Diperbaharui pada Kamis, 2 Desember 2021 | 14:05
Cara Membuat Blog Gratis di Blogger dan Wordpress

cara membuat b;og di wordpressFoto: Pixabay

Saat ini, menjadi blogger merupakan sebuah peluang yang tidak bisa lagi dipandang sebelah mata. Sebagai contoh, bermula dari hobi jalan-jalan dan keinginan untuk menulis, banyak travel blogger yang akhirnya sukses membesarkan blog mereka hingga akhirnya mampu meraup uang dalam jumlah yang besar. 

Belum lagi, kepopuleran blog yang dikelola bisa membuka pintu pemasukan lainnya. Bisa dibilang kalau peluang menjadi blogger membutuhkan modal yang sangat minim, apalagi mengingat bahwa cara membuat blog juga tidak sulit, bahkan gratis.

Menulis untuk blog juga sangat mudah dan bisa dilakukan melalui smartphone atau laptop. Nah, jika kamu sudah mantap untuk mencoba menjadi blogger atau ingin mendapatkan informasi bagaimana cara membuat blog, kamu bisa lanjut membaca artikel ini. 

Cara memilih Hosting dan Domain

cara membuat blog di blogger.comFoto: Pixabay

Salah satu hal penting yang perlu kamu ketahui sebagai calon blogger adalah mencari hosting dan domain. Duo ini saling berkaitan, sehingga sulit untuk tidak membicarakan hosting tanpa menyinggung domain, atau sebaliknya. 

Secara garis besar, domain merupakan nama blog kamu, dengan akhiran .com, .co.id, .net, dan sebagainya. Biasanya, blog menggunakan akhiran .com, misalnya NamaBlogKamu.com. Domain bisa didapatkan dengan membayar.

Sementara itu, hosting merupakan “wadah” atau “ruang” untuk menyimpan seluruh sumber daya serta data penting terkait dengan blog kamu, agar bisa online dan dapat diakses dengan semestinya. Berbeda dengan do,ain, hosting bisa didapatkan secara gratis.

Ada berbagai penyedia layanan hosting yang bisa kita temukan di Indonesia dengan metode langganan dan paket. Hosting yang paling populer adalah Blogger.com dan Wordpress.

Hosting sendiri sebenarnya tidak selalu identik dengan blog atau aktivitas tulis menulis, karena ada juga layanan hosting untuk gambar, video dan lain sebagainya.

cara membuat blog di blogger.comFoto: Pixabay

Biasanya, jika berlangganan paket layanan hosting tertentu, kamu bisa mendaftarkan domain secara gratis untuk tahun pertama, atau sesuai dengan penawaran yang ditentukan oleh penyedia jasa hosting tersebut.

Karena hosting sangat berkaitan erat dengan seluruh isi atau konten blog, serta menentukan kemudahan dan kecepatan pengunjung dalam mengaksesnya, tentu kamu perlu memilih penyedia layanan hosting yang benar-benar handal, profesional, dan terpercaya. 

Untuk membantu Anda memilih paket hosting yang ideal, pertimbangkan beberapa faktor penting berikut ini:

  1. Tentukan berapa kapasitas dan sumber daya yang dibutuhkan. Untuk blog baru yang belum mendapatkan banyak kunjungan, paket paling basic dari penyedia hosting manapun biasanya sudah memadai. Nantinya kamu bisa ganti paket sesuai dengan perkembangan blog dan pertumbuhan angka pengunjung.
  2. Lokasi server sesuai target pembaca. Maksudnya, pilih lokasi server yang paling dekat dengan segmen pembaca yang kamu tentukan. Contohnya, untuk pembaca Indonesia, server Indonesia atau Singapura lebih direkomendasikan dibandingkan server Australia.
  3. Fitur yang ditawarkan paket hosting dan sesuaikan dengan kebutuhan.
  4. Kualitas pelayanan yang diberikan penyedia layanan hosting.
  5. Cek dan verifikasi kredibilitas penyedia layanan hosting.
  6. Sesuaikan paket dengan budget yang dimiliki dan pilihan metode pembayaran yang beragam agar kamu bisa memilih opsi yang paling mudah.

Setelah memutuskan hosting dan domain, selanjutnya adalah mulai membuat blog. Kamu bisa menggunakan dua layanan hosting blog populer saat ini yaitu Blogger.com atau Wordpress.

Cara Membuat Blog di Blogger.com

cara membuat blog di bloggerFoto: Blogger.com

Kamu bisa membuat blog di platform seperti Blogger. Oh iya, membuat blog di Blogger.com ini gratis, jadi nantinya kamu akan menggunakan domain NamaBlogKamu.blogspot.com atau NamaBlogKamu.blogspot.co.id.

Cara membuat blog di Blogger.com, sangat mudah dan kamu bisa mengikuti langkah-langkahnya berikut ini.

  1. Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah membuka situs Blogger.com. Biasanya, bahasa yang digunakan pada halaman sudah diatur secara otomatis mengikuti lokasi, jadi bisa dalam bahasa Inggris, atau bahasa Indonesia.
  2. Setelah halaman Blogger terbuka, klik tombol "Masuk" atau "Buat Blog". Nantinya, kamu akan dibawa ke halaman login Google. Karena itu, pastikan kamu sudah memiliki akun Google (Gmail), ya! Pasalnya, Blogger adalah salah satu produk yang dikelola oleh Google.
  3. Kalau sudah punya akun Google, masukkan username dan password pada kolom yang sudah tersedia. Klik tombol "Berikutnya".
  4. Mulai dari langkah ini, kamu sudah memasuki pengaturan dari Blogger. Pertama, kamu perlu mengatur nama display di Blogger dan klik tombol "Lanjutkan ke Blogger".
  5. Pada halaman berikutnya, masukkan judul blog kamu serta alamatnya. Pilih tema yang ingin kamu gunakan, lalu klik tombol "Buat Blog". Soal tema, tidak perlu khawatir karena nanti kamu bisa mengubahnya lewat pengaturan blog.
  6. Blog kamu di Blogger sudah siap, dan kamu bisa mulai membuat postingan atau melakukan pengaturan lain lewat menu yang ada di sebelah kiri layar!

Cara Membuat Blog di Wordpress

cara membuat blog wordpressFoto: Wordpress

Walau pun sama populernya dengan Blogger, namun Wordpress lebih banyak digunakan karena fitur-fiturnya yang lebih lengkap, bahkan tidak sedikit perusahaan atau e-commerce yang menggunakan platform ini untuk basis website mereka.

Lalu bagaimana cara membuat blog di platform Wordpress? Nah, berikut langkah-langkahnya.

  1. Buka Wordpress.com dan klik tombol "Daftar" atau "Mulai website Anda".
  2. Masukkan informasi yang dibutuhkan untuk mendaftar di Wordpress pada kolom yang sudah disediakan, yaitu alamat email, username, dan password, kemudian klik tombol "Buat akun Anda". Atau, kamu juga bisa membuat akun Wordpress dengan akun Google atau Apple.
  3. Pada halaman berikut, tentukan apa tujuan blog Anda nantinya: Blog Pribadi, Bisnis untuk promosi produk dan layanan, Profesional untuk portofolio, atau Toko Online alias e-commere. Pilih Blog.
  4. Masukkan apa topik blog yang ingin kamu kelola nantinya, misalnya makanan, wisata, blogging, fotografi, dan sebagainya.
  5. Di halaman berikutnya, kamu bisa temukan preview atau pratinjau blog berdasarkan opsi yang sudah ditentukan sebelumnya. Kamu masih bisa mengubahnya nanti. Pada halaman ini, kamu cukup masukkan nama blog dan klik tombol "Lanjutkan".
  6. Masukkan domain yang kamu inginkan. Kamu bisa sekaligus pilih domain yang diinginkan, atau pilih dulu domain gratis, misalnya NamaBlogKamu.wordpress.com.
  7. Pada halaman berikutnya, kamu akan diminta untuk memilih jenis layanan berlangganan dari Wordpress: Personal, Premium, Bisnis, dan eCommerce. Kalau Anda ingin layanan yang gratis, klik link "Mulai dengan situs gratis".
  8. Blog baru kamu di Wordpress sudah jadi dan kamu bisa mengubah pengaturannya, tema, atau membuat postingan baru dari menu yang ada di sebelah kiri layar.

Kelebihan dan Kekurangan Blog Gratis

Walau secara umum Blogger dan Wordpress versi gratis sudah cukup bagus dan dapat mewadahi hobi menulismu dengan fitur-fiturnya yang bermanfaat, namun blog gratis tetap memiliki berbagai kekurangan juga.

Berikut ini merupakan kelebihan dan kekurangan dari blog gratis.

Kelebihan:

  • Proses pembuatan blog yang mudah hanya dengan menggunakan akun email. Pengaturan yang tersedia juga sangat sederhana sehingga sangat ideal digunakan oleh pemula sekalipun. SEO-nya juga mudah dipahami.
  • Meskipun gratis, blog kamu akan tetap aktif selamanya.
  • Bisa di-upgrade menjadi blog berbayar kapan saja.
  • Tetap bisa menghasilkan uang karena blog gratisan tetap bisa di-monetize untuk mendapatkan uang dari program periklanan seperti Google Adsense.

Kekurangan:

  • Aturan yang mengikat dari platform blog yang digunakan, Blogger maupun Wordpress. Pasalnya, blog gratis pada dasarnya “menumpang” domain mereka, yang merupakan domain utamanya.
  • Tidak memiliki kesan profesional.
  • Untuk kebutuhan bisnis, profesional, atau e-commerce, blog gratisan kurang kredibel.
  • Tidak ideal untuk strategi pemasaran atau branding.

Kelebihan dan Kekurangan Blog Berbayar

Blog berbayar memberikan lebih banyak fitur bila dibandingkan dengan versi gratisnya. Fitur-fitur yang lebih lengkap dapat membantu kamu untuk membuat halaman blog yang berualitas dan memiliki performa yang baik.

Namun, tidak selamanya blog berbayar memberikan kelebihan, karena pasti juga ada kekurangannya. Nah, berikut ini kelebihan dan kekurangan dari blog berbayar.

Kelebihan:

  • Memiliki kesan yang lebih kredibel, profesional, dan terpercaya karena blog memiliki domain sendiri, bukannya menumpang pada domain utama milik platform blogging yang digunakan.
  • Mendapatkan otoritas penuh karena menggunakan domain sendiri.
  • Memiliki fitur webmail, sehingga alamat email yang digunakan akan diakhiri dengan domain sendiri. Contohnya; Kontak@IniBlogSaya.com.
  • Memiliki kebebasan untuk mengatur blog sesuka hati, seperti pemasangan plugin, tema, script, bahkan hingga program periklanan di luar Google Adsense. 

Kekurangan:

  • Paket hosting yang digunakan sangat menentukan berapa banyak konten dan traffic yang dapat di-handle.
  • Pemilik blog harus mengelola sendiri blognya dari semua aspek.
  • Kurang ideal untuk blogger pemula, terutama yang masih belajar.

Nah, setelah mengetahui cara membuat blog di Blogger.com dan Wordpress, mana yang akan kamu pilih sebagai tempat untuk menuangkan tulisanmu? Apapun pilihannya, semoga artikel ini bermanfaat ya, selamat menulis!

Like us!
Restu Aji Siswanto

Content Writer

924 Posts

Gemar mengikuti perkembangan teknologi gawai, baik yang rilis di Indonesia maupun yang tidak masuk pasar lokal. Ketertarikan pada teknologi dan gawai menjadi motivasi untuk terus memberikan informasi, rekomendasi, dan tips berbelanja seakurat mungkin, melalui artikel dan ulasan produk.