Diperbaharui pada Rabu, 17 Mei 2017 | 11:50

7 Smartwatch Konsep yang Super Keren Ini Bakalan Diproduksi Nggak, Ya?

Mari kita berimajinasi tentang model jam tangan di masa yang akan datang lewat pertanyaan-pertanyaan berikut. Apakah jam tangan di masa depan memiliki fitur yang canggih? Akankah jam tangan di masa depan dibuat dalam ukuran yang sangat tipis? Apakah jam tangan di masa depan bisa berubah warna sesuai kondisi tertentu? Akankah di masa depan jam tangan tidak memerlukan layar lagi?

Pertanyaan-pertanyaan di atas sedikit demi sedikit sudah mulai terjawab oleh para desainer jam tangan hebat di seluruh dunia. Beberapa diantara mereka sudah berani mengeluarkan rancangan konsep desain jam tangan masa depan yang pastinya unik dan futuristik. Penasaran seperti apa jam tangan di masa depan? Mari simak ulasan berikut.

Gaia Smartwatch

Jam multifungsi dengan konsep futuristik ini diperkenalkan oleh Cristian Tomas Moyano dari Argentina. Diberi nama GAIA Watch, jam ini dipersiapkan agar dapat diluncurkan pada tahun 2020. Diperkirakan pada tahun tersebut manusia akan semakin gencar melakukan perusakan terhadap lingkungannya. GAIA Watch menjadi salah satu solusi bagi permasalahan ini dengan mengukur taraf kesehatan lingkungan disekitar pemakainya dan menampilkannya secara langsung dalam bentuk jam tangan.

GAIA Watch akan dilengkapi dengan sensor tercanggih berukuran nano yang akan menganalisis kesehatan pemakainya hanya dari bagian kulit yang terkena jam tangan. Jam tangan ini juga dapat menampilkan efek yang telah diterima seseorang setelah ia berlari atau bersepeda. Kelak jam ini akan menjadi ‘asisten kesehatan’ virtual bagi banyak orang di dunia.

RITOT

Image via geekinsider.com

Jam yang dapat diproyeksikan barangkali memang akan merajai pasaran jam tangan dunia di masa yang akan datang. Jam dengan tipe seperti ini pula yang dipilih oleh Michael Medved sebagai rancangan jam futuristiknya. Uniknya jam bernama RITOT ini memiliki model yang sangat mirip dengan gelang super-trendy.

Disamping menampilkan waktu, RITOT dirancang dapat terkoneksi dengan smartphone Anda sehingga dapat memberikan notifikasi apabila terdapat SMS atau telepon masuk. Lebih jauh notifikasi email dan media sosial seperti facebook juga dipersiapkan agar bisa ditampilkan lewat jam tangan ini. Kalau sudah begini, tidak ada alasan ketinggalan notifikasi lagi ya sepertinya.

The Faraday Future ‘Extraordinary Timeteller’

Image via trendhunter.com 

Sesuai namanya, jam tangan satu ini benar-benar berbeda daripada jam tangan kebanyakan. Konsep futuristik yang diangkat terlihat dari cara meletakkan tampilan waktu dan tanggalnya. Jika pada jam konvensional kita harus mengangkat sedikit tangan kita untuk melihat jam dengan jelas, The Faraday Future dapat menghilangkan kebiasaan lama ini sebab layarnya dapat dilihat melalui sudut yang sangat pas dengan mata kita.

The Faraday Future ini didesain oleh Juneyoung Bee, salah satu desainer jam tangan terkemuka di Asia. Mengusung desain timeteller, jam tangan yang satu ini memiliki perpaduan nuansa masa lalu dan masa depan yang sangat kental. Sangat cocok bagi para penikmat desain jam tangan old time dengan sentuhan teknologi masa depan.

Rollerphone

Jika kamu membayangkan jam tangan masa depan memiliki layar yang benar-benar transparan maka imajinasi kamu sungguh tepat! Bahkan konsep jam tangan semacam itu telah berhasil dibuat oleh Alexey Chugunnikov. Jam tangan yang diberi nama Rollerphone ini pada dasarnya mengintegrasikan sebuah ponsel menjadi jam tangan dengan sentuhan layar transparan.

Rollerphone tak hanya dapat digunakan untuk menunjukkan waktu. Ia juga dapat digunakan layaknya ponsel masa kini. Mulai dari streaming audio/video, chatting online, membaca ebook, dan hal-hal lain yang dapat dilakukan oleh smartphone masa kini. Layar yang dimiliki oleh Rollerphone juga sangat fleksibel sehingga dapat menyesuaikan bentuk tangan saat menelepon seseorang.

CST-01

Image via YouTube

Pabrikan Central Standard Timing (CST) sejak beberapa tahun lalu sudah dikenal gemar memproduksi jam tangan unik dengan beragam konsep yang menarik. Salah satu jam tangan degnan konsep futuristik terbaik yang pernah dipasarkan pabrikan ini ialah CST-01. Jam ini diklaim sebagai salah satu jam tangan paling tipis yang pernah ada di dunia. Hanya 0.8 milimeter saja!

Meskipun tipis, CST-01 memiliki desain sederhana yang terkesan kekinian. CST-01 juga sudah menggunakan teknologi chargeable battery. Konon dengan lama waktu pengecasan 10 menit saja, jam paling tipis ini bisa bertahan hingga beberapa bulan kedepan. Umur baterainya pun diklaim bisa mencapai 15 tahun. Barangkali memang jam tangan seperti ini yang kita butuhkan di masa depan ya Sobat Pricebook?

Germain Baillot’s Concept

Image via watchrepairny.com

Jam tangan buatan Germain Baillot ini biasa dikatakan sebagai salah satu jam tangan dengan konsep desain paling futuristik yang pernah ada sejauh ini. Desainnya yang memadukan aspek aerodinamis, nuansa travelling, dan model engine terlihat sempurna dengan perpaduan warna yang apik. Jam ini pasti akan meledak di pasaran begitu sudah dirilis nanti.

Fitur terhebat dari jam yang satu ini ialah dapat menampilkan sedang di zona waktu mana kita berada. Bahkan apabila kita bepergian dari satu zona waktu ke zona waktu lain (misalnya dari zona waktu Indonesia timur ke zona waktu Indonesia barat), jam ini akan melakukan penyesuaian secara otomatis. Kamu yang sering bepergian jauh pasti sangat menginginkan jam seperti ini bukan?

Gregor Andoni’s Concept

Image via tuvie.com

Gregor Andoni berhasil memadukan kemajuan teknologi, aspek aksesibilitas, dan desain futuristik pada konsep jam tangan terbarunya. Mengusung model kotak konvensional, jam tangan yang dilengkapi dengan tampilan LED ini memiliki kombinasi warna silver dan cokelat yang sangat pas. Material pendukungnya juga tergolong cukup kuat karena tersusun dari campuran stainless steel dan logam.

Jam yang didesain sebagai smartwatch ini memiliki fitur-fitur canggih yang layak dimiliki oleh jam masa depan. Sebut saja fitur koneksi bluetooth dan kabel jack untuk sambungan headphone. Tak ayal jam berkapasitas 6GB ini dapat digunakan untuk menyimpan musik dan foto dalam jumlah yang cukup banyak. Kegiatan seperti berolahraga dan bersepeda pun jadi sangat mengasyikkan apabila ditemani oleh jam buatan Gregor Andoni ini. Siap-siap order ya kalau sudah rilis di pasaran!

Pada akhirnya jam tangan di masa depan haruslah dapat mempermudah kehidupan manusia. Desain memang penting sebagai visualisasi utama dari jam tersebut. Tetapi desain bisa saja terus berubah dan mengalami perubahan yang sangat cepat. Oleh karena itu dalam pemilihan jam tangan terutama di masa depan, kesesuaian fitur dengan kebutuhan haruslah menjadi preferensi utama sebelum membeli.

Baca juga artikel:
7 Desain dan Fungsi Mesin Cuci Futuristik Ini Keren Abis, Ada yang Buat Traveler Lagi!
7 Hape Konsep Masa Depan Ini Beneran Keren Kalau Bisa Dibeli!
Hape Kodak Ektra, Memadukan Konsep Kamera dan Mobile
Like us!
Arief Ardiansyah

Contributor

19 Posts