Cara Screenshot di Laptop dan PC Windows, Sekali Klik

Oleh Imam Ali updated Senin, 3 Des 2018 | 16:30

cara screenshot di laptop

Bagi kamu yang sudah sering menggunakan laptop atau PC, kegiatan screenshot layar mungkin bukan lagi hal baru. Screenshot sendiri dilakukan untuk berbagai macam keperluan. Masalahnya, apakah semua orang tahu cara screenshot di laptop atau cara screenshot di PC?

Screenshot sendiri adalah gambar tangkapan layar yang digunakan untuk berbagai keperluan. Fitur screenshot sudah ada dalam sistem operasi bawaan hingga berbagai macam aplikasi screenshot layar laptop yang tersedia di pasaran.

Walau sangat mudah dilakukan, nyatanya masih ada sebagian dari kamu yang masih belum tahu bagaimana cara screenshot di laptop atau PC Windows. Untuk melakukannya, kamu cukup mengikuti tutorial di bawah ini:

Cara Screenshot di Laptop

1. Lightshot

Plihan pertama ketika Anda menginginkan sebuah aplikasi screenshot laptop dan PC terbaik adalah Lightsot. Berbekal sebuah aplikasi screenshot ini, Anda bisa melakukan pengambilan gambar atau screenshot dengan cara yang sangat mudah dan cepat. Caranya screenshot laptop pilih terlebih dahulu gambar yang mau di screenshot, kemudian pada menu Taskbar klik icon Lightshot.

Setelah itu, Anda tinggal pilih area yang ingin di screenshot dengan bantuan mouse komputer dan sesuaikan ukuran gambarnya. Terakhir, klik gambar disket untuk save gambar dan disimpan dengan format PNG, JPEG dan BMP. Lightshot juga memberikan pilihan lain pada menunya seperti mengupload langsung ke server atau cloud mereka. Kemudian ada juga fitur berbagi gambar screenshot ke sosial media, print gambar, copy gambar, memberi warna pada gambar screenshot, memberi teks pada gambar, memberi tanda marker, memberi tanda panah, dan memberi tulisan dengan tools pen.

Selain Anda bisa mengedit langsung gambar screenshot nya, aplikasi Lightshot ini juga punya resolusi tinggi sehingga gambar yang dihasilkan pastinya memuaskan. Kemudian ukuran aplikasi ini juga kecil Sob, hanya sebatas 4 MB saja. Aplikasi screenshot PC terbaik resolusi tinggi ini bisa digunakan untuk Windows XP, Windows 7, Windows 8 serta Macintosh.

2. Schirmfoto

Aplikasi pengambil gambar layar PC terbaik selanjutnya yang wajib ada daftar adalah Schrimfoto. Bermodalkan aplikasi ini, Sobat bisa menyimpan gambar yang ditampilkan pada desktop komputer secara cepat dan tentunya sangat mudah sekali. Tidak cuma bisa mengambil gambar biasa Sob, disini Sobat juga bisa menambahkan beberapa elemen pada gambar screenshot tersebut seperti watermark, tanda marker, crop, print, copy to clipboard, export to dan masih banyak lagi. Beragam format gambar pun juga bisa Sobat pilih ketika menyimpan gambar screenshot tadi, seperti JPG, PNG dan PDF.

Selain handal dalam mengambil gambar dengan resolusi tinggi, Schrimfoto juga bisa merekam video yang ditampilkan pada desktop. Oke banget kan? Kemudian hal lain yang ditawarkan oleh aplikasi screenshot gratis ini adalah kecepatan dalam hal instalasinya. Maklum saja, ukuran aplikasi ini sangat kecil, hanya 5 MB saja dan cocok untuk segala sistem operasi dari mulai Windows XP, Windows 7, Windows 8, maupun Windows 10.

Adapun cara penggunaan Schrimfoto juga sangat mudah, Sobat hanya perlu meng-klik icon kamera yang disediakan dan gambar pun akan langsung terambil secara full desk. Kalau Sobat hanya membutuhkan gambar pada bagian-bagian penting saja, Sobat masih bisa merubah pengaturan yang disediakan. Untuk bisa menggunakan aplikasi pengambil gambar resolusi tinggi ini, Sobat harus terlebih dahulu meregistrasikan aplikasi Schrimfoto lewat e-mail. Dan nantinya Sobat akan mendapat serial number yang digunakan untuk mengaktifkan aplikasi ini.

3. Screenshot Captor

Aplikasi screenshot PC selanjutnya yang tidak kalah dalam menawarkan gambar dengan resolusi tinggi adalah Screenshot Captor. Kelebihan aplikasi screenshot panjang Screenshot Captor dibanding dengan aplikasi sejenis lainnya adalah kemampuannya menangkap gambar saat jendela bergulir, hal ini tentunya sangat pas untuk menangkap gambar sebuah dokumen yang punya halaman banyak dan panjang.

Selain itu, aplikasi ini juga pastinya bisa menangkap gambar dengan cara biasa dengan tampilan full screen atau juga beberapa bagian tertentu sesuai dengan keinginan Sobat. Dan seperti halnya aplikasi screenshot lainnya, di dalam Screenshot Captor ini juga dibekali beberapa tools tambahan yang bisa Sobat tambahkan ke gambar screenshot supaya terlihat lebih menarik.

Beberapa tools tersebut antara lain menambahkan frame, borders, shadow effects, blurring, watermark dan masih banyak lagi. Selain bisa berjalan pada PC atau laptop dengan berbagai tipe sistem operasi, aplikasi gratis ini juga punya ukuran kecil yaitu 8 MB.

4. Jing

Tidak berbeda jauh seperti Lightshot, aplikasi screenshot PC ini juga menawarkan kemudahan ketika Sobat mengambil gambar pada desktop hanya dengan bantuan mouse. Fitur serta tools yang ditawarkan pun juga tidak terlalu berbeda dengan aplikasi SS kebanyakan, diantaranya Sobat bisa memberikan tanda panah (arrow) dengan berbagai warna, menambahkan teks, menambahkan frame, serta menambahkan border untuk menandai sebuah tulisan atau bagian tertentu pada gambar screenshot. Sayangnya, format gambar screenshot yang bisa dihasilkan oleh Jing adalah PNG saja.

Namun, ada satu fitur yang ada pada Jing yang tidak banyak dimiliki oleh aplikasi untuk ambil gambar layar gratis lainnya, yaitu kemampuannya merekam video pada layar dengan durasi paling lama 5 menit. Ya, berbekal aplikasi ini Sobat bisa merekam video pada layar secara mudah dan praktis tanpa membutuhkan aplikasi screen recorder khusus. Untuk bisa menggunakan fitur ini Sobat hanya tinggal memilih Capture Video saat muncul pilihan menu.

Print Screen dengan PrtSc SynRq

Sebenarnya cara screenshot di laptop atau cara screenshot di PC Windows bisa dibilang sama saja. Karena, kedua perangkat ini rata-rata menggunakan sistem operasi yang sama yaitu Windows buatan Microsoft.

Cara screenshot mudah dan cepat yang kami berikan berlaku untuk banyak versi Windows yaitu Windows XP, Windows 7, Windows Vista, Windows 8, Windows 8.1, sampai Windows 10.

1. Cara Screenshot di Laptop Menggunakan Tombol Windows + prt sc

screenshot di laptop
via saltash121.wordpress.com

Cara sceenshot layar laptop yang pertama ini sudah dilakukan mulai dari Windows XP eksis. Walau sudah tidak diupdate lagi, cara screenshot di laptop pada Windows XP ini masih dilakukan pada Windows 7, Windows Vista, Windows 8, Windows 8.1, sampai Windows 10.

Untuk melakukannya sangatlah mudah;

  • Tekan Logo Windows+Print Screen (PrtSc) secara bersamaan pada keyboard komputer.
  • Setelah itu layar laptop atau PC akan berkedip sebentar, hal ini menunjukkan kalau proses screenshot sudah selesai.
  • Lalu gambar hasil screenshot akan tersimpan secara otomatis di folder picture laptop tepatnya C:\Users\[nama user]\Pictures\Screenshots.

2. Cara Screenshot di Laptop Menggunakan Tombol prt sc

cara screenshot di laptop
via leagueoflegends.com

Pengguna Windows XP, Windows 7, Windows 8, Windows 8.1, dan Windows 10 juga dapat melakukan cara screenshot di laptop ini. Caranya adalah dengan menekan tombol prt sc (Print Screen) saja.

Setelah menenekan tombol prt sc, maka tugas selanjutnya adalah membuka aplikasi untuk cara melihat hasil screenshot di laptop, kita ambil contoh di aplikasi paint bawaan Windows. Setelah dibuka, langsung tekan ctrl + v secara bersamaan untuk mempaste gambar. Bisa juga dengan klik kanan lalu pilih paste.

Setelah itu, hasil screenshot akan langsung terlihat di paint. Tidak hanya dengan menggunakan paint saja, kita juga masih bisa menggunakan aplikasi screenshot laptop lain seperti Microsoft Word untuk melihat hasil screenshot tersebut.

3. Cara Screenshot di Laptop Menggunakan Tombol alt + prt sc

cara screenshot di laptop
via flickr.com

Cara screenshot ini juga bisa dilakukan di Windows XP, Windows 7, Windows 8, Windows 8.1, dan Windows 10. Caranya juga hampir sama seperti sebelumnya. Di mana kamu cukup menekan tombol alt + prt sc.

Setelah itu buka aplikasi Paint atau Microsoft Word untuk mempaste screenshot yang telah diambil tadi. Selain tombol, cara screenshot ini juga memiliki perbedaan di hasilnya. Di mana hanya jendela aktif saja yang akan di capture. Sementara bagian taskbar dan yang lain tidak bisa diambil screenshot-nya.

4. Cara Screenshot di Laptop Menggunakan Snipping Tool

cara screenshot di laptop
via leotips.com

Pada sistem operasi Windows baru, terdapat sebuah aplikasi bawaan yang bernama Snipping Tool. Aplikasi ini berguna untuk melakukan screenshot dan membuat anotasinya. Untuk menggunakan aplikasi ini, kamu perlu membukanya dengan cara memanggil melalui Cortana (Windows 10) atau klik Start dan ketik “snipping tool”.

Setelah aplikasi terbuka, klik new dan langsung pilih area screenshot yang dipilih. Setelah itu kamu bisa langsung menyimpannya atau melakukan screenshot ulang bila merasa tidak puas.

5. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

cara screenshot di laptop
via ngwin.com

Menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk melakukan screenshot sebenarnya cukup rumit dilakukan. Namun keunggulan dari aplikasi screenshot dari pihak ketiga biasanya adalah memiliki fitur yang lebih banyak.

Ada banyak aplikasi screenshot, sebut saja Snip Editor, Microsoft Snip, PicPick, dan lainnya lagi. Banyak yang menganggap kalau sebenarnya lebih baik menggunakan aplikasi pihak ketiga lebih baik karena kita bisa langsung melakukan editing gambar secara langsung di sana.

Kami ambil contoh dari Picpick, aplikasi ini menyajikan fitur lengkap untuk melakukan screenshot di laptop. Tampilan PicPick cukup mirip dengan Paint, namun punya fitur yang lebih banyak. Salah satunya adalah kita bisa mengambil screenshot dalam berbagai jenis ukuran layar.

PicPick juga memiliki aplikasi screenshot editor sendiri. Sangat menarik bukan?

Itulah cara screenshot di laptop Mudah dan cepat dilakukan bukan? Sebenarnya semua cara screenshot di laptop yang kami sebutkan di atas sudah sangat lumrah dilakukan, tinggal kamu mau memilih melakukan cara yang mana.

Artikel Terkait

Komentar