Cara Menghasilkan Uang dari YouTube, Ternyata Gampang!

Oleh Restu Aji Siswanto updated Selasa, 21 Apr 2020 | 17:38

cara mendapatkan uang dari youtube

Siapa yang tak kenal Youtube? Platform untuk menonton video ini telah menjadi salah satu platform media sosial favorit pengguna internet di penjuru dunia. Banyaknya konten yang dapat ditemukan di Youtube jelas menjadi salah satu alasan di balik popularitasnya. Selain itu, saat ini Youtube pun membuka peluang bagi banyak orang untuk berbagi konten, sampai menghasilkan uang!

Tentang Youtube

Youtube

Sebelum menjadi besar seperti sekarang, Youtube yang pertama kali online di tahun 2005 merupakan produk hasil karya Jawed Karim, Steve Chen, dan Chad Hurley. Video pertama di Youtube berjudul “Me at the Zoo” yang diunggah oleh Karim. Sedangkan video iklan Nike menjadi video pertama yang mendapatkan tayangan (view) sebanyak 1 juta.

Sejak saat itu, Youtube terus berkembang dengan pesat, sampai akhirnya startup tersebut menarik perhatian raksasa internet: Google. Kurang dari setahun sejak Youtube online untuk pertama kali, Google membeli Youtube. Bertahun-tahun berlalu, dan Google secara perlahan menambahkan fitur-fitur baru untuk Youtube.

Misalnya fitur video HD untuk pertama kalinya tahun 2009, meskipun masih beresolusi 720p. Sementara itu, fenomena video viral di Youtube pertama kali disaksikan sejak rilisnya Gangnam Style oleh PSY, penyanyi dari Korea, tahun 2012. Video tersebut sukses menjadi video pertama yang mendapatkan 1 miliar tayangan di Youtube.

Sampai saat ini, Youtube seolah terus bertambah populer dan besar. Data terkini menunjukkan bahwa ada sekitar 5 miliar video yang ditonton setiap hari di Youtube, serta jumlah pengguna yang menembus angka 1,3 miliar.

Cara Menghasilkan Uang dari Youtube

Cara mendapatkan uang dari youtube

Bukan hanya menjadi platform di mana pengguna bisa menikmati video yang mereka suka atau menikmati musik dari para musisi favorit, Youtube saat ini pun berkembang menjadi “ladang uang”.

Selama beberapa tahun belakangan ini, para pembuat konten alias content creator di Youtube membuktikan bahwa hal yang sebelumnya mereka lakukan sebagai hobi atau hanya untuk mengisi waktu luang bisa menjadi pundi uang. Kalau begitu, bagaimana cara mendapatkan uang dari Youtube?

Untuk bisa menghasilkan uang melalui Youtube, ada beberapa hal yang perlu kamu lakukan. Pertama, kamu harus punya akun Google terlebih dahulu, setelah itu, buat akun Youtube channel kamu. Mulai membuat konten yang menarik untuk menambah jumlah subscriber dan video view. Kamu harus mencapai jumlah minimum subscriber dan view untuk bisa menghasilkan uang.

Setelah mencapai jumlah subscriber minimum, jangan lupa monetisasi akun Youtube kamu dan hubungkan ke Google AdSense. Hal ini diperlukan untuk melacak pemasukan kamu dari video yang diunggah, dan menjadi saluran perantara untuk mengirimkan uang yang sudah dihasilkan ke rekening kamu. Setelah ini, pada dasarnya kamu sudah siap mendapatkan uang dari Youtube.

Cara Membuat Konten Video yang Menarik

Nah, bukan hanya cara mendapatkan uang dari Youtube yang perlu kamu perhatikan, tapi juga kualitas konten video yang kamu buat. Pasalnya, jumlah pemasukan yang kamu terima sangat bergantung pada jumlah klik, view, dan faktor-faktor lain yang menunjukkan engagement tinggi antara channel Youtube kamu dengan para penonton.

Sebenarnya, tidak ada formula pasti soal bagaimana membuat konten video yang menarik. Apalagi, ukuran “menarik” berbeda untuk masing-masing orang, mengingat selera dan minat yang berbeda.

Meski begitu, kamu bisa buat konten kamu berkualitas dengan merancang konsepnya secara seksama. Selain itu, pilihlah kamera video yang berkualitas baik agar hasil video yang diambil bisa membuat penonton menikmati konten kamu dari awal sampai akhir.

Nah, selamat berkarya sekreatif mungkin dengan channel Youtube kamu, ya!

Artikel Terkait

Komentar