Diperbaharui pada Selasa, 4 Oktober 2022 | 11:29

10 Situs Membuat CV Online dengan Desain Profesional

Situs Resume BuilderFoto: Pexels

CV atau Curriculum Vitae adalah salah satu dokumen penting untuk melamar kerja. Memiliki CV yang bagus dengan informasi yang singkat dan padat sangat dianjurkan, agar HRD mudah memahami kemampuan dan pengalaman kita dengan cepat.

Selain kemampuan dan pengalaman kerja yang disebutkan di dalam CV, desain yang rapi dan menarik juga bisa menjadi salah satu faktor yang membuat HRD tertarik. Kini tersedia layanan membuat CV online dengan template gratis dan berbayar.

Dengan memanfaatkan layanan dari situs pembuat CV online, kita bahkan bisa membuat CV langsung dari perangkat smartphone, karena selain situs, layanan ini juga biasanya tersedia dalam aplikasi.

Bahkan melalui hp saja Anda sudah bisa membuat CV yang menarik. Apalagi beberapa situs pembuat CV ini juga menyediakan aplikasinya yang bisa di unduh secara gratis.

Situs Membuat CV Online Terbaik

Situs Resume BuilderFoto: Pexels

Membuat CV biasanya dilakukan di komputer atau laptop secara manual dengan mengetik di word document. Kini hal tersebut bisa dilakukan dengan memanfaatkan layanan dari situs pembuat CV online.

Terdapat dua jenis layanan pembuat CV online, yaitu yang gratis dan berbayar. Pada versi gratis, biasanya hanya tersedia beberapa template sederhana, sementara yang berbayar, menawarkan lebih banyak variasi desain sesuai dengan profesi yang dilamar.

Namun bila kebutuhannya tidak terlalu spesifik, pilihan yang gratis sudah cukup. Berikut ini beberapa rekomendasi situs membuat CV online yang bisa dicoba.

1. Canva

Canva adalah situs desain grafis yang juga bisa digunakan untuk membuat CV. Di Canva terdapat berbagai template CV bahasa Inggris yang bisa diedit dengan mudah. Anda dapat mengganti font, tata letak, dan menambahkan foto tanpa repot.

Template yang kreatif dengan desain beragam membuat Canva cocok untuk Anda yang ingin mendaftar ke perusahaan yang bergerak di bidang media kreatif seperti majalah, fotografi, event organizer, dan sebagainya.

Keunggulan utama Canva adalah memiliki aplikasi Android dan iOS sehingga Anda bisa mengedit dengan HP saja.

Canva pun bisa digunakan secara gratis. Walaupun ada beberapa fitur berbayar, dengan versi gratis pun Anda bisa membuat CV yang menarik, menyimpannya di akun Anda, dan mendownload CV dengan format pdf, docx, dan jpg.

Selain itu, Anda juga bisa membagikan link ke CV Anda.

2. Zety

Zety adalah situs resume builder yang sangat fleksibel. Pilihan customization Zety lebih banyak dibandingkan situs lainnya sehingga Anda bisa leluasa mendesain CV sesuai keinginan.

Mulai dari warna, jenis dan ukuran font, spasi antar baris, dan lain-lain bisa diganti dengan mudah. Di Zety Anda juga bisa menambahkan link ke media sosial.

Misalnya, LinkedIn untuk referensi lebih jauh, atau Twitter, Facebook, dan Instagram untuk Anda yang mendaftar lowongan kerja bidang marketing media sosial.

Situs ini juga menawarkan tips-tips dan contoh cara menulis CV dan dokumen lainnya yang sering digunakan saat melamar kerja.

Kekurangan Zety adalah CV yang Anda buat tidak bisa langsung didownload. Tapi, Anda bisa membuat link ke CV Anda. Buka link tersebut dan download CV dari situ.

3. Kickresume

Kickresume menawarkan banyak template CV dan cover letter serta opsi membuat situs resume. Kekurangannya adalah pilihan customization kurang sehingga Anda kurang bisa mengedit template yang ada.

Selain itu, kebanyakan fitur utama Kickresume berbayar. Untuk bisa mengaksesnya secara leluasa, Anda perlu membayar 19 USD per bulan atau 96 USD per tahun. Cukup mahal terutama untuk fresh graduate.

4. Visual CV

Untuk menggunakan Visual CV Anda perlu membuat akun terlebih dulu. Setelah itu, Anda bisa mengakses beberapa template dan desain CV yang tersedia.

Cukup mudah untuk mengedit CV di sini tetapi untuk pilihan desain terbatas. Jika Anda hanya memerlukan CV sederhana dalam waktu yang kilat, Anda bisa menggunakannya.

5. Indeed

Indeed sebetulnya adalah situs pencarian info loker. Tetapi di sini juga ada alat untuk membuat CV sederhana secara gratis.

Kemudian Anda bisa mengunduhnya dalam bentuk PDF atau membagikan link ke CV. Kekurangannya adalah Anda tidak bisa banyak mengedit CV yang Anda buat melalui Indeed.

6. Cultivated Culture

Situs ini menawarkan alat pembuatan CV yang benar-benar gratis tanpa ada konten berbayar. Cultivated Culture juga sangat mudah digunakan bahkan untuk Anda yang gaptek sekalipun.

Anda cukup mengisi format CV yang tersedia saja, kemudian mengunduh CV yang Anda buat dalam format pdf, txt, atau Google Drive.

7. Resume Genius

Resume Builder adalah situs yang sangat mudah digunakan apalagi untuk membuat CV berbahasa Inggris. Anda tinggal menjawab beberapa pertanyaan mengenai pendidikan dan pengalaman Anda dan situs ini akan membuat CV yang sesuai dengan informasi yang Anda berikan. 

Resume Genius memiliki opsi berbayar, yang paling murah seharga 1.95 USD untuk 2 minggu. Tetapi, Anda juga bisa mengklik link yang akan membawa Anda ke CV untuk diunduh secara gratis dalam format txt.

8. My Perfect Resume

Dengan menggunakan layanan di My Perfect Resume, Anda bisa mengedit CV secara gratis dan menambahkan bagian-bagian seperti pencapaian dan afiliasi. Setelah selesai, Anda bisa mengunduh resume secara gratis dengan mengklik menu Download.

9. Novoresume

Untuk menggunakan situs ini, Anda harus membuat akun gratis. Novoresume adalah situs yang akan membantu Anda menambahkan informasi penting yang mungkin terlewat seperti info kontak, pencapaian, dan sebagainya.

Jadi tidak akan ada informasi yang Anda lewatkan. Setelah selesai, Anda bisa mendownload CV dalam format pdf.

10. Hloom

Hloom menyediakan beberapa template CV secara gratis. Selain itu, situs ini juga memberikan contoh dan format summary statements yang tinggal Anda isi sesuai kualifikasi Anda. Jika sudah selesai, tinggal mengklik menu Download untuk mengunduh resume Anda.

Tips Menghadapi Interview Kerja

Foto: Pexels

Setelah Anda mempunyai referensi situs-situs resume builder atau pembuat CV online yang bisa Anda gunakan untuk membuat CV yang profesional, selanjutnya adalah mempersiapkan diri menghadapi interview atau wawancara.

Selain memiliki CV yang menarik, tahap wawancara atau interview adalah penentu utama. Sesi wawancara ini terkadang masih menjadi ketakutan banyak pelamar kerja, sehingga menjadi grogi dan gugup, lalu hasil wawancaranya tidak memuaskan.

Wajar sekali gugup menghadapi interview dengan HRD. Tapi, jika sudah menyiapkan dengan baik, kita tidak perlu takut menghadapi wawancara. Berikut tips yang bisa Anda ikuti supaya siap dalam menghadapi interview kerja.

1. Buat Persiapan yang Matang

Pastikan bahwa Anda mengetahui dengan baik job description posisi yang Anda lamar dan juga tentang perusahaan tersebut. 

HRD sering kali bertanya mengenai alasan Anda melamar dan ekspektasi Anda mengenai posisi yang dilamar. Usahakan bahwa jawaban Anda sesuai dan menunjukkan minat.

Misalnya, visi misi dan bidang perusahaan harus sesuai dengan apa yang ingin Anda capai dalam perkembangan karir Anda, atau pengalaman dan pendidikan Anda sesuai dengan posisi yang dilamar.

2. Bersikap Komunikatif

Saat menjawab pertanyaan, usahakan bahwa Anda menceritakan hal-hal yang tidak ada di CV. Karena HRD pasti sudah membaca CV dan ingin mengetahui lebih lanjut.

Misalnya, saat ditanyakan tentang pengalaman, ceritakan dengan detail apa yang sudah Anda pelajari dari pengalaman tersebut. Tapi jangan terlalu banyak karena akan membuat bosan.

3. Bertanya Kepada HRD

Setelah wawancara, biasanya HRD akan memberikan kesempatan untuk Anda bertanya. Anda bisa menggunakan kesempatan ini untuk menunjukkan minat Anda terhadap perusahaan dan posisi yang dilamar.

Misalnya, Anda bisa menanyakan ekspektasi perusahaan terhadap karyawan yang baik dalam posisi tersebut atau budaya kerja di sana. Semoga tips ini membantu dan selamat mencoba!

Like us!
Restu Aji Siswanto

Content Writer

1203 Posts

Gemar mengikuti perkembangan teknologi gawai, baik yang rilis di Indonesia maupun yang tidak masuk pasar lokal. Ketertarikan pada teknologi dan gawai menjadi motivasi untuk terus memberikan informasi, rekomendasi, dan tips berbelanja seakurat mungkin, melalui artikel dan ulasan produk.