Cara Install Ulang Windows Tanpa CD Atau Flashdisk, Gampang Banget!

Oleh Imam Ali updated Senin, 10 Jun 2019 | 10:15

Install ulang Windows biasanya menjadi senjata terakhir jika komputer atau laptop Anda sudah tak tertolong lagi dari virus atau lemot yang sudah tidak terelaki. Biasanya, dengan menginstall ulang Windows, komputer atau laptop akan berjalan mulus kembali.

Namun kadang ada kendala di mana Anda tidak dapat menggunakan CD atau flashdisk untuk menginstall ulang Windows karena takut terjadi kenapa-kenapa. Bisa jadi rusaknya CD-ROM atau USB Port juga menjadi kendala Anda tidak bisa menginstall ulang Windows.

Melalui artikel ini, Pricebook akan memberikan tips bagaimana cara install ulang Windows tanpa CD atau flashdisk. Perlu diperhatikan kalau cara ini hanya berlaku untuk Anda yang menjalankan OS Windows 10. Yuk, kita simak caranya!

Install Ulang Windows Tanpa CD atau Flashdisk Melalui Desktop

Untuk install ulang Windows tanpa CD atau flashdisk bisa kamu lakukan melalui desktop. Caranya, Anda cukup membuka Start Menu lalu pilih Settings. Kemudian pilih Update & Security lalu pilih Recovery dan klik Get Started.

Setelah meng-klik Get Started, Anda akan melihat notifikasi yang memberikan Anda 2 pilihan yaitu Keep my files dan Remove everything. Karena pada kasus ini Anda ingin benar-benar menginstall ulang Windows, baiknya Anda pilih Remove everything. Perlu dicatat, dengan memilih opsi ini maka Anda akan kehilangan semua file-file Anda. Jika Anda memilih Keep my files, akan ada resiko Anda tetap terjangkit virus karena kemungkinan ada file-file Anda yang terjangkit virus.

Setelah Anda menentukan opsi, maka tunggu saja sampai proses install ulang Windows selesai. Lama proses tergantung hardware pada komputer atau laptop Anda.

Install Ulang Windows Tanpa CD atau Flashdisk Melalui Boot Menu

Cara install ulang Windows tanpa CD atau flashdisk yang berikutnya adalah melalui boot menu. Anda dapat mengakses boot menu dengan cara merestart Windows Anda dan menekan tombol shift pada saat proses restart.

Setelah itu akan muncul menu Windows dan pilihlah Troubleshoot. Nanti akan tampil 3 pilihan diantaranya Refresh your PC, Reset your PC dan Advanced options / Uninstall Updates. Pilihlah antara Refresh your PC atau Reset your PC. Ingat, Reset your PC akan menghapus semua file-file Anda.

Tunggu proses install ulang Windows sampai selesai.

Anda juga dapat mengakses boot menu melalui CMD. Caranya sangat mudah. Anda cukup menekan tombol Windows + R dan ketik CMD lalu tekan enter. Setelah jendela CMD terbuka, ketik perintah berikut: shutdown.exe /r /o lalu tekan enter. Komputer atau laptop Anda akan restart otomatis dan Anda tinggal menentukan pilihan apakah Anda ingin Refresh your PC atau Reset your PC.

Demikianlah cara Install ulang Windows tanpa menggunakan CD atau flashdisk dengan mudah. Selamat mencoba!

Artikel Terkait

Komentar