Diperbaharui pada Senin, 13 Februari 2023 | 11:05

9 Cara Menggunakan Wi-Fi SD Card untuk Transfer Foto

Foto: Canon

Teknologi kamera smartphone semakin canggih serta memberikan kenyamanan ketika digunakan untuk mengabadikan momen saat berkumpul bersama keluarga dan sahabat, atau ketika pergi berlibur ke luar kota, hingga ke luar negeri. Namun, tidak dapat dipungkiri, pengguna kamera konvensional juga masih ada.

Di era foto digital sekarang ini, kamera DSLR pernah menjadi primadona karena mampu menghasilkan jepretan foto yang kualitasnya jauh lebih baik dari hasil foto menggunakan jenis kamera lainnya. Seiring waktu, teknologi kamera pocket dan mirrorless sudah semakin baik dan mampu menandingi DSLR.

Lalu, setiap masa memiliki kebutuhan yang berbeda, kualitas foto dari kamera konvensional tetap menjadi salah satu prioritas, namun kini pengguna kamera di era sosmed ingin kamera yang hasil foto dan videonya bisa ditransfer secara nirkabel ke hp, untuk diedit dan langsung diunggah ke Instagram atau YouTube.

Hal tersebut bisa dilakukan menggunakan kamera yang dilengkapi dengan konektivitas Wi-Fi. Namun bagaimana dengan kamera yang tidak punya koneksi Wi-Fi? Solusinya adalah menggunakan Wi-Fi SD Card.

Cara Kerja Wi-Fi SD Card

Wi-Fi SD Card adalah kartu memori dengan bentuk dan fungsi yang sama persis seperti SD Card pada umumnya, perbedaannya ada pada fitur, dimana Wi-Fi SD Card sudah mendukung jaringan nirkabel untuk transfer foto dan video.

Fitur tersebut memungkikan hasil foto dan video yang tersimpan didalamnya, dapat langsung ditransfer ke smartphone atau laptop, tanpa perlu dikeluarkan dari kamera, dan tanpa menggunakan kabel data sebagai perantara.

Kapasitas memori pda produk Wi-Fi SD Card juga tidak berbeda, mulai dari 8 GB, 16 GB, 32 GB, dst. Selain itu, ada juga produk Wi-Fi SD Card yang tidak memiliki memori internal. Untuk jenis yang kedua ini biasanya dilengkapi dengan slot microSD, sehingga fungsi utamanya adalah sebagai adapter.

Cara kerja Wi-Fi SD Card sedikit berbeda dengan SD Card biasa. Karena menggunakan jaringan nirkabel, maka Wi-Fi SD Card biasanya datang dengan aplikasi bawaan yang bisa diinstall di smartphone. Melalui aplikasi ini lah, proses transfer foto dan video dapat dilakukan.

Cara Menggunakan Wi-Fi SD Card

cara menggunakan wifi sd cardFoto: Dynabook

Budaya YouTube dan sosmed membuat para kreator konten di masa sekarang ini menjadi semakin sibuk berlomba menyajikan konten terbaik mereka, dengan target waktu publish secepat-cepatnya. Istilah kerennya, fear of missing out (FOMO).

Kamera smartphone dewasa ini memang bisa diandalkan, namun ada beberapa kreator konten yang lebih memilih untuk menggunakan kamera DSLR atau kamera mirrorless. Bila punya budget lebih, kamera dengan fitur Wi-Fi menjadi pilihan karena cepat dan efisien untuk transfer foto atau video.

Bila kamera tidak memiliki fitur Wi-Fi, solusi yang bisa dipilih adalah menggunakan Wi-Fi SD Card. Memang beberapa kamera ada yang menggunakan kartu memori jenis lain, namun umumnya, SD card yang paling banyak dipakai. Bila tidak yakin, maka bisa dicek dan pastikan dulu sebelum membeli.

Berikut ini adalah hal-hal yang perlu diperhatikan dan cara menggunakan Wi-Fi SD Card untuk transfer foto dan video ke smartphone.

  1. Pastikan kamera menggunakan jenis kartu memori SD Card.
  2. Pastikan kamera yang digunakan sudah kompatibel dengan Wi-Fi SD Card.
  3. Install aplikasi bawaan Wi-Fi SD Card ke smartphone.
  4. Pasang Wi-Fi SD Card ke dalam slot kartu memori pada kamera.
  5. Pada pengaturan kamera, gunakan mode "remote" agar kamera tetap menyala meski tidak digunakan memotret.
  6. Bila ingin mengambil gambar, gunakan kamera seperti biasa untuk memotret atau merekam video.
  7. Untuk melakukan transfer foto atau video ke smartphone, pastikan jaringan Wi-Fi di hp sudah diaktifkan.
  8. Proses pemindahan foto atau video akan terlihat di layar smartphone. Tunggu hingga selesai.
  9. Foto atau video dari kamera sudah disalin ke smartphone dan siap untuk diedit.

Cukup mudah bukan cara memindahkan foto atau video dari kamera ke hp dengan menggunakan Wi-Fi SD Card? Nah, selamat mencoba!

Like us!
Restu Aji Siswanto

Content Writer

1494 Posts

Gemar mengikuti perkembangan teknologi gawai, baik yang rilis di Indonesia maupun yang tidak masuk pasar lokal. Ketertarikan pada teknologi dan gawai menjadi motivasi untuk terus memberikan informasi, rekomendasi, dan tips berbelanja seakurat mungkin, melalui artikel dan ulasan produk.