Diperbaharui pada Selasa, 18 Mei 2021 | 15:06

Sharp Aquos R6, Smartphone dengan Kamera 1 Inci!

Sharp Aquos R6

Perusahaan Jepang Sharp bocorkan smartphone terbaru mereka di pasaran. Model smartphone baru ini pun kabarnya mengusung teknologi kamera yang tidak lazim atau berbeda dengan sistem kamera smartphone flagship terbaru pada umumnya.

Adalah Sharp Aquos R6, hadir dengan sensor kamera terbesar yang pernah dilihat pada sebuah ponsel cerdas. Selain itu, Sharp juga memberikan kinerja refresh rate dinamis yang lebih tinggi daripada produk lain dikelasnya.

Tambahan teknologi Qualcomm 3D Sonic Max sebagai pemindai sidik jari di bawah layar, menambah deretan panjang teknologi apik yang diusung hp flagship ini.

Aquos R6 Dilengkapi Kamera Leica dengan Sensor Satu Inci

Sharp Aquos R6, Smartphone dengan Kamera 1 Inci

Aquos R6 kemungkinan besar hadir dengan sensor kamera smartphone sebesar satu inci. Masih ingat dengan Panasonic Lumix CM1 yang dipasarkan sebagai kamera komunikasi yang mampu menjalankan Android?

Model tersebut sukses menjadi ponsel cerdas pertama yang memiliki modul kamera dengan ukuran yang dibuat khusus untuk sebuah smartphone. Meski disisi lain Samsung juga sempat menelurkan Galaxy Zoom dengan model ponsel kamera besar.

Meskipun Sharp belum secara pasti mengkonfirmasi hal ini, namun kabar yang beredar menunjukan bahwa Aquos R6 dilengkapi dengan sensor satu inci IMX800 Sony.

Kabar lain juga menyebutkan sensor Sony satu inci IMX800 ini akan melakukan debutnya dengan seri Huawei P50.

Sepertinya akan menjadi pertarungan yang seru antara Sony dengan IMX800 dan juga Samsung dengan 50MP ISOCELL GN2 mereka , yaitu 1 / 1,12-inci.

Ini satu-satunya sensor di bagian belakang ponsel, mungkin karena perusahaan menganggapnya cukup untuk semua pengangkatan berat.

Kekurangannya adalah perangkat ini hanya menawarkan pembesaran digital.

Leica Summicron

Leica bekerja sama dengan Sharp pada sistem kamera, hal tersebut mengindikasikan bahwa perusahaan optik tersebut tidak lagi bekerja secara eksklusif dengan Huawei di ruang smartphone.

Sistem kamera satu inci ini memiliki karakter sudut lebar, dengan resolusi 20MP, aperture f / 1.9, dan panjang fokus 19mm.

Sharp juga menghadirkan lensa 7-elemen "Summicron" yang dibuat khusus untuknya oleh Leica.

Sharp mengklaim bahwa mereka hanya memiliki sepersepuluh distorsi pada lensa konvensional. Tentunya dengan ketentuan tersebut, Aquos R6 nantinya mampu menghasilkan gambar yang lebih tajam.

Sudut lensa jauh lebih lebar dibandingkan dengan kamera utama pada kebanyakan ponsel lain namun tetap tidak selebar kamera ultra wide.

Penempatan kamera memang terkesan memakan banyak ruang tetapi tidak terlalu tebal, disertai dengan keberadaan LED Flash dan modul waktu penerbangan.

Aquos R6 hadir dengan Pro IGZO OLED

Sharp Aquos R6 IGZO OLED

Aquos R6 menampilkan layar 6,6 inci dengan resolusi 2.730 x 1.260 serta memiliki kecepatan refresh setinggi 240Hz.

Kecepatan refreshnya dinamis dan dapat mencapai 1Hz, tergantung pada konten yang sedang ditampilkan. Layar memiliki kecerahan puncak 2.000 nits.

Ponsel ini juga merupakan salah satu smartphone pertama yang menampilkan pembaca sidik jari ultrasonik 3D Sonic Max yang diumumkan oleh Qualcomm pada Desember 2019.

Ponsel ini hadir dengan peningkatan yang dapat membaca dua sidik jari sekaligus untuk keamanan yang lebih baik.

Meski banyak teknologi baru, Sharp tetap membuat Aquos R6 tidak mengurangi spesifikasi intinya. 

Ponsel ini ditenagai chipset unggulan Snapdragon 888 yang dipadukan dengan RAM LPDDR5 12 GB dan penyimpanan UFS 3.1 128 GB, yang dapat diperluas hingga 1 TB.

Qualcomm 3D Sonic Max

Kamera depan 12MP dengan tambahan baterai sebagai suplay tenaga sebesar 5000mAh. Aquos R6 juga memiliki jack headphone dan tentunya sudah menjalankan Android 11.

Di atas kertas, Sharp Aquos R6 terdengar seperti salah satu smartphone terbaik tahun ini. Sayangnya, muncul kabar kemungkinan ponsel pintar ini hanya akan dirilis di Jepang.

Meskipun demikian, ini memberikan gambaran tentang apa yang akan datang dari produsen smartphone asal Jepang ini.

Ponsel ini rencananya akan dikirim pada bulan Juni berikut dengan detail harganya. Pilihan warna hanya terdapat 2 versi yakni hitam dan putih.

Like us!
Imam Ali

Content Writer

1662 Posts

Berbekal photography dan multimedia desain membuka jalan ke perusahaan konsultan cekindo.com. Awali karir jurnalistik di Majalah Chip Foto Video. Ketertarikan pada teknologi dan gadget berkembang ke Majalah Chip dan Chip.co.id, mulai dari review gadget dan peripheral PC, berlanjut ke Tabloid Sinyal dan SinyalMagz. Hobi otomotif memberi kesempatan bekerja di Agency mengawal konten otomotif. Di Pricebook, membuat beragam artikel terkait news, ulasan dan review serta info pasar yang berbasis SEO.