Cara Mudah Edit Video di Windows 10

Oleh Imam Ali updated Selasa, 4 Des 2018 | 09:35

 

Tahukah kamu kalau Windows 10 memiliki aplikasi edit video tersembunyi yang berfungsi seperti Windows Movie Maker atau Apple Movie. Kamu bisa menggunakan aplikasi ini untuk memotong video (trim) atau kamu bisa membuat video kreasi mu sendiri dan video slideshow. Bahkan kamu juga bisa membuat video secara otomatis dari koleksi foto-foto.

Fitur ini adalah bagian dari aplikasi Photos yang ada di Windows 10. Dan fitur tersembunyi ini sudah ada sejak Microsoft meluncurkan update Fall Creators pada bulan Mei 2017 lalu. Nah bagaimana cara menggunakan fitur edit video tersembunyi pada Windows 10? Yuk kita simak caranya!

Edit Video Mudah dan Cepat

Sudah dijelaskan sebelumnya jika ternyata di dalam windows 10 terdapat aplikasi edit video mudah dan cepat. Kini memang tidak lagi menggunakan windows movie maker, bahkan jika Anda mencoba untuk menelusurinya pun pasti diwajibkan untuk mendownload. Tapi ternyata, cara edit video mudah dan cepat sudah ada di windows 10. Jadi seperti apa caranya?

Menggunakan aplikasi Photos, pasti bertanya tanya kenapa aplikasi photos kan edit video? Dari pada terlalu lama begini caranya. Hal pertama yang harus dilakukan adalah membuka aplikasi photos dengan mengaktifkan menu Start > Photos, langkah selanjutnya klik menu bar video projects. Setelah masuk ke halaman video project, lanjutkan klik tanda plus "+" untuk membuat video baru.

Kondisi berikutnya, Anda akan dibawa masuk ke halaman video editing. Pilih file yang Anda ingin buat menjadi video, bisa dari gambar atau potongan-potongan video yang akan disatukan.

Jika sudah, lanjutkan klik create di bagian pojok kanan atas, tunggu selama beberapa detik aplikasi edit video windows 10 akan memproses file gambar atau kumpulan video Anda menjadi sebuah video utuh.

Sesi Terakhir adalah, pemberian nama atau judul video sesuai dengan yang Anda inginkan. Sebagai tambahan, aplikasi edit video windows 10 juga menyediakan fitur filter dan juga efek seperti zoom in, zoom out, till up dan till down serta masih banyak lainnya.

Trim, Slow Motion dan Menggambar di Video

Pertama-tama, untuk mengedit file video, bukalah file video dengan menggunakan aplikasi Photos. Kamu bisa melakukannya dengan cara klik kanan pada file video lalu pilih Open With > Photos.

Video yang kamu pilih tadi akan muncul pada aplikasi Photos, Kamu juga bisa memutar video pada aplikasi Photos ini.

Untuk mengedit foto, pilih Edit & Create pada menu toolbar.

Setelah kamu klik Edit & Create kamu dapat melihat sejumlah tools untuk mengedit video yang dapat kamu gunakan. Diantaranya ada Trim, Add Slo-mo, Save photos, Draw, Create video with text, dan Add 3D effects.

Sebagai contoh, untuk memotong video, pilih Trim pada menu. Untuk menggunakan fitur trim, geser 2 penanda pada playback bar untuk menandai scene mana yang ingin kamu simpan. Kamu bisa menggeser pin yang berwarna biru untuk melihat apa yang tampil pada video tersebut. Atau, kamu dapat mengklik tombol play untuk memutar section pada video yang telah kamu pilih.

Jika sudah selesai, klik “Save a Copy” untuk menyimpan file yang sudah kamu trim tadi. Untuk berhenti mengedit video kamu cukup klik “cancel” saja.

Aplikasi Photos pada Windows 10 menyimpan file video yang sudah di-edit ke dalam folder yang sama dengan folder tempat kamu menyimpan video original. Penamaannya juga sama dengan video yang asli hanya saja ada tambahan kata Trim pada video yang sudah diedit.

Tool berikutnya adalah “Add Slo-mo”. Fitur ini berfungsi untuk menambahkan efek slow motion pada video kamu. Caranya juga sangat mudah. Kamu tinggal menandakan saja pada bagian mana pada video yang ingin kamu tambahkan efek slow motion.

Yang berikutnya ada fitur “Save Photos”. Fitur ini berfungsi untuk memilih frame pada video dan menyimpannya sebagai file foto. Pada bagian bawah player kamu bisa menggunakan tombol “Previous Frame” dan “Next Frame” untuk memilih frame mana yang ingin kamu simpan menjadi file foto.

Fitur yang terakhir adalah “Draw”. Fitur ini berfungsi untuk menambahkan gambar tangan pada video. Kamu bisa menggunakan ballpoint dan pensil kaligrafi. Kamu juga bisa memilih warna dan menghapusnya.

Nah, cukup menarik bukan fitur-fitur tersembunyi dari aplikasi Photos di Windows 10? Jika kamu ingin mengedit video dengan mudah, fitur rahasia  pada aplikasi Photos ini merupakan pilihan yang tepat untuk kamu. Selamat mencoba!

Artikel Lainnya

Komentar