Diperbaharui pada Sabtu, 7 Januari 2023 | 16:40

Cara Mencari Pom Bensin Terdekat, Ada yang 24 Jam

aplikasi pom bensin terdekat

Mencari keberadaan pom bensin terdekat dari lokasi kita memang sangat dibutuhkan. Selain untuk mengisi bahan bakar kendaraan bermotor, pom bensin juga memiliki banyak fungsi lainnya.

Misalnya, pom bensin atau SPBU sering digunakan sebagai tempat transit oleh para pengendara. Karena saat ini banyak SPBU juga menyediakan beragam fasilitas lainnya.

Beberapa fasilitas yang biasanya ada di sebuah pom bensin seperti toilet, tempat ibadah, minimarket, ATM, pengisian angin untuk kendaraan bermotor dan lainnya.

Fasilitas tersebut pastinya sangat bermanfaat bagi para pengendara yang sedang melakukan perjalanan untuk transit atau berhenti sejenak melepas penat.

Banyak juga pengunjung yang melakukan aktivitas lainnya seperti buang air kecil atau besar bahkan mandi. Pom bensin merupakan singkatan pendek yang dibuat masyarakat yang berasal dari kata pompa bensin.

Nama aslinya sendiri adalah SPBU (Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum) yang umumnya menyediakan berbagai jenis bahan bakar seperti berikut ini :

  • Bensin
  • Pertalite
  • Pertamax dan Pertamax Plus
  • Solar atau bahan bakar diesel

Lalu bagaimana cara mencari pom bensin terdekat dari lokasi Anda? Pricebook akan coba berikan panduannya untuk Anda.

Mencari Pom Bensin Terdekat

Untuk mencari pom bensin yang terdekat dari lokasi Anda, ada dua cara yang bisa dilakukan, tanpa aplikasi maupun dengan aplikasi. Berikut langkahnya :

1. Menggunakan Google Maps

Untuk cara pertama tanpa aplikasi, Anda bisa menggunakan Google Maps yang memang sudah tersedia di dalam smartphone Android, jadi tidak perlu instal aplikasi apapun.

Berikut cara mencari spbu terdekat dengan Maps :

a. Buka Google Maps

Pom Bensin Terdekat

b. Pilih menu ‘Gas’ di bagian atas, nanti akan muncul ikon pom bensin

Pom Bensin Terdekat
c. Pilih yang terdekat dari lokasi Anda (Pertamina, Shell, vivo) lalu klik ‘Directions’

Pom Bensin Terdekat
Anda tinggal ikuti arahan dari Maps. Mudah bukan?

2. Menggunakan Aplikasi Pom Bensin

Saat ini, kemajuan teknologi sudah berkembang sangat pesat, bahkan banyak sekali aplikasi pendukung yang bisa membantu Anda.

Contohnya aplikasi yang bisa menunjukkan lokasi/tempat seperti pusat perbelanjaan, rumah sakit, perkantoran, bahkan pom-pom bensin terdekat.

Berikut ini daftar aplikasi pintar yang bisa diakses melalui hp pengguna untuk kebutuhan mencari pom bensin terdekat, antara lain:

Pasti Pas

Aplikasi Pasti Pas

Aplikasi pencari pom bensin terdekat di tol pertama yaitu ‘Pasti Pas’ yang bisa di download secara gratis melalui Play Store.

Aplikasi ini diciptakan oleh developer ICT Solution dan memiliki fitur untuk mencari lokasi SPBU paling dekat dengan lokasi Anda.

Aplikasi ini bekerja dengan memanfaatkan fitur GPS dan Wi-Fi di smartphone Anda, jadi pastikan keduanya aktif saat digunakan. 

Setelah mengaktifkan GPS, Anda akan langsung mendapatkan daftar SPBU yang paling dekat sesuai lokasi Anda saat itu. Daftar tersebut berisi informasi nama SBPU, alamat lengkap dan provinsi tempat SPBU tersebut.

Anda pun bisa langsung menuju ke pom bensin terdekat 24 jam dan melakukan aktivitas yang dibutuhkan selama di perjalanan. 

Shell Motorist 

Aplikasi Shell Motorist

Untuk aplikasi lainnya, Anda bisa download aplikasi ‘Shell Motorist’ untuk membantu Anda mencari pom bensin terdekat untuk transit perjalanan.

Aplikasi yang satu ini dikembangkan oleh developer Shell Information Technology International B.V. dan ada banyak fitur yang bisa digunakan.

Awalnya, aplikasi ini dikembangkan dengan fitur utama untuk memberikan informasi perawatan kendaraan.

Kini banyak keunggulan dari aplikasi ini seperti mencari lokasi pom bensin terdekat 24 jam, berkendara hemat, asisten perjalanan dan promosi.

Aplikasi ini bisa digunakan di luar negeri karena belum tersedia di Indonesia, tetapi sudah bisa digunakan lebih dari 30 negara. Cara menggunakannya cukup mudah, yang penting Anda harus terhubung dengan koneksi dan GPS.

Aplikasi pom Bensin Terdekat

Aplikasi Pom Bensin Terdekat

Selain itu, Anda juga bisa mencari SPBU yang paling dekat menggunakan aplikasi ‘pom Bensin Terdekat’ yang dikembangkan oleh developer Gamodev.

Fitur dan keunggulan utamanya untuk mencari pom bensin terdekat di tol dengan tampilan persis seperti GPS. Sama seperti aplikasi lainnya, aplikasi yang dikembangkan oleh developer melakukan download melaui Play Store secara gratis. 

Aplikasi yang satu ini sangat sederhana dan ukurannya juga sangat ringan sehingga bisa digunakan untuk Handphone kentang sekalipun.

Untuk menggunakan aplikasi ini jangan lupa untuk mengaktifkan GPS dan koneksi internet. Cara kerjanya yaitu menunjukkan lokasi SPBU terdekat dan rute nya dengan bantuan Google Maps.

My Pertamina

Aplikasi My Pertamina

Sesuai dengan namanya, aplikasi ini memang hanya menampilkan SPBU milik pertamina, namun hampir semua SPBU di Indonesia memang milik pertamina.

Sebelum menggunakan fitur nya, Anda harus download aplikasinya terlebih dahulu melalui Play Store. Aplikasi ‘My Pertamina’ ini besutan PT. Pertamina (Persero) untuk membantu menemukan lokasi pom bensin terdekat di tol dan lainnya. 

Setelah di download dan sudah terinstal di smartphone Android Anda, barulah bisa digunakan untuk mencari SPBU yang terdekat.

Cara menggunakannya juga sangat mudah hanya dengan mengaktifkan GPS lalu buka aplikasi dan cek lokasi SPBU.

Keunggulan aplikasi tersebut adalah munculnya beberapa daftar SPBU yang terdekat dengan lokasi Anda saat itu beserta informasi alamat dan jaraknya.

Selain itu, dengan menggunakan My Pertamina, Anda bisa memanfaatkan fitur Delivery Service untuk pembelian BBM, Gas, dan juga Oli Pelumas. Jadi jangan khawatir mogok di jalan, karena pertamina bisa langsung mengantarkan bensin ke lokasi Anda.

Fasilitas Pom Bensin

pom bensinvia Pexels

SPBU di Indonesia adalah milik perusahaan BUMN Pertamina dan tersebar di seluruh wilayah serta selalu melakukan peremajaan terhadap fasilitas SPBU.

Hingga kini, fungsi dari SPBU itu sendiri ternyata bukan hanya sekadar tempat pengisian bahan bakar kendaraan bermotor.

Ada banyak sekali fungsi lainnya dari pom bensin terdekat di tol atau di tempat lain yang bisa dimanfaatkan, antara lain:

Fasilitas Isi Angin dan Air Radiator

Fasilitas pertama yang selalu ada di SPBU biasanya adalah pengisian angin dan air radiator. Hal ini berhubungan dengan perawatan kendaraan bermotor sehingga selama perjalanan bisa dicek kondisi kendaraan dan diisi ulang sesuai kebutuhan.

Fasilitas Toilet

Fasilitas toilet juga pasti ada di pom bensin terdekat 24 jam karena banyak sekali pengendara yang mampir untuk ke toilet. Fasilitas toilet di SPBU banyak di pilih karena biasanya lebih bersih dan ada tenaga kebersihannya sehingga lebih higienis. 

Fasilitas Tempat Ibadah (Masjid)

Fasilitas Masjid juga selalu ada di antara fasilitas SPBU lainnya untuk menunjang ibadah para pengendara. Dengan adanya fasilitas tempat ibadah, para pengendara tidak perlu khawatir ketinggalan ibadah mereka karena bisa mampir ke SPBU. 

Fasilitas Minimarket

Minimarket juga tersedia di SPBU terdekat untuk menjual kebutuhan pelanggan, terutama kebutuhan kendaraan seperti oli dan lain sebagainya. Namun, kini minimarket SPBU menyediakan makanan/minuman seperti minimarket pada umumnya.

Fasilitas Tempat Istirahat

Selanjutnya, di SPBU biasanya juga banyak tersedia tempat peristirahatan baik berupa tempat duduk, gardu, bahkan hotel/penginapan. Untuk fasilitas penginapan biasanya hanya tersedia di SPBU yang cukup besar sehingga bisa memiliki fasilitas tersebut.

Fasilitas Tempat Makan

Untuk pom bensin terdekat di tol biasanya lebih besar dan lebih banyak fasilitas yang tersedia seperti tempat makan. Di sana ada banyak sekali stan makanan yang bisa Anda kunjungi untuk mengisi tenaga setelah perjalanan jauh.

Fasilitas ATM

Para pengendara juga sering mampir ke SPBU untuk menggunakan fasilitas ATM. Biasanya tersedia lebih dari satu ATM untuk SPBU yang lebih besar dan minimal satu ATM untuk SPBU yang lebih kecil.

Itulah beberapa cara untuk mencari lokasi pom bensin terdekat 24 jam sehingga bisa ditemukan lebih cepat dan akurat. Mengingat kebutuhan transit di pom bensin sangat bermanfaat selama di perjalanan, sebaiknya gunakan salah satu cara di atas.

Dengan begitu, Anda akan lebih mudah mendapatkan akses dan infromasi lokasi pom bensin terdekat saat dibutuhkan. Semoga informasinya bermanfaat.

Like us!
Nur Abdillah

Content Writer

2444 Posts

Punya pengalaman di beberapa media yang mengulas gadget, seperti Tabloid SMS, Tabloid Roaming, Majalah Digicom hingga Majalah Techlife. Selalu berusaha berbagi informasi yang akurat dan terupdate seputar teknologi dan gadget.