Diperbaharui pada Kamis, 14 Januari 2021 | 09:42

Perbandingan WhatsApp, Telegram, Signal, Kelebihan dan Kekurangan

Telegram vs WhatsAppFoto: Pixabay

Seiring berkembangnya teknologi, aplikasi bertukar pesan selalu bersaing satu sama lainnya. Berbagai aplikasi tersebut menawarkan beragam fitur menarik dan keunggulan yang tidak dimiliki aplikasi lain.

Seperti yang kita ketahui, saat ini aplikasi bertukar pesan yang paling populer adalah WhatsApp. Hampir setiap pengguna smartphone pasti memiliki aplikasi WhatsApp untuk bertukar pesan. 

Tampilannya yang ringkas menjadikan WhatsApp aplikasi andalan untuk kepentingan keluarga, sekolah, maupun bisnis. Namun, WhatsApp sempat diterpa isu keamanan yang menyangkut data pribadi.

Melalui platform resminya, WhatsApp telah merilis pernyataan pers, sekaligus klarifikasi terkait isu tersebut, dengan menjabarkan beberapa poin sbb:

  • Pihak WhatsApp maupun Facebook, tidak dapat melihat pesan atau mendengarkan panggilan penggunannya, karena dilindungi oleh enkripsi end-to-end.
  • WhatsApp tidak menyimpan logs pengguna.
  • WhatsApp tidak dapat melihat lokasi yang dibagikan oleh pengguna melalui aplikasi chat.
  • WhatsApp tidak memberikan kontak pengguna kepada Facebook, atau aplikasi apapun.
  • Tidak ada data dari grup WhatsApp yang diberikan kepada Facebook untuk kebutuhan iklan.

Namun, hal ini tidak menghalangi pengguna WhatsApp untuk mulai beralih ke aplikasi chat lainnya, yaitu Telegram dan Signal, yang memiliki banyak kesamaan dengan WhatsApp.

Secara umum, WhatsApp, Telegram, dan Signal, memiliki fungsi utama yang sama, yaitu untuk berbagi pesan kepada sesama penggunanya. Singkatnya, ketiga aplikasi chat ini serupa tapi tak sama.

Lalu, apa yang sebenarnya yang paling membedakan diantara keduanya, dan mana diantara WhatsApp, Telegram, dan Signal, yang lebih baik? Berikut kami jabarkan perbandingannya.

Perbedaan WhatsApp dan Telegram

Meski sama-sama berfungsi sebagai alat bertukar pesan, ketiga aplikasi ini memiliki beberapa perbedaan. Berikut ini perbedaan-perbedaan yang dimiliki oleh WhatsApp, Telegram, dan Signal.

Tampilan

Berdasarkan tampilannya, kedua aplikasi ini memiliki tampilan yang ringkas. Jika pada aplikasi WhatsApp didominasi dengan warna hijau, aplikasi Telegram didominasi dengan warna biru laut layaknya tampilan Twitter.

Namun untuk Signal, tampilan ruang chat-nya terlihat sangat mirip dengan WhatsApp, dengan warna hijau dominan yang juga serupa. Aplikasi chat Signal terkesan sebagai copy dari WhatsApp.

Pada halaman utama WhatsApp terdapat kolom chat yang dilengkapi dengan menu bar dibagian bawah, yang terdiri dari status, calls, kamera, dan pengaturan. Sedangkan dibagian atasnya terdapat tab pencarian, edit, dan ikon untuk membuat pesan baru.

Ini sangat mirip dengan aplikasi Telegram dan Signal yang juga memiliki desain tampilan serupa. Bedanya, menu bar pada Telegram dan Signal terletak di sisi kanan dan kiri. Selebihnya persis seperti pada WhatsApp.

Fitur

Beralih ke fitur lainnya, aplikasi Telegram akan secara otomatis membackup data dan isi pesan kamu di aplikasi. Sementara pada WhatsApp, kamu harus membackup data secara manual.

Telegram juga mampu mengirim gambar dengan resolusi lebih besar, hingga ukuran 1,5 GB, sedangkan WhatsApp hanya bisa mengirim gambar dengan maksimal 100 MB.

Signal memiliki fitur yang kurang lebih serupa dengan WhatsApp dan Telegram. Namun kelebihan aplikasi chat satu ini ada pada kemampuan editing foto built-in yang dimilikinya.

Bukan hanya itu, kapasitas dalam grup Telegram juga bisa menampung lebih banyak orang, yaitu sekitar 10 ribu orang. Tentunya ini jauh lebih besar dibandingkan WhatsApp yang hanya bisa menampung 250 orang.

Sementara pada aplikasi Signal, jumlah maksimum kontak yang dapat ditampung dalam grup adalah 1000 orang. Dalam hal ini, Telegram memiliki kelebihan dibandingkan kedua aplikasi chat lainnya.

Kelebihan dan Kekurangan WhatsApp

Telegram vs WhatsAppFoto: Google Play Store

Kelebihan

1. Penggunaan lebih ringkas

Tampilan WhatsApp yang lebih ringkas ini membuat para penggunanya tidak ingin berpaling ke aplikasi lain. Semua fitur yang ada di WhatsApp terstruktur secara rapi, sehingga memudahkan penggunanya dalam menggunakan aplikasi tersebut.

2. Bisa bikin stories

WhatsApp menyediakan fitur stories untuk mengabadikan momen-momen tertentu. Fitur ini didesain mirip seperti pada aplikasi Instagram.

3. Sudah banyak digunakan

Kelebihan WhatsApp lainnya adalah sudah banyak digunakan oleh kebanyakan orang. Hal ini tentu memudahkan kita untuk bertukar pesan dengan siapapun.

Kekurangan

1. Stiker kurang menarik

Stiker yang disediakan pada WhatsApp kurang menarik, terutama bagi anak muda. Mungkin, ini dikarenakan WhatsApp ditargetkan ke segala jenis usia secara umum. Jadi, tidak banyak stiker menarik yang bisa kamu dapatkan di WhatsApp.

2. Harus melakukan backup manual

Meskipun WhatsApp telah menyediakan fitur Backup, namun tidak sedikit para penggunanya yang malas melakukan backup data pada aplikasi WhatsApp. 

Ini dikarenakan fitur backup pada WhatsApp harus dilakukan secara manual sehingga bisa memakan waktu yang cukup lama.

3. Terlalu sering update

Sebagai aplikasi konvensional, WhatsApp tentunya ingin selalu memberikan inovasi yang terbaik kepada para penggunanya. Namun, nampaknya ini membuat aplikasi WhatsApp sering melakukan update untuk mendapatkan versi terbarunya.

Kelebihan dan Kekurangan Telegram

Telegram vs WhatsAppFoto: Google Play Store

Kelebihan

1. Memiliki fitur keamanan yang lebih ketat

Telegram memiliki tingkat keamanan yang lebih ketat dari pada WhatsApp. Jika aplikasi WhatsApp dibekali enkripsi end to end sebagai jaminan privasi. Telegram juga dibekali fitur secret chat yang kabarnya lebih ketat keamanannya.

2. Memiliki banyak stiker yang menarik

Berbeda dari aplikasi WhatsApp yang kurang memiliki stiker menarik, Telegram menyediakan beragam stiker yang jauh lebih menarik dari pada WhatsApp. Tidak heran jika banyak orang yang mengirim stiker Telegram ke Aplikasi WhatsApp nya. 

3. Memuat lebih banyak orang di dalam grup

Kelebihan lainnya tidak lain adalah kapasitas dalam grup chat. Jika kamu pemilik bisnis besar, atau memiliki komunitas besar yang terdiri dari ratusan bahkan ribuan orang, mungkin Telegram bisa menjadi alternatif yang baik untukmu.

Kekurangan

1. Memakan banyak ruang penyimpanan

Meskipun Telegram mampu mengiriim gambar dalam resolusi besar hingga 1,5 GB, namun tidak menutup kemungkinan bahwa aplikasi ini juga akan memakan banyak ruang penyimpanan di hp kamu.

2. Tidak bisa bikin stories

Berbeda dari aplikasi WhatsApp, Telegram tidak menyediakan fitur stories seperti yang ada pada aplikasi Instagram.

3. Belum banyak digunakan

Mengingat aplikasi ini belum sepopuler WhatsApp, tentunya akan mempersulit kamu untuk berinteraksi dengan teman lainnya yang tidak menggunakan aplikasi ini.

Kelebihan dan Kekurangan Signal

Perbandingan WhatsApp, Telegram, Signal, Kelebihan dan Kekurangan-3Foto: Google Play Store

Kelebihan

1. Keamanan dalam percakapan

Signal dilengkapi dengan State-of-the-art end-to-end encryption hasil dukungan the open source Signal Protocol, yang akan membuat semua percakapan chat maupun panggilan, dijamin keamanannya.

2. Lebih cepat

Pengiriman pesan dapat dilakukan dengan lebih cepat, bahkan ketika jaringan sedang buruk. Signal memiliki performa yang baik dalam hal ini.

3. Independen

Signal sepenuhnya non profit dan independen, sehingga tidak ada iklan maupun algoritma khusus yang menyasar riwayat pemakaian penggunannya.

4. Kualitas audio jernih

Dimanapun penggunannya berada, audio yang dihasilkan oleh aplikasi Signal memang jauh lebih baik dibandingkan WhatsApp maupun Telegram.

5. Bisa Dark Mode

Untuk menjaga kesehatan mata penggunanya, Signal memiliki opsi Dark Mode.

6. Bisa edit foto

Signal dilengkapi dengan image editor built-in untuk mengolah gambar atau foto menjadi lebih menarik.

Kekurangan

1. Terlalu banyak update

Signal memiliki jeda update yang lumayan sering. Walaupun sebenarnya bagus, namun kadang jadi mengganggu sekali bagi beberapa penggunanya.

2. Pesan tidak dapat dikirim

Bila aplikasi Signal yang kita miliki belum diupdate, maka kita tidak bisa mengirim atau menerima pesan apa pun.

3. Harus sinkronisasi ulang sehabis update

Bila aplikasi Signal baru diupdate, maka pengguna harus kembali melukan sinkronisasi ulang menggunakan QR code agar dapat dipakai di desktop.

Kesimpulan

Dilihat dari fiturnya, nampaknya Telegram menyediakan banyak fitur yang lebih unggul dari WhatsApp dan Signal. Setalah dibandingkan, Signal memang memiliki fitur yang menarik, namun kekurangan yang dimilikinya cukup mengganggu.

Setelah membandingkan head to head ketiga aplikasi chat ini, apa kah Telegram ini mampu mengalahkan popularitas WhatsApp?

Like us!
Restu Aji Siswanto

Content Writer

1488 Posts

Gemar mengikuti perkembangan teknologi gawai, baik yang rilis di Indonesia maupun yang tidak masuk pasar lokal. Ketertarikan pada teknologi dan gawai menjadi motivasi untuk terus memberikan informasi, rekomendasi, dan tips berbelanja seakurat mungkin, melalui artikel dan ulasan produk.