Mengungkap Cara Mendapatkan Uang Dari YouTube

Oleh Arini Putrie updated Selasa, 30 Jul 2019 | 18:38

cara mendapatkan uang dari youtube

Siapa yang tak kenal YouTube? Platform untuk menonton video ini telah menjadi salah satu platform media sosial favorit pengguna internet di penjuru dunia. Banyaknya konten yang dapat ditemukan di YouTube jelas menjadi salah satu alasan di balik popularitasnya. Selain itu, saat ini YouTube pun membuka peluang bagi banyak orang untuk berbagi konten, sampai menghasilkan uang!

Sejarah Kesuksesan YouTube

Youtube

Sebelum menjadi besar seperti sekarang, YouTube yang pertama kali online di tahun 2005 merupakan produk hasil karya Jawed Karim, Steve Chen, dan Chad Hurley. Video pertama di YouTube berjudul “Me at the Zoo” yang diunggah oleh Karim. Sedangkan video iklan Nike menjadi video pertama yang mendapatkan tayangan (view) sebanyak 1 juta.

Sejak saat itu, YouTube terus berkembang dengan pesat, sampai akhirnya startup tersebut menarik perhatian raksasa internet: Google. Kurang dari setahun sejak YouTube online untuk pertama kali, Google membeli YouTube. Bertahun-tahun berlalu, dan Google secara perlahan menambahkan fitur-fitur baru untuk YouTube. Misalnya fitur video HD untuk pertama kalinya tahun 2009, meskipun masih beresolusi 720p. Sementara itu, fenomena video viral di YouTube pertama kali disaksikan sejak rilisnya Gangnam Style oleh PSY, penyanyi dari Korea, tahun 2012. Video tersebut sukses menjadi video pertama yang mendapatkan 1 miliar tayangan di YouTube.

Sampai saat ini, YouTube seolah terus bertambah populer dan besar. Data terkini menunjukkan bahwa ada sekitar 5 miliar video yang ditonton setiap hari di YouTube, serta jumlah pengguna yang menembus angka 1,3 miliar.

Cara Mendapatkan Uang dari YouTube

Cara mendapatkan uang dari youtube

Bukan hanya menjadi platform di mana pengguna bisa menikmati video yang mereka suka atau menikmati musik dari para musisi favorit, YouTube saat ini pun berkembang menjadi “ladang uang”. Selama beberapa tahun belakangan ini, para pembuat konten alias content creator di YouTube membuktikan bahwa hal yang sebelumnya mereka lakukan sebagai hobi atau hanya untuk mengisi waktu luang bisa menjadi pundi uang. Kalau begitu, bagaimana cara mendapatkan uang dari YouTube?

Untuk mengikuti jejak mereka, tentu Anda harus punya akun Google terlebih dahulu, dan membuat akun YouTube channel. Di sinilah nanti konten video yang akan Anda unggah nantinya dikumpulkan di bawah nama channel Anda. Setelah itu, jangan lupa monetisasi akun YouTube Anda dan hubungkan channel ke Google AdSense. Hal ini diperlukan untuk melacak pemasukan Anda dari video yang diunggah, dan menjadi saluran perantara untuk mengirimkan uang yang sudah dihasilkan ke rekening Anda. Setelah ini, pada dasarnya Anda sudah siap mendapatkan uang dari YouTube.

Cara Membuat Konten Video yang Menarik

Nah, bukan hanya cara mendapatkan uang dari YouTube yang perlu Anda perhatikan, tapi juga kualitas konten video yang Anda buat. Pasalnya, jumlah pemasukan yang Anda terima sangat bergantung pada jumlah klik, view, dan faktor-faktor lain yang menunjukkan engagement tinggi antara channel YouTube Anda dengan para penonton.

Sebenarnya, tidak ada formula pasti soal bagaimana membuat konten video yang menarik. Apalagi, ukuran “menarik” berbeda untuk masing-masing orang, mengingat selera dan minat yang berbeda. Meski begitu, Anda bisa buat konten Anda berkualitas dengan merancang konsepnya secara seksama. Selain itu, pilihlah kamera video yang berkualitas baik agar hasil video yang diambil bisa membuat penonton menikmati konten Anda dari awal sampai akhir.

Daftar 5 Kamera Terbaik untuk Membuat Video YouTube

Berikut ini adalah 5 kamera yang direkomendasikan untuk Anda yang ingin membuat video YouTube:

1. XiaoYi Yi Sport Camera 16MP

XiaoYi Yi Sport Camera 16MP

Kamera XiaoYi Yi Sport yang termasuk ke dalam kategori action cam ini cocok untuk Anda yang ingin membuat konten yang membuat Anda harus banyak menghabiskan waktu di luar ruangan, seperti travel dan otomotif. Untuk ukuran action cam, resolusi 16MP-nya sudah cukup besar, sehingga masih bisa menghasilkan rekaman video dengan kualitas apik. Apalagi, harganya pun sangat terjangkau karena ada di bawah Rp 1 juta.

Kriteria Spesifikasi
Camera Resolution 16 MP
Video Resolution 1080p, 960p, 720p, 480p
Max Resolution 4608 x 3456 Pixels
Memori Eksternal Yes, microSDHC up to 64GB
Battery Life 95 mins

2. Sony Cybershot DSC-HX350

Sony Cybershot DSC-HX350

Banyak YouTuber yang mengandalkan kamera Sony Cybershot untuk membantu mereka membuat konten. Nah, salah satu pilihan yang cocok untuk Anda pilih adalah Sony Cybershot DSC-HX350 dengan teknologi yang sangat mumpuni untuk menghasilkan foto serta video berkualitas menakjubkan. Kemampuan optical zoom-nya yang mencapai 50X jelas adalah salah satu keunggulan lainnya yang membuat kamera prosumer ini sangat direkomendasikan. Belum lagi ada fitur image stabilization dan kecepatan bidikan yang cukup responsif untuk hasilkan gambar berkualitas dan tajam.

Kriteria Spesifikasi
Resolusi Kamera 20 MP
Resolusi Video 1920 x 1080 Pixel

3. Nikon D3400

Nikon D3400

Ukurannya yang ringkas membuat Nikon D3400 nyaman digunakan di luar ruangan sekalipun. Dibekali dengan sensor format DX dengan kekuatan resolusi 24MP, Nikon D3400 menjamin kualitas jepretan atau rekaman yang oke. Apalagi, kamera DSLR yang satu ini pun memiliki kemampuan untuk merekam video dengan resolusi Full HD, alias 1080p yang sekarang sudah didukung oleh YouTube. Untuk Anda yang masih awam dalam menggunakan kamera, adanya fitur Guide Mode jelas menjadi nilai plus yang membuat penggunaannya makin mudah.

Kriteria Spesifikasi
Resolusi Kamera 24.2 MP
Resolusi Video 1920 x 1080 Pixel

4. Sony Alpha A5100

Sony Alpha A5100

Untuk Anda yang tak ingin ketinggalan tren kamera mirrorless ala YouTuber kondang, Sony Alpha A5100 adalah pilihan yang jangan sampai Anda lewatkan. Kamera ini punya spesifikasi serupa dengan sepupunya, yaitu Sony Alpha A6000, namun dengan ukuran bodi yang lebih ringkas. Untuk kualitas video, Anda jelas tak perlu meragukannya karena A5100 punya dukungan coded XAVC S. Dengan begitu, video yang direkam bisa mencapai resolusi 1080p pada 60fps dan kecepatan 50 Mbps.

Kriteria Spesifikasi
Resolusi Kamera 24 MP

5. Canon EOS M3

canon eos m3

Alternatif lain untuk kamera mirrorless adalah Canon EOS M3, yang juga jadi favorit banyak YouTuber berkat performanya yang tinggi serta kualitas hasil gambra dan video yang ciamik. Dengan harga Ro 5 jutaan, gambar dan video yang dihasilkan jelas akan membuktikan kepada Anda bahwa harga memang mencerminkan kualitas!

Kriteria Spesifikasi
Resolusi Kamera 24.2 MP

Artikel Terkait

Komentar