Diperbaharui pada Selasa, 23 Februari 2021 | 13:17

Cara Membuat Memo dan Catatan di WhatsApp

Oleh Suci Risanti

Foto: Pixabay

Pada saat tertentu, mungkin kamu menemukan catatan atau pesan penting dari orang lain di WhatsApp dan ingin menyimpannya.

Namun, karena aplikasi WhatsApp tidak menyediakan fitur Note to Self, maka biasanya pengguna WhatsApp perlu menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk menyimpan catatan tersebut seperti note dan lainnya.

Beberapa orang juga mengandalkan fitur "Bintang" di aplikasi WhatsApp, yang fungsinya pun bisa untuk menyimpan pesan. Sayangnya, fitur bintang ini hanya dapat menyimpan pesan dengan jumlah yang terbatas.

Nah, kini para pengguna WhatsApp tidak perlu ribet lagi untuk membuat memo atau menyimpan pesan penting menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Kami memberikan dua cara untuk menyimpan pesan penting atau membuat memo pada aplikasi WhatsApp, dimana pengguna dapat mengirim pesan ke nomor diri sendiri. 

Salah satu keuntungannya, chat tersebut bisa di-backup, sehingga kamu tidak perlu khawatir jika chat tersebut tidak sengaja terhapus.

Cara Membuat Memo di WhatsApp Lewat Browser

Cara ini sangat berguna untuk menyimpan atau menemukan materi dengan mudah bagi kamu yang sedang diskusi atau belajar online melalui WhatsApp. Kira-kira bagaimana ya caranya? Simak berikut ini.

1. Buka Browser pada Smartphone

Cara yang pertama, buka browser pada smartphone, seperti Google Chrome, Mozilla Firefox, dan lainnya. Sebagai contoh, kami menggunakan Google Chrome.

2. Ketik wa.me/NomorWhatsApp di Address Bar

Cara selanjutnya, kamu dapat mengetik wa.me/NomorWhatsApp di address bar dan pastikan juga untuk mengganti angka 0 menjadi 62, yang merupakan kode nomor telepon di Indonesia. Sebagai contoh, wa.me/62823XXX.

3. Klik ‘Continue to Chat’

Setelah mengetik format tersebut, kamu akan diarahkan ke halaman khusus WhatsApp yang terdapat fitur tap message atau ‘Continue to Chat’ untuk membuka pesan dan mengirim pesan ke nomor diri sendiri.

Pesan yang dikirim akan ditandai dengan centang biru sebagai tanda kamu sendiri sudah membacanya, bahkan pesan ini juga bisa kamu kirim dalam keadaan offline.

2. Cara membuat Memo di WhatsApp dengan Menyimpan Nomor Telepon 

Cara berikutnya, kamu dapat menyimpan nomor telepon diri sendiri pada kontak smartphone, yang kemudian nomor tersebut akan tersimpan dan muncul pada aplikasi WhatsApp.

Dengan begitu, kamu dapat membuat memo seperti menyimpan pesan-pesan penting, yang dapat kamu kirimkan melalui chat ke diri sendiri.

Kedua cara tersebut mempermudah untuk menemukan memo yang telah kamu simpan dengan membuka isi chat diri sendiri dan search memo yang ingin kamu temukan.

Demikian dua cara membuat memo di WhatsApp dengan mengirimkan chat ke diri sendiri, semoga bermanfaat!

Like us!

Komentar