Cara Transfer OVO ke Akun Lain dan ke Bank

Oleh Nur Abdillah updated Selasa, 6 Agu 2019 | 12:35

OVO
Era pembayaran non tunai alias cashless makin berkembang dengan pesat di kalangan masyarakat Indonesia. Makin banyak orang melakukan pembayaran di berbagai macam merchant tanpa menggunakan uang tunai yang bisa dilakukan dengan menggunakan kartu maupun menggunakan akun dompet digital.

Di antara banyaknya platform pembayaran non tunai yang populer di Indonesia, OVO adalah salah satu yang paling banyak digunakan dan logonya bisa ditemukan di mana-mana sekarang. Mau belanja makanan maupun minuman, beli tiket pertunjukan, hingga bayar berbagai macam tagihan bisa dilakukan hanya menggunakan gawai tanpa harus mengeluarkan dompet.

Cara daftar OVO juga tidak susah, cukup instal aplikasinya dan ikut langkah yang muncul di layar hp. OVO sendiri memiliki beragam fitur. Salah satu fitur yang ada di OVO adalah bisa transfer dari akun satu ke akun yang lainnya, ingin tahu caranya? Berikut adalah ulasannya. 

Apa itu OVO?

OVO Diskon
Sebelum mengulik cara transfer OVO ke akun lain maupun ke bank, ada baiknya Anda mengenal sedikit tentang platform pembayaran non tunai ini dan juga fitur-fitur yang ditawarkan. OVO merupakan salah satu perusahaan fintech (financial technology) yang bergerak di bidang pembayaran digotal. OVO sendiri berada di bawah naungan PT Visionet Internasional yang hingga tahun 2018 kemarin sudah bisa digunakan di lebih dari 500.000 gerai offline yang ada di Indonesia.

Tidak hanya untuk pembayaran offline, OVO juga bekerja sama dengan berbagai macam platform berbasis online seperti misalnya untuk pembayaran Grab dan juga Tokopedia serta berbagai macam ritel dan ecommerce lainnya. 

OVO bisa digunakan untuk pembayaran dengan menggunakan uang di mana pengguna bisa melakukan top up yang dilakukan di booth-booth yang ada di berbagai macam pusat perbelanjaan, transfer melalui bank, atau transfer dari akun ke akun. Selain itu Anda juga bisa mengumpulkan poin-poin setiap kali belanja di merchant yang telah terdaftar di OVO dan melakukan pembayaran menggunakan OVO.

Nantinya poin bisa dikumpulkan dan Anda gunakan untuk belanja lagi. OVO memiliki dua jenis keanggotaan, yaitu OVO Club yang bisa menyimpan saldo hingga Rp2.000.000, dan OVO Premiere yang bisa menyimpan saldo hingga Rp10.000.000 dan juga gratis biaya transfer. 

Cara Transfer OVO ke Akun OVO Lain

Transfer OVO sesama
Misalnya Anda pergi bersama dengan teman dengan menggunakan layanan transportasi dari Grab, kemudian ketika saatnya membayar, pembayaran dilakukan dengan menggunakan akun OVO milik teman Anda. Tidak ingin membuat teman tekor, Anda pun ingin membayar jatah tariff Grab yang ditumpangi bersama tapi sedang tidak bawa uang tunai.

Anda bisa melakukan transfer dari akun OVO yang Anda miliki ke akun OVO teman Anda sehingga tariff Grab  bisa dibagi berdua. Bagaimana caranya melakukan transfer dari OVO ke akun yang lain?

Untuk bisa melakukan transfer, ada beberapa hal yang mesti Anda ketahui terlebih dahulu. Yang pertama, akun OVO yang Anda miliki harus akun Premiere karena menu opsi transfer baru akan aktif apabila Anda menggunakan akun Premiere. Untuk mendapatkan akun Premiere pun sangat udah, cukup registrasi dengan mengirim foto identitas (KTP/SIM) dan tunggu hingga verifikasi selesai (1x24 jam).

Tapi dari pengalaman beberapa pengguna, akun Premiere ini akan terverifikasi dalam waktu hitungan jam saja. Lalu yang kedua, sebelum transfer ke akun OVO lain pastikan tujuan nomor yang ingin ditransfer harus sudah aktif, atau metode pembayaran menggunakan OVO sudah aktif di akun Grab maupun merchant lain.

Langkah-langkah untuk transfer adalah sebagai berikut:

  1. Buka aplikasi OVO
  2. Klik menu Transfer yang ada di halaman depan
  3. Masukkan nominal yang ingin ditransfer, minimal adalah Rp10.000
  4. Pilih transfer Antar OVO
  5. Masukkan nomor ponsel tujuan transfer
  6. Bisa juga memasukkan nomor ponsel dari daftar kontak yang Anda miliki dengan mengklik ikon yang ada di sebelah kolom
  7. Isi formulir transfer dengan baik dan benar
  8. Klik Transfer
  9. Cek informasi yang ditampilkan apakah sudah sesuai, kemudian klik Konfirmasi
  10. Masukkan kode keamanan atau security code akun OVO Anda
  11. Akan muncul pemberitahuan di layar apabila transfer berhasil dilakukan.

Cara Transfer OVO ke Bank

Cara Transfer OVO ke Bank
Selain bisa digunakan sebagai alat pembayaran, akun OVO Anda juga bisa digunakan sebagai aplikasi keuangan yang bisa memudahkan Anda dalam melakukan transaksi perbankan. Akun OVO bisa digunakan untuk transfer ke berbagai macam bank yang beroperasi di Indonesia baik itu ke rekening bank Anda sendiri maupun ke rekening bank orang lain.

Syarat untuk bisa menggunakan fitur transfer ke bank sama dengan syarat untuk transfer ke akun OVO lain, yaitu akun yang Anda miliki harus OVO Premiere. Selain itu pastikan jumlah uang atau saldo OVO yang Anda miliki di akun OVO mencukupi untuk transfer ke bank sesuai dengan nominal yang diinginkan.

Langkah-langkah untuk cara transfer OVO ke bank adalah sebagai berikut:

  1. Buka aplikasi OVO dan masuk ke akun Anda
  2. Pilih menu Transfer yang ada di halaman muka
  3. Masukkan nominal uang yang ingin ditransfer
  4. Pilih mode transfer Rekening Bank
  5. Pada menu dropdown tujuan bank, klik kemudian pilih dari sekian banyak bank yang bisa menjadi tujuan transfer, cari nama bank melalui kolom Search untuk mempercepat proses pencarian
  6. Masukkan nomor rekening dengan benar tanpa spasi
  7. Bisa memasukkan pesan misalnya untuk keperluan apa, namun opsi ini tidak wajib untuk Anda isi
  8. Cek informasi yang ditampilkan di layar kemudian klik Konfirmasi
  9. Masukkan kode keamanan OVO Anda dan tunggu proses transfer
  10. Jika transaksi berhasil akan ada pemberitahuan yang muncul di layar
  11. Saldo transfer akan langsung masuk ke akun rekening bank tersebut tanpa harus menunggu lama.

Itulah dia cara mudah untuk melakukan transfer dari saldo OVO ke akun OVO lainnya atau ke bank sehingga satu aplikasi ini bisa digunakan untuk melakukan pembayaran, belanja, hingga transaksi perbankan.

Artikel Terkait

Komentar