Instagram versi Android Kini Dapat Digunakan Offline

Oleh Aris Wibowo updated Kamis, 20 Apr 2017 | 10:25

Image via AnswerAfrica

Media sosial saat ini memang tengah menjadi kebutuhan para pengguna internet. Banyak orang lebih sering mengecek media sosial miliknya dibanding membaca web tertentu. Sayangnya, sering kali keseruan dalam berselancar di media sosial sering terganggu bila koneksi internet terputus.

Menyadari hal tersebut, beberapa media sosial mulai menghadirkan fitur mode offline. Kabar baiknya untuk kamu pengguna Instagram versi Android, mode offline akan segera mendarat untuk aplikasi media sosial ini.

Diperkenalkan dalam ajang Facebook F8 Conference, aplikasi yang sudah diakusisi Facebook sejak lama ini akan memberikan pengguna Instagram versi Android fitur mode offline. Dalam mode ini nantinya, pengguna Instagram versi Android akan tetap bisa melihat konten yang ada dalam halaman feed Instagram meski koneksi internet terputus. Tidak hanya itu, dalam mode offline, pengguna juga bisa menulis komen dalam sebuah post, save media hingga mengunfollow pengguna lainnya. Semua tindakan tersebut akan langsung bekerja secara otomatis saat koneksi internet kembali terhubung ke perangkat.

Jika hal ini terasa mirip dengan mode offline aplikasi lainnya, pasalnya ini memang mirip WhatsApp (aplikasi lainnya yang dimiliki Facebook) yang juga memiliki mode offline. Dalam WhatsApp, pengguna tetap bisa mengirim pesan secara offline. Pesan ini akan terkirim segera setelah ada koneksi internet yang terhubung.

Sayangnya, mode offline Instagram ini hanya berlaku pada versi Android saja. Hal ini dipilih karena pasar perangkat Android lebih berkembang dibanding pasar perangkat sistem lainnya. Walaupun demikian, Instagram tidak menutup kemungkinan akan menghadirkan mode serupa untuk iOS beberapa bulan mendatang.

Sebelumnya dalam update Instagram awal tahun 2017, kedua versi Instagram yakni versi iOS dan Android akhirnya mendapat fitur baru yang sangat berguna yakni fitur simpan posting atau save posts. Fitur ini akan memungkinkan pengguna untuk menyimpan postingan untuk dilihat kemudian. Nantinya kamu akan menemukan bookmork icon dibagian bawah dalam setiap postingan di halaman utama. Kamu cukup tap icon tersebut dan nanti secara otomatis postingan akan tersimpan di tab baru dalam profilemu. Ingat postingan yang disimpan hanya kamu saja yang bisa melihat. Menariknya, tidak hanya foto yang bisa disimpan, kamu pun bisa menyimpan postingan video.

Sedangkan dalam update bulan April tahun 2017 ini, Instagram menghadirkan update terbaru yang menyuguhkan sejumlah fitur dan perbaikan bug. Salah satu fitur baru dalam update Instagram ialah Direct Message. Tidak tanggung-tanggung, DM yang dihadirkan berupa permanen dan yang bisa menghilang berdasarkan waktu. Fitur ini dihadirkan perusahaan untuk mempercepat dan memudahkan pengguna dalam mengubah percakapan apapun menjadi percakapan visual melalui foto dan video.

Baca juga artikel:
Cara Pakai Sticker Selfie dan Pin Sticker di Instagram Stories
Ikutan Tren, Ini Dia Cara Memakai Fitur Live Video di Instagram
Update Instagram Terbaru Hadirkan Fitur Simpan Postingan

Artikel Lainnya

Komentar