Diperbaharui pada Jumat, 29 Juni 2018 | 11:01

Qualcomm Resmi Luncurkan Tiga Chipset Mobile Snapdragon Terbaru

snapdragon 632
via xda-developers.com

Belum lama ini, Qualcomm merilis tiga seri chipset terbaru dari lini produk Snapdragon 600 Series dan Snapdragon 400 Series. Masing-masing chipset mobile tersebut adalah Qualcomm Snapdragon 632, Snapdragon 439, dan Snapdragon 429.

Masing-masing chipset Qualcomm Snapdragon di atas memiliki keunggulan di sektor performa, efisiensi daya, grafis yang lebih baik serta kemampuan kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI).

Adapun, kemampuan dari masing-masing chipset akan digunakan oleh lebih dari 1.350 perangkat komersil pada lini Snapdragon 600 series dan lebih dari 2.300 perangkat dari lini Snapdragon 400 series.

Nah, penasaran dengan kemampuan masing-masing chipset Qualcomm Snapdragon tersebut? Mari kita lihat informasi selengkapnya!

Qualcomm Snapdragon 632

Qualcomm mengklaim bahwa chipset Snapdragon 632 siap memberikan pengalaman seluler yang paling dibutuhkan dan dicari pengguna smartphone. Chipset ini siap memberikan pengalaman gaming mainstream, kecerdasan buatan, pengambilan video pada resolusi 4K, dan kemampuan konektivitas LTE yang jauh lebih cepat.

Tentunya, semua fitur di atas pun bisa dinikmati melalui harga yang lebih terjangkau. Diproduksi melalui teknologi FinFET, chipset Qualcomm Snapdragon 632 sanggup menyuguhkan kecepatan performa yang meningkat sebanyak 40% berkat adanya perpaduan antara CPU Qualcomm Kryo 250 dan GPU Qualcomm Adreno 506.

Sementara itu, para produsen bisa menyematkan kamera tunggal dengan resolusi 24 MP atau kamera ganda yang masing-masingnya mempunyai resolusi 13 MP. Beralih ke sektor layar, produsen bisa menawarkan dukungan display dengan resolusi hingga FHD+.

Sedangkan konektivitas akan didukung oleh modem X9 LTE yang dilengkapi teknologi LTE Advanced seperti carrier aggregation.

Qualcomm Snapdragon 439 dan 429

Seri lainnya adalah Snapdragon 439 dan 429. Kedua prosesor ini diciptakan untuk konsumen yang peduli pada harga sebuah perangkat, dilengkapi dengan kemampuan AI, peningkatan kamera, suara serta keamanan. Kedua chipset diproduksi melalui teknologi proses FinFET dengan performa CPU dan efisiensi daya yang meningkat hingga 25%.

Selain itu, keduanya pun sudah didukung oleh modem X6 LTE, termasuk CPU octa-core dan GPU Adreno 505 untuk peningkatan rendering grafis lebih cepat hingga 20% pada Snapdragon 439 dan GPU Adreno 503 untuk tingkatkan rendering grafis hingga 50% pada Snapdragon 429.

Kedua chipset Qualcomm Snapdragon 400 Series juga memiliki kemampuan kamera yang handal. Untuk Snapdragon 429, ia mampu dijejali kamera tunggal beresolusi 16 MP atau kamera ganda 8 MP dengan tampilan display beresolusi HD+. Sementara itu, Snapdragon 439 mendukung kamera tunggal 21 MP dan kamera ganda 8 MP + 8 MP dengan resolusi layar FHD+.

Kabarnya, perangkat komersil yang didukung oleh ketiga chipset di atas bisa tersedia di pasaran pada pertengahan tahun 2018 ini. Tentunya, sederet hp kelas bawah dan menengah akan semakin prima karena didukung oleh chipset mobile terbaru dari Qualcomm yang lebih bertenaga dan hemat daya tersebut.

Like us!
Ardiansyah Hana

Contributor

787 Posts