Diperbaharui pada Senin, 20 Juni 2022 | 14:47

7 Tips Memilih Laptop untuk Jualan Online

tips memilih laptop
Jualan online menjadi salah satu pilihan yang banyak dilakukan oleh masyarakat, terutama setelah pandemi Covid-19 di mana interaksi fisik menjadi sangat terbatas. Dua tahun setelah pandemi, Indonesia memasuki masa endimi, namun berjualan online masih tetap menjadi opsi terbaik saat ini.

Untuk memulai jualan online yang pasti harus mempersiapkan terlebih dahulu apa saja yang menjadi alat untuk menjual produk serta yang digunakan untuk media komunikasi antara Anda dan juga pembeli.

Salah satu perangkat yang sangat dibutuhkan untuk berjualan online adalah laptop yang biasanya dipakai untuk mengatur kebutuhan toko. Selain itu, Anda juga perlu hp yang pemakaiannya khusus untuk berjualan (bukan hp pribadi). Terakhir, tentu saja jaringan internet.

Khusus untuk laptop, ada berbagai jenis laptop yang spesifikasinya akan sangat berpengaruh terhadap performa bisnis Anda. Anda tidak membutuhkan laptop dengan spek tinggi, namun yang pas dan sesuai kebutuhan saja.

Tips Memilih Laptop untuk Jualan Online

tips beli laptop buat bisnis online

Berjualan online saat ini dapat dilakukan hanya dari perangkat hp saja, namun untuk kebutuhan yang lebih spesifik dan luas, hp saja menjadi tidak cukup. Anda perlu setidaknya satu buah laptop yang khusus digunakan untuk berjualan.

Namun, mengingat laptop adalah salah satu perangkat yang penting dalam menjalani bisnis jualan online, maka Anda juga harus  memilih laptop dengan spesifikasi yang dapat memenuhi berbagai kebutuhan untuk mengoperasikan toko online.

Sebaiknya Anda harus memperhatikan beberapa hal sebelum membeli laptop untuk berjualan online, yaitu: 

1. Merk laptop

Sebelum membeli laptop sebaiknya Anda memilih merk laptopnya terlebih dahulu. Banyak sekali merk laptop yang ada di Indonesia contohnya seperti laptop ASUS murah, laptop Dell, laptop Acer, dan masih banyak yang lainnya.

Namun memang yang paling populer di Indonesia dan cocok untuk berjualan online adalah ketiga merk laptop tersebut. Anda harus menyesuaikan dengan selera Anda merk laptop sesuai keinginan.

2. Daya Tahan Fisik dan Baterai

Untuk berjualan online lebih baik untuk memilih laptop yang memiliki daya tahan fisik yang baik dan juga memiliki kapasitas baterai yang awet sehingga bisa lebih leluasa dalam menggunakannya.

Hal ini juga berkaitan jika Anda ingin mencoba mengelola jualan online Anda di tempat lain selain di rumah sehingga harus memiliki daya tahan baterai yang baik.

3. Media Penyimpanan

Kekuatan jualan online tentunya terletak pada media yang akan ditampilkan, bisa berupa foto, gambar, poster, atau pun video. Hal tersebut yang menuntut Anda harus memilih laptop dengan media penyimpanan besar untuk menyimpan gambar dan video agar tidak hilang.

Dengan banyaknya kapasitas penyimpanan akan memudahkan Anda membuat arsip yang sangat penting untuk masa depan sehingga foto dan video tetap kan tertampung.

laptop untuk online shop

4. Sistem Operasi

Pilihlah merk laptop terbaik yang memiliki sistem operasi yang terbaru. Saat ini tersedia laptop dengan sistem operasi Windows 10 dan Windows 11, namun untuk harga yang lebih murah, Anda bisa memilih Windows 7.

Memilih laptop dengan sistem operasi yang masih bisa diupdate sangat kami sarankan, agar aman dan terhindar dari berbagai virus yang bisa merugikan, apalagi saat Anda berselancar di internat.

5. Keamanan

Karena laptop yang digunakan untuk berjualan online berisi tentang hal-hal yang sangat penting maka keamanan ini menjadi hal yang sangat vital.

Saat ini banyak laptop yang memiliki keamanan yaitu seperti Fingerprint, Face detector, enkripsi data, dan lain sebagainya. Selain itu, gunakan laptop yang memiliki anti virus agar Anda aman dalam melakukan jual beli.

6. CPU dan GPU

CPU dan GPU merupakan dua faktor yang penting karena dapat menunjang kinerja laptop. CPU dan GPU juga sangat berpengaruh pada harga yang akan dijual. Semakin besar kemampuan CPU dan GPU maka harganya akan lebih mahal.

Jika Anda masih memiliki modal yang kecil pilihlah laptop murah saja dan jika nanti sudah memiliki uang lebih bisa diganti.

7. Konektivitas

Karena jualan online melibatkan internat, maka pastikan laptop Anda sudah bisa terkoneksi dengan internat yang akan membuat Anda terus terhubung dan bisa melayani para konsumen dengan baik.

Cara Menyesuaikan Spek Laptop dengan Kebutuhan

laptop untuk jualan online

1. Ukuran

Anda juga harus mengetahui kebutuhan Anda sehingga bisa menentukan ukuran laptop yang tepat. Anda bisa memilih Netbook yang ukurannya kecil yaitu 16-13 inci dan mudah dibawa ke mana-mana biasanya tidak ada DVD ROM. 

Anda juga bisa memilih Notebook yang berukuran 13,i inci dengan prosesor yang memadai dan dibekali dengan DVD ROM. Selanjutnya adalah laptop itu sendiri yang memiliki besar layar 18 inci dan memiliki ukuran yang lebih besar dan berat sehingga kurang nyaman dibawa ke mana-mana.

2. Kegunaan

Walaupun sudah jelas laptop yang akan Anda gunakan adalah untuk berjualan online, akan tetapi jika bisa dijabarkan lagi maka kegunaan ini akan sangat banyak. Ada yang menggunakan laptop hanya untuk meng-input data penjualan.

Ada yang menggunakan untuk sekalian mendesain grafis dan juga ada yang digunakan sekaligus untuk membalas chat para pelanggan, dan masih banyak lagi yang bisa ditelaah.

Semoga tips memilih laptop untuk jualan online ini bisa bermanfaat untuk Anda ya. Selamat mencoba!

Like us!
Restu Aji Siswanto

Content Writer

1099 Posts

Gemar mengikuti perkembangan teknologi gawai, baik yang rilis di Indonesia maupun yang tidak masuk pasar lokal. Ketertarikan pada teknologi dan gawai menjadi motivasi untuk terus memberikan informasi, rekomendasi, dan tips berbelanja seakurat mungkin, melalui artikel dan ulasan produk.