Diperbaharui pada Senin, 27 Desember 2021 | 14:10
Cara Membuat Channel YouTube untuk Pemula

cara membuat channel youtubeFoto: Pixabay

Mempunyai channel Youtube dewasa ini telah menjadi tren bagi individu atau kelompok, karena selain bisa berkreasi, Youtube juga bisa menghasilkan uang dengan praktis.

Tapi untuk bisa menghasilkan uang melalui Youtube, ada beberapa hal yang perlu dilakukan. Pertama, kamu harus punya akun Google terlebih dahulu, karena ini persyaratan utama untuk membuat channel Youtube.

Setelah memiliki channel Youtube-mu sendiri, kamu bisa mulai membuat konten yang menarik dan mengunggahnya untuk menambah jumlah subscriber dan video view.

Cara Membuat Channel Youtube dari PC

Cara Membuat Channel YoutubeFoto: Google

Cara membuat channel Youtube bisa dilakukan melalui hp, PC atau laptop. Untuk membuat channel Youtube baru, terdapat beberapa langkah yang harus kamu lakukan terlebih dahulu.

Pada bagian ini, kami akan menjabarkan cara bikin channel Youtube dari PC atau laptop dengan langkah-langkah detil yang sangat mudah dilakukan. Yang perlu kamu persiapkan hanya laptop atau PC yang terhubung dengan jaringan internet. Beriktu caranya.

1. Buat Akun Google Terlebih Dahulu

Karena Youtube adalah layanan berbagi video milik Google, kamu harus mempunyai akun Google. Bagi yang sudah mempunyai bisa langsung login. Namun bagi yang belum silakan membuat akun Gmail.

Pendaftarannya mudah dan cuma sebentar. Setelah mempunyai akun Google silakan buat akun Youtube. Sebelumnya perlu diketahui bahwa akun Youtube dan channel Youtube itu berbeda.

Akun Youtube adalah akun yang kamu buat memakai akun Google, dan akan menjadi akun bawaan untuk mengakses Youtube, login dan logout. 

Sedangkan channel Youtube adalah saluran untuk brand yang berisi konten video-video kamu, dan bisa diatur sesuai keinginan. JIka sudah paham berikut cara membuat akun Youtube :

  • Buka situs Youtube.com 
  • Lalu login dengan akun Google yang sudah kamu buat tadi di pojok sebelah kanan pada kotak biru
  • Selamat, akun Youtube kamu sudah jadi!

2. Login ke situs Youtube

Setelah membuat akun Google, buka situs Youtube dari browser PC atau laptop, lalu klik 'Login' yang berada di pojok kanan atas, untuk masuk ke akun Google, lalu cari akunmu dan klik akun tersebut.

Setelah itu, pilih 'Buat Channel' atau 'Create Channel' bila kamu menggunakan Bahasa Inggris pada PC atau laptopmu. Nantinya, akan muncul jendela pop-up yang dapat kamu gunakan untuk memilih nama channel sesuai akun Google.

Bila menginginkan nama akun yang berbeda dari akun Google, kamu juga bisa melakukannya dengan memilih opsi nama custom. Tukiskan nama yanhg kamu inginkan dan klik centang pada 'Syarat dan Ketentuan', lalu klik 'Buat'.

3. Tentukan Jenis Channel Youtube

Channel Youtube dapat digunakan secara pribadi, atau untuk bisnis. Yang membedakan keduanya adalah jumlah orang yang memiliki akses pada channel tersebut.

Berikut cara membuat channel Youtube untuk pribadi dan bisnis.

Channel Youtube Pribadi

  • Login ke akun Youtube yang sudah jadi.
  • Klik ikon channel di pojok kanan yang berupa foto profil lalu klik ikon setting.
  • Setelahnya akan muncul dashboard atau ikhtisar kemudian klik create a channel .
  • Muncul konfirmasi untuk nama channel kamu, klik dan selamat channel kamu sudah jadi.
  • Selesai dan kamu bisa mulai mem-posting video-videomu.

Channel Youtube Bisnis

Untuk membuat channel Youtube khusus bisnis sebenarnya hampir sama dengan channel Youtube pribadi. Sekadar info, channel bisnis adalah channel yang bisa dikelola secara bersama-sama.

Itu artinya pengguna selain kamu bisa mengakses masuk keluar akun, dalam hal ini akun bisnis. Channel bisnis ini kebanyakan untuk kepentingan bersama terutama untuk kepentingan perusahaan atau kelompok.

Berikut cara membuat channel Youtube bisnis:

  • Login ke akun Youtube.
  • Buka daftar channel yang sudah kamu buat.
  • Pilih antara membuat channel baru atau menggunakan akun bisnis yang sudah ada.
  • Apabila ingin membuat channel baru klik create a new channel.
  • Apabila membuat dengan menggunakan akun bisnis yang sudah ada, kamu tidak bisa membuat yang baru, dan secara otomatis akan dialihkan ke channel yang sudah ada.
  • Isi detail untuk memberi nama channel baru dan verifikasi akun dengan klik selesai.
  • Apabila ingin menambah pengelola channel silakan ikuti petunjuk untuk mengubah pemilik dan pengelola channel

Cara Membuat Channel Youtube dari Hp

Cara Membuat Channel YoutubeFoto: Google

Selain membuat channel Youtube dari PC atau laptop, kamu juga bisa membuatnya melalui perangkat smartphone atau hp dengan langkah-langkah awal yang kurang lebih sama, yaitu dengan membuat akun Google terlebih dahulu.

Terdapat dua cara untuk membuat channel Youtube dari hp, yaitu dengan membuka situs Youtube di browser, atau langsung membukanya dari aplikasi Youtube. Pastikan channel Youtube sudah tersambung dengan akun Google.

Untuk memulainya, klik ikon akun yang berada di pojok kanan atas, lalu pilih opsi 'Your Channel'. Setelah muncul jendela pop-up, isi nama channel yang kamu ingin buat, lallu klik 'Create Channel'. Selesai. Cepat dan mudah.

Ketika channel Youtube kamu, baik pribadi maupun bisnis sudah jadi, tentu kamu akan memonetisasinya melalui Google Adsense. Sebelum memonetisasi akun Youtube dengan Adsense ada beberapa peraturan yang harus kamu ikuti, yaitu:

  • Jam tayang channel yang dimonetisasi setidaknya 4000 jam dalam 12 bulan sebelumnya
  • Minimal jumlah subscriber 1000 pelanggan
  • Video yang diunggah tidak boleh melanggar hak cipta dan harus seusai standar Youtube

Supaya kamu bisa mengatur penerbitan konten dan monetisasi, kamu bisa menggunakan salah satu aplikasi Youtube bernama Youtube Studio. Selain itu di Youtube Studio kamu bisa memfilter, memonitor, merespons komentar, meng-update, dan mengatur playlist.

Nah, itulah cara membuat channel Youtube untuk pemula. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan channel Youtube-mu terus berkembang, ya. Selamat berkreasi sebagai Youtuber!

Like us!
Restu Aji Siswanto

Content Writer

924 Posts

Gemar mengikuti perkembangan teknologi gawai, baik yang rilis di Indonesia maupun yang tidak masuk pasar lokal. Ketertarikan pada teknologi dan gawai menjadi motivasi untuk terus memberikan informasi, rekomendasi, dan tips berbelanja seakurat mungkin, melalui artikel dan ulasan produk.