pun cukup lega dengan kapasitas hingga 32GB.


Dari hasil pengujian dengan aplikasi benchmark Antutu, hape ASUS dengan baterai besar ini mendapatkan skor 44.229. Sedangkan dari hasil skor melalui benchmark Geenbench didapat angka 640 untuk single core dan 2055 untuk multicore. Hasil ini menunjukkan jika hape ASUS Zenfone 3 Max ZC553KL memang lebih ditujukan pada penggunaan harian. Namun anda tidak perlu khawatir, sebab hape ini masih sanggup menjalankan game-game HD yang memiliki grafis sedang.

Baterai Gahar

Inilah fitur yang menjadi daya tarik dari hape ASUS Zenfone 3 Max ZC553KL. Seperti generasi ASUS Zenfone Max yang sudah dipasarkan sebelumnya, hape ini tetap menggunakan baterai dengan kapasitas yang besar. Dengan kapasitas mencapai 4100 mAh, baterainya memang menawarkan daya tahan yang memukau dengan waktu siaga selama 38 hari. Apalagi ASUS juga telah mengemasnya dengan software yang makin mengoptimalkan kemampuan baterai.

Pengujian baterai dimulai dari posisi full hingga hanya menyisakan 3 persen. Selama pengujian layar diseting pada posisi kecerahan 50% dengan kondisi hape terus tetap aktif. Untuk pemakaian juga dilakukan secara normal dengan melakukan aktivitas seperti browsing, aktif menggunakan chat messenger, tetap tersinkronisasi dengan email serta tetap update di sosial media. Bahkan selama beberapa jam menjadikan hape ini sebagai hotspot untuk membagi jaringan 4G ke perangkat lain.

Hebatnya, selama pemakaian baterai hape ASUS Zenfone 3 Max ZC553KL sanggup memberi daya hingga kurang lebih 31 jam (jam 7 pagi baterai full dan menyisakan baterai 3 persen pada jam 2 siang keesokan harinya). Daya tahan ini masih dapat bertahan jika Anda menggunakan fitur hemat daya yang ditawarkan ASUS. Dan selama penggunaan tersebut, tercatat penggunaan layar aktif (time on) hampir mencapai 8 jam atau tepatnya selama 7 jam 51 menit.      

Beralih ke daya tahan baterai untuk penggunaan bermain game dengan mencoba memainkan game yang terkoneksi ke internet seperti CSR Racing 2. Selama bermain kurang lebih satu jam dan koneksi aktif, baterai di hape ASUS Zenfone 3 ZC553KL ini hanya berkurang sekitar 18 persen. Sedangkan saat mencoba memutar film FullHD dengan durasi 1 jam 15 menit, baterainya berkurang sebesar 10 persen. Satu fitur yang juga berguna adalah hape ini bisa menjadi powerbank, dimana untuk mengisi baterai perangkat lain selama kurang lebih satu jam, baterai ASUS Zenfone 3 Max ZC553KL berkurang sekitar 10 persen.  

Kesimpulan

Secara keseluruhan, hape ASUS ZenFone 3 Max ZC553KL bisa menjadi salah satu hape yang layak Anda miliki, terutama bagi yang lebih membutuhkan daya tahan baterai yang awet. Anda bisa beraktivitas seharian penuh bahkan lebih tanpa perlu khawatir akan kehabisan baterai. Tidak hanya baterai, kamera dan layar yang disematkan ASUS di hape ini juga lebih meningkat dari generasi Zenfone 3 Max sebelumnya. Untuk harga, ASUS Zenfone 3 Max terbaru ini akan dipasarkan dengan harga Rp3,099,000 saja. ASUS menawarkan opsi yang lebih murah untuk ASUS Zenfone 3 Max ZC553KL dengan harga Rp2.199.000, cuma layarnya berukuran 5,2 inci, kamera 12MP dan RAM 2GB.

Asus Zenfone 3 Max ZC553KL RAM 3GB
Harga termurah

Rp 1,785,000

Kriteria Spesifikasi
4G Network LTE 800 / 850 / 900 / 1800 / 1900 / 2100 / 2600
Ukuran Layar 5.5 inch
Chipset Qualcomm MSM8937 Snapdragon 430
Jumlah Core Octa Core
Kecepatan CPU 1.4 GHz
GPU Adreno 505
RAM 3 GB
Memori Internal 32 GB
Resolusi Kamera 16 MP
Resolusi Kamera Depan 1 8 MP
Kapasitas Baterai 4100 mAh

Baca juga artikel:
ASUS Rilis Tablet 4G LTE Terbaru, ASUS ZenPad 3S 10 dengan RAM 4GB
ASUS Zenfone 3 Deluxe, Hape RAM 6GB dengan Kamera 23MP
Ini Spesifikasi Asus Zenfone Pegasus 3S Yang Baru Dirilis

Artikel Lainnya

Komentar