Cara Menyewa GrabWheels dan Tips Aman Mengendarainya

Oleh Nur Abdillah updated Jumat, 27 Mar 2020 | 14:30

GrabWheelsvia Grab Indonesia

Istilah GrabWheels nampaknya tidak lagi asing bagi mereka yang berdomisili di kota besar termasuk salah satunya adalah Jakarta. Adanya layanan sewa GrabWheels di Jakarta kemudian menarik kalangan millennial untuk memanfaatkannya berkeliling kota bersama rekan. Tentu saja momen yang sangat langka ini kemudian banyak digunakan oleh semua orang ketika akhir pekan tiba.

GrabWheels atau yang kemudian dikenal dengan istilah grab scooter atau skuter listrik ini berhasil menyedot antusias masyarakat dengan ditemukannya berbagai postingan di media sosial yang notabene adalah warga Jakarta.

Per 2019 silam, GrabWheels itu sendiri telah menjangkau berbagai lokasi lain termasuk diantaranya adalah BSD City, terminal 3 bandara Soekarno-Hatta, Universitas Indonesia hingga Gelora Bung Karno. Selain itu ada juga di beberapa lokasi lain yang ada di Jakarta Selatan dan Jakarta Barat.

Tentang GrabWheels

grabwheels
Mengulik sejarah tentang kemunculan GrabWheels di berbagai kota besar termasuk GrabWheels Bandung ini tidak lain bermula dari mencuatnya aplikasi fenomenal yang dikenal dengan Grab.

Seiring dengan pergantian waktu, Grab membuat berbagai inovasi yang ditujukan untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat, mulai dari grabfood hingga GrabWheels itu sendiri. Tentu saja hadirnya GrabWheels itu sendiri disambut baik oleh masyarakat luas.

Kemunculan skuter listrik di berbagai lokasi termasuk di Bandung ini ternyata juga menimbulkan pro dan kontra yang selanjutnya menjadi permasalahan tersendiri untuk kemudian harus dicarikan solusinya.

Disebutkan bahwa mencuatnya lokasi GrabWheels terdekat seperti yang ada di Jakarta dan Bandung sempat menuai protes dari kalangan masyarakat karena ulah pengendara GrabWheels yang kemudian menimbulkan korban jiwa hingga merusak fasilitas umum karena rute yang dilewatinya.

Di lain sisi, kemudahan cara sewa GrabWheels juga menjadi sisi lain mengapa jenis kendaraan listrik ini sempat mendapatkan sambutan baik dari kalangan masyarakat. Tentu saja hal ini tidak lain karena adanya unsur rekreasi di dalamnya dimana seseorang yang menaiki GrabWheels tersebut bisa memanfaatkannya untuk berkeliling kota sembari menikmati lingkungan di sekitarnya. Tentu saja hal ini menjadi solusi tersendiri untuk menikmati akhir pekan dan libur panjang di kota besar seperti Jakarta dan Bandung.

Hal lain yang menjadikan GrabWheels terdekat ini banyak diminati oleh masyarakat juga disebabkan oleh berbagai faktor yang diantaranya adalah kemudahan dalam pembayarannya, harga sewa yang sangat terjangkau, kemudahan dalam mengoperasikannya hingga dilengkapi oleh berbagai alat pengaman termasuk diantaranya adalah helm dan lain sebagainya yang pastinya juga sesuai dengan standar.

Cara Menyewa GrabWheels

Cara Menyewa GrabWheels
Hal lain yang kemudian menjadi pertanyaan adalah bagaimana cara sewa GrabWheels itu sendiri. Tapi tidak perlu khawatir, karena cara sewa GrabWheels ini sangat mudah, berikut langkahnya :

  • download dan instal aplikasi Grab
  • pada tampilan utama pilih "More" dengan ikon 3 titik
  • pilih eScooter, akan muncul peta lokasi GrabWheel terdekat
  • scan barcode yang ada di setang scooter
  • selesai dan kamu sudah bisa menggunakan Grabwheels sesuai jam sewa 

Cara Mengendarai Dan Mengembalikan GrabWheels

Sebelum kamu mengendarai grab scooter, ada beberapa hal yang memang harus diperhatikan karena hal ini menyangkut keselamatan dan kenyamanan dalam mengendarai skuter listrik ini.

Dalam hal ini, pastikan kondisi baterai dari GrabWheels tersebut penuh, sehingga kemungkinan macet ditengah jalan bisa diminimalisir. Selain itu, melakukan pengetesan pada rem dengan menekan tombol merah serta mengecek kickstand sebelum menggunakannya.

Untuk mengendarai grab scooter terbilang sangatlah mudah dilakukan. Dalam hal ini, cara mengendarai hampir sama dengan ketika kamu menggunakan sepeda. Mengenai langkah-langkahnya, berikut beberapa hal yang bisa kamu lakukan demi menjamin keselamatan saat mengendarainya.

  • Cobalah menyeimbangkan GrabWheels Jakarta dengan mendorongnya dan tekan tombol hijau yang ada di sebelah kanan
  • Untuk berhenti, kamu bisa menginjak rem yang ada di bagian belakang atau dengan menekan tombol merah pada bagian pegangan
  • Gunakan bel dengan bijak jika memang diperlukan
  • Saat kondisi semakin gelap, kamu bisa menyalakan lampu dengan menekan tombol di depan dalam kurun waktu lama hingga lampu benar-benar menyala
  • Pastikan kamu selalu berhenti di persimpangan jalan dan selalu mendahulukan para pejalan kaki

Untuk mengembalikan grab scooter bisa dilakukan ketika kamu telah menemukan tempat parkir GrabWheels itu sendiri. Selanjutnya, kamu bisa melakukan scan barcode yang ada di tempat parkir dan terakhir, kamu bisa mengakhirinya dengan menekan tombol end trip yang terdapat dalam sebuah aplikasi tersebut.

Tips Aman Mengendarai GrabWheels

peraturan grabwheels
Demi menjaga keselamatan ketika berkendara dengan memanfaatkan grab scooter, pastikan kamu sendiri juga mengetahui cara jitu dan aman di saat mengendarainya. Jangan sesekali kamu malu untuk bertanya jika kamu masih asing dengan jenis kendaraan ini.

Ketidaktahuan kamu bisa jadi petaka yang sudah seharusnya dihindari. Lebih lanjut, berikut beberapa tips jitu yang bisa diterapkan dalam mengendarai GrabWheels di tempat sewa GrabWheels terdekat. 

  • Pastikan untuk selalu mengenakan helm dan alat pengaman pendukung lainnya demi keselamatan
  • Jangan lupa untuk mengenakan pakaian sekaligus juga alat pelindung dengan tepat
  • Jangan sesekali untuk mencoba ngebut karena hal ini membahayakan diri kamu
  • Hindari untuk menaiki GrabWheels berdua sebab akan meningkatkan resiko kecelakaan
  • Lakukan rem dengan tepat waktu dan hindari menekan rem ketika jarak dengan obyek sangat dekat
  • Jalankan GrabWheels dengan pelan saat melintasi tikungan
  • Jangan pernah kamu sesekali memasuki kawasan jalan raya jika memang ingin selamat
  • Pastikan untuk selalu waspada di kala menyetir 
  • Lakukan persiapan yang cukup
  • Jangan lupa untuk mengecek kondisi kendaraan sebelum menggunakannya

Daftar Lokasi Penyewaan GrabWheels Di Jakarta

Bagi kamu yang saat ini berdomisili di Jakarta dan ingin menikmati perjalanan dengan GrabWheels Jakarta, kamu bisa mencoba mencari tahu terlebih dahulu lokasi penyewaan dari GrabWheels itu sendiri. Berikut ini beberapa lokasi grabweheels di Jakarta yang menjadi tempat penyewaan dari GrabWheels itu sendiri.

1. Tanagodang Coffee: Jl. Darmawangsa XIV No.10 RT 006/RW 02, Pulo, Kecamatan Kebayoran Baru, 12160

2. Nyai Kopi: Jl. Percetakan 1 No.41 Jakarta, 12130

3. STENGGP Melawai: Jl. Panglima Polim No.31C, RT 01/RW 06, Melawai, 12150

4. Kedai Sagaleh Sabah: Jl. Sungai Sambas 6 No.2 Jakarta, 12130

5. Oak Tree Hotel Jakarta: Jl. Sampit 5 No.3 RT 001/RW 06, Kramat Pela, Kecamatan Kebayoran Baru, Jakarta, 12130

6. Neo Hotel Melawai: Jl. Panglima Polim RT 003/RW 01, Melawai, Kecamatan Kebayoran, Jakarta, 12160

7. Flow Barbershop: Jl. Bulungan No.6 RT 06 RW 07, Kramat Pela, Kebayoran Baru, Jakarta, 12130

8. Join Kopi: Gor Bulungan, Jl. Bulungan No.C1, RT 011/RW 07, Kramat Pela, 12130

9. Sate Taichan Jingga: Jl. Kramat Pela RT 011/RW 007, Kramat Pela, Kecamatan Kebayoran Baru, 12130

10. Blok M Mall – MRT Lift dan Kimia Farma: Jl. Panglima Polim, RT 003/RW 01, Melawai, Jakarta, 12160

Daftar Lokasi Penyewaan GrabWheels Di Luar Jakarta

Selain di Jakarta, ternyata GrabWheels itu sendiri juga sangat populer di berbagai kota lain yang pastinya kemudian menjadi daya tarik untuk dicoba. Mengenai hal tersebut, GrabWheels Bandung sering kali menjadi sasaran ketika masyrakat memanfaatkan akhir pekan dengan berkeliling kota Bandung. Untuk di Bandung dan juga Tangerang, berikut lokasi penyewaan yang bisa dijadikan sebagai rekomendasi.

1. Warunk Upnormal Dipati Ukur: Jl. Dipati Ukur No.3, Lebakgede, Kecamatan Coblong, Jakarta, 40132

2. Bakso Boedjangan Cihampelas: Jl. Cihampelas No.74, Tamansari, Kecamatan Bandung Wetan, Jakarta, 40116

3. Warunk Upnormal Sumur Bandung: Jl. Sumur Bandung No.20 Lb. Siliwangi, Kecamatan Coblong, Jakarta 40132

4. Eduplix CoWorking Space: Jl. Ir. H. Jukamu No.108, Lebakgede, Kecamatan Coblong, Jakarta 40132 

5. Di sebelah tempat masuk MyRepublic Plaza: MyRepublic Plaza, BSD Banten, 15345

6. Warung Upnormal Sulanjana Nomor 12: Jl.Sulanjana No.18, Tamansari, Kecamatan Bandung Wetan, Jakarta, 40116

7. Depan Graha Unilever: BSD Green Office Park 1 Banten 15345

8. AEON Mall BSD Supermarket Lobby: Jl. BSD Raya Utama, Pagedangan, Tangerang, 15345

9. Tempat Sinarmas Land Plaza: Sinarmas Land Plaza Banten 15345

10. Di sebelah tempat masuk Cohive: CoHIve Green Offive Park 9, BSD, Banten, 15345

Hadirnya GrabWheels menjadi salah satu bagian dari inovasi yang dilakukan oleh grab dalam menjawab kebutuhan masyarakat di masa yang akan datang. Dalam hal ini, untuk bisa mengendarai GrabWheels dengan nyaman, kamu harus mengetahui cara mengemudikannya dengan benar. Selain itu, pastikan kamu juga mengetahui cara sewa GrabWheels dan lokasi GrabWheels terdekat.

Artikel Terkait

Komentar