Diperbaharui pada Jumat, 23 Februari 2024 | 15:55

5 Cara Mengetahui Password Wifi yang Dikunci, Beneran Bisa?

Cara membobol wifi

Akses wifi saat ini mudah banget ditemukan dimana-mana, mulai dari rumah, kantor, warung makan, cafe, restoran, hotel, rumah sakit, toko-toko swalayan hingga warung pinggir jalan.

Tapi sayang, tidak semuanya gratis nih. Ke cafe atau restoran kita harus membeli dulu, baru dikasih akses wifi-nya. Begitu juga dengan wifi rumah atau kantor yang pasti tidak akan memberikan password wifi mereka.

Minta password wifi sama tetangga pun kadang juga tidak enak hati. Kita hanya bisa melihat nama wifi nya saja tanpa tau passwordnya. Lalu adakah cara mengetahui password wifi orang lain?

Nah, di internet sendiri banyak yang menginformasikan cara membobol sandi wifi untuk mengetahui passwordnya. Menurut KBBI kata bobol berarti jebol atau lebih halusnya tembus. Jadi cara bobol wifi itu bisa juga diartikan menjebol atau menembus wifi yang di password.

Yang jadi pertanyaan adalah, apakah cara-cara bobol wifi yang beredar di dunia maya itu benar kalau kita bisa mengetahui password wifi orang lain?

Untuk itu, kali ini Pricebook akan mencoba langsung beberapa cara membobol sandi wifi yang banyak beredar di internet untuk membuktikan kebenarannya.

Yuuk langsung disimak kebenaran cara mengetahui password wifi dibawah ini. 

Cara Mengetahui Password Wifi dengan Aplikasi

1. Dengan Wifi Warden

bobol wifi
Cara bobol wifi orang lain tanpa ketauan pemiliknya yang paling banyak dibahas adalah menggunakan aplikasi. Salah satu aplikasi yang banyak digunakan untuk mencari tau password wifi adalah Wifi Warden.

Aplikasi ini bisa di download melalui Play Store secara gratis. Jika sudah terinstal sekarang waktunya untuk mengetahui password wifi di sekitar. Begini langkahnya :

a. Buka aplikasi Wifi Warden lalu pilih menu Signals, nanti akan muncul pilihan id wifi

cara bobol wifi
b. Pilih salah satu alamat wifi, lalu pilih Connect via WPS

cara bobol wifi
c. Lanjut pilih Calculate PIN, lalu klik Try All PIN

cara bobol wifi
Sayangnya, dari beberapa kali percobaan yang Pricebook lakukan dengan memasukkan semua pin yang ada, tidak ada satupun yang berhasil menembus sandi wifi tersebut.

Tapi jika beruntung mungkin kamu akan terkoneksi ke jaringan wifi yang dituju. Itupun jika beruntung yaa.

2. Dengan Wifi Map

Cara kedua untuk membobol wifi yaitu menggunakan aplikasi wifi map. Hanya saja aplikasi ini tidak tersedia di Play Store, jadi kamu harus mendownloadnya melalui pencarian Google.

Jika sudah berikut langkah-langkah cara mengetahui password wifi nya :

a. Buka aplikasi Wifi Map, lalu klik ‘accept’ > ‘next’ > ‘next’ > ‘enable location’.

Cara Bobol Wifi
b. Di layar akan muncul jaringan wifi yang tersedia, pilih salah satu yang akan di bobol wifi nya.

cara bobol wifi
c. Klik ‘Unlock Password’ nanti akan muncul password wifinya, copy password wifi dan paste di setingan wifi, selesai.

cara bobol wifi
Dari hasil percobaan yang Pricebook lakukan, ternyata aplikasi ini berjenis forum. Dimana  password yang ditampilkan hasil dari pengguna lain yang pernah mengunjungi tempat tersebut yang kebanyakan adalah cafe dan resto.

Dan cara bobol wifi ini akan berhasil jika si pemilik tidak mengganti passwordnya.

Cara Mengetahui Password Wifi Tanpa Aplikasi

1. Gunakan Konfigurasi IP Address

Ilustrasi IP Address

Cara ini paling sering digunakan para pembobol password wifi yang tidak menggunakan aplikasi. Cara ini digunakan untuk membobol password jaringan yang menggunakan router modem, misalnya indihome dan jaringan @wifi.id.

Pertama-tama kamu harus mengaktifkan wifi di hp atau laptop. Setelah wifi aktif, kamu bisa langsung melihat hotspot apa saja yang aktif di sekitar kamu.

Yang paling mudah ditemui dan dimana-mana ada adalah @wifi.id sehingga alamat inilah yang paling sering dibobol para hacker.

Jika kamu memilih @wifi.id, kamu harus connect ke alamat ini terlebih dahulu.

Biasanya setelah kamu melakukan koneksi, maka akan muncul pop-up yang meminta kamu memasukkan username dan password dan bersamaan dengan itu akan muncul halaman mode Modify Network Configuration.

Di sinilah kamu bisa mulai mengutak-atik alamat IP dari @wifi.id. Di halaman ini kamu harus mengganti IP Address yang biasanya tertulis 192.168.1.1 menjadi 192.168.1.2.

Jika sudah, masuklah ke browser dan tuliskan http//: 192.168.1.254 di kolom address di bagian atas.

Jika keluar halaman login, kamu tak perlu bingung karena inilah yang ditunggu-tunggu. Kamu tinggal masukkan saja username dan password dengan memilih kata ADMIN atau USER.

Ingat ya, username dan password harus sama, dimana jika kamu memilih username ADMIN maka password juga harus ADMIN. Dan jika kamu memilih username USER maka passwordnya juga harus USER.

Setelah itu masuklah ke bagian Pengaturan dan carilah Wifi untuk melihat username dan password.

Kamu akan temukan username dan password yang sebenarnya digunakan untuk masuk ke @wifi.id yang saat itu terkoneksi dengan gadget kamu, dan kamu tinggal menggunakannya.

Namun lagi-lagi cara ini tidak berhasil menembus sandi wifi yang dipakai si pemilik.

2. Gunakan CMD (Command Prompt) di Desktop atau Laptop

Password Wifi

Jika kamu ingin berkoneksi via wifi saat menggunakan desktop atau laptop, yang bisa digunakan sebagai cara membobol wifi yang lebih mudah dibanding saat menggunakan hp.

Dengan laptop, kamu terlebih dahulu juga harus mengaktifkan mode wifi untuk mencari hotspot terdekat dengan kamu.

Setelah itu, kamu tinggal jalankan halaman CMD (Command Prompt) dengan cara menekan tombol Windows + R, dan masukkan kata CMD.

Kamu boleh masukkan dalam huruf besar maupun huruf kecil dan tekan OK, maka akan muncul halaman CMD berlatar hitam yang khas.

Langsung saja kamu masukkan perintah dengan mengetikkan 'netsh wlan show profiles' dan tekan enter. Setelah itu akan muncul nama jaringan-jaringan wifi yang pernah terkoneksi dengan laptop.

Setelah itu kembali masukkan perintah netsh wlan show profiles name (nama jaringan) key=clear .

Nah di sinilah akhirnya akan muncul data dari jaringan tersebut, berikut passwordnya. Password tersebut bisa kamu temukan dalam ‘Key Content’.

Setelah menyimpannya tentu saja kamu tinggal mencari koneksi dengan nama yang serupa dan masukkan password yang sudah diketahui tadi.

Seperti tips membobol sandi wifi sebelumnya, cara ini juga tidak berhasil mendapatkan sandi wifi orang lain. Dimana cara ini hanya akan menunjukkan password wifi yang sudah pernah digunakan perangkat tersebut.

3. Akses Menu ‘ Network and Internet’

Network Internet

Jika kamu menggunakan desktop atau laptop, ada juga cara lain yang bisa dilakukan untuk bobol password wifi, yakni dengan masuk ke menu ‘Network and Internet’ yang bisa ditemui di Control Panel.

Cara menemukan menu Control Panel bisa dilakukan di Start Menu atau dengan mengklik kanan tkamu wireless connection berbentuk sinyal, yang biasanya berada di pojok kanan bawah layar dekat status baterai, untuk masuk ke menu Open Network and Sharing Center.

Jika kamu membuka melalui Control Panel, carilah menu ‘Network and Internet’. Kemudian masuklah ke menu ‘Network and Sharing Center’ dimana di dalamnya akan bisa diketahui jaringan apa saja yang pernah terkoneksi dengan laptop kamu.

Pada jendela baru, kamu bisa melihat menu ‘Manage Wireless Networks’ untuk mengetahui password dari wifi yang terhubung ke laptop kamu. Untuk mengetahuinya kamu tinggal meng-klik ke nama jaringan yang mau dilihat passwordnya.

Setelah diklik, akan muncul tab baru yang isinya status dari koneksi wifi yang sedang kamu gunakan. Kliklah tab ‘wireless properties’ dan pilih tab ‘security’ di sebelah kanan.

Di dalamnya akan muncul detail dari wifi seperti security tipe, encryption type dan network security key.

Di sini network security key masih berupa titik-titik yang tak terbaca, dan untuk menampilkan karakter aslinya kamu tinggal mencentang ‘show characters’ dan tampillah password dari wifi yang sedang kamu gunakan.

Trik ini sebenarnya merupakan cara mengetahui password wifi yang sudah terhubung ke laptop kita tanpa mengetahui terlebih dahulu apa password tersebut.

Biasanya, alasan untuk mencari tahu password dengan cara ini adalah agar bisa menggunakannya lagi untuk menghubungkan piranti lain yang ingin kita aktifkan wifinya, misal hp atau tablet.

Kesimpulan

Dari cara membobol password wifi di atas yang Pricebook coba satu persatu untuk mendapatkan akses internet gratis tanpa harus download aplikasi, bahkan bisa dilakukan dari hp juga ternyata tidak berhasil.

Tapi tidak menutup kemungkinan sih ada cara bobol wifi lain yang bisa menembus password yang digunakan orang lain pada koneksi mereka. Namun cara mengetahui password wifi dengan membobolnya tidak Pricebook sarankan yaa.

Selain merugikan orang lain, membobol wifi orang lain tanpa diketahui pemiliknya ini juga melanggar hukum dan ada konskuensinya lho.

Jadi tidak ada salahnya jika kamu mencoba bertanya password wifi kepada pemiliknya. Dengan demikian, kamu bisa mendapatkan akses internet secara gratis tanpa harus membobol wifi mereka diam-diam.

Atau malah siapa tahu bisa diajak kenalan kan? Hehehe.

Like us!
Nur Abdillah

Content Writer

2423 Posts

Punya pengalaman di beberapa media yang mengulas gadget, seperti Tabloid SMS, Tabloid Roaming, Majalah Digicom hingga Majalah Techlife. Selalu berusaha berbagi informasi yang akurat dan terupdate seputar teknologi dan gadget.