Diperbaharui pada Senin, 14 Desember 2020 | 15:22

Bardi Vs Xiaomi Vs Philips, Perang Lampu Pintar Mencari yang Terpintar

Oleh Imam Ali

bardi vs xiaomi yeelight vs philips wiz

Smart Light, Smart Bulb atau biasa dikenal dengan lampu pintar di Indonesia saat ini sudah semakin populer. Bahkan, percaya atau tidak, beberapa fasilitas umum di wilayah Indonesia sudah menggunakannya.

Paling ramai digunakan saat ini adalah lampu pintar yang merespon motion, jadi akan menyala ketika sesuatu baik orang maupun hewan melewatinya. Bahkan ada beberapa model yang digunakan untuk kamar mandi dengan cara kerja menutup pintu lampu menyala.

Tapi kali ini Pricebook tidak akan membahas jenis lampu pintar tersebut. Kami akan membahas salah satu brand smart light ternama dan terkenal saat ini, BARDI.

Muncul dengan beragam jenis lampu pintar serta produk smart home lain, BARDI mulai menjadi jajaran atas pelopor periperal smart home di Indonesia.

BARDI Smart Light Bulb 9 Watt dan 12 Watt

bardi smart light

Di meja uji Pricebook sudah ada dua buah jenis smart light dari BARDI berjenis bulb dengan kapasitas 9 watt dan 12 watt.

Sepintas terlihat serupa, tapi pastinya memiliki kualitas yang berbeda jika dilihat dari kapasitas besaran listrik yang dibawa.

Dimulai dari BARDI Smart Light Bulb 9 Watt, model ini jadi bohlam termurah jenis ini dari BARDI dengan kisaran harga Rp115.000. Meski hanya berkekuatan 9 watt, jenis ini tetap memiliki kualitas lumen yang baik dengan 900 lumens.

Kami juga mencoba BARDI Smart Light Bulb RGB 12 WATT. Menariknya, namun harganya justru lebih murah dibanding versi 9 WATT.

Dijual dengan harga berkisar Rp160.000, versi 12 WATT ini memiliki tingkatan cahaya yang cukup tinggi 1110 dan yang membuat dia menjadi bohlam pintar yang awet adalah suhu yang menyerupai BARDI 9 WATT yaitu 2700 - 6500 Kelvin.

Bardi vs Philips vs Xiaomi

bardi vs philips vs xiaomi

Tapi kali ini kami tidak ingin membahas berapa harga dari BARDI Smart Light ataupun spesifikasinya saja. Kami mencoba untuk melakukan uji head to head dengan dua produk ternama yang saat ini juga jadi pilihan banyak orang untuk kategori lampu pintar.

Yaitu, PHILIPS SMART WIFI LED dan juga YEELIGHT SMART LED BULB 1S (COLOR)

PHILIPS SMART WIFI LED jadi kompatitor dengan harga termahal, yakni berkisar antara Rp234.500. Kekuatan cahayanya mencapai 806 lumens sama-sama memiliki daya 9 WATT, namun dengan temperatur warna 2200 - 6500 Kelvin.

Kemudian ada Yeelight Smart LED Bulbs 1S, bohlam buatan Xiaomi ini juga memiliki harga yang lebih mahal dari BARDI dikisaran Rp229.000.

Yeelight mampu hasilkan cahaya dengan teganggan 8.5 WATT serta temperatur warna pada angka 1700-6500 Kelvin.

Tak perlu banyak perkenalan produk, berikut hasil head to head dari keempat bohlam pintar berdasarkan penggunaan.

Desain

desain smart light

Jika dibandingin dari sisi design,  bohlam yang paling memiliki kesan solid dan premium adalah bohlam dari Xiaomi yang memiliki bentuk paling beda diantara lainnya dengan bobot paling berat serta build quality-nya yang terlihat kokoh.

Sedangkan produk Bardi dan Philips memiliki bentuk yang cukup identik sebagaimana kebanyakan bohlam pada umumnya.

Namun dibalik itu semua, kenyataanya bardi justru yang memiliki build quality lebih baik ketimbang philips dan Xiaomi. Philips sendiri terkesan kopong, dan Xiaomi terlalu berat.

Jika dibandingkan secara nyata, Xiaomi memiliki karakter batu, keras dan berat, sedangkan Philips seperti pernak-pernik bulat pada natal, kopong dan terlalu ringan meskipun bagi sebagian orang akan berpikir Philips lebih baik, tapi nyatanya lebih rentan.

Sedangkan Bardi, secara konstruksi sangat pas, baik dari ketahanan, ketebalan serta berat yang dikandung.

Keempatnya memiliki balon bohlam berwarna putih susu, hanya saja tingkatan temperature warna yang berbeda menjadikan hasil cahaya keempatnya juga memiliki tingkat kecerahan yang berbeda. Biasanya ini juga pengaruh dari jumlah lilitan kalo berbicara tentang bohlam biasa.

Konektivitas

aplikasi smart light

Sudah dipastikan jika produk smart pasti membutuhkan sebuah aplikasi untuk user interface serta pengaturan.

Xiaomi Yeelight dapat dioperasikan dengan menggunakan aplikasi Yeelight, sedangkan Philips Wiz menggunakan aplikasi Wiz dan untuk bardi menggunakan aplikas Bardi smart home.

Dari eksperimen yang sudah kami lakukan untuk menyambungkan keempat bohlam pada 1 perangkat hp serta jaringan WiFi yang sama, hasilnya masing-masing lampu pintar memiliki rentan waktu pairing yang bervariasi.

Paling cepet tersambung Bardi 9 Watt yang hanya membutuhkan waktu 20 detik sedangkan varian 12 watt membutuhkan waktu 23 detik. Urutan tercepat ketiga dipegang xiaomi yeelight dengan waktu pairing 27 detik.

Sedangkan Philips smart wifi led masih membutuhkan waktu untuk setup yang sedikit lebih lama yakni 1 menit 43 detik. Dari sini sudah bisa jadi bukti kalau bardi memiliki konektivitas yang jauh lebih baik dikelasnya.

Voice Control

voice control

Keempat hp pada akhirnya mampu terkoneksi dengan baik pada perangkat hp kami. Sekarang saatnya membandingkan kinerjanya dengan fitur voice control.

Kami menggunakan Google Assistant untuk mencoba keempat lampu pintar ini dalam perbandingan kali ini.

Bardi bekerja dengan baik mulai dari versi 9 watt maupun 12 watt, sangat responsif dan hanya butuh waktu 1 detik untuk menyala dan 1 detik untuk padam ketika kami memberikan perintah suara.

Philips dan Xiaomi membutuhkan waktu yang bervariasi, Xaomi Yeelight butuh waktu 3 detik untuk menyala dan 2 detik untuk padam, sedangkan Philips membutuhkan waktu 2 detik untuk menyala dan 4 detik untuk padam.

Music Function

smart light music

Secara fitur keempat bohlam memiliki kemampuan yang hampir sama, yakni diberkahi dengan 16 juta pilihan warna yang dapat kalian pilih secara spesifik dari masing-masing aplikasi.

Kalian juga bisa melakukan pengaturan nyala dan padam lampu melalui aplikasi, membuat jadwal sendiri kapan harus menyalakan kapan harus mematikan.

Jadi Anda tak perlu khawatir lupa mematikan lampu saat pergi keluar rumah. Rumah aman, listrik aman, kerja dan berlibur tenang.

Perbedaan terletak pada fitur music function yang mampu membuat warna lampu berubah sesuai ritme dan beat music. Lagi-lagi, Bardi menang berkat adanya fitur ini, termasuk Xiaomi Yeelight.

Bardi memiliki kemampuan yang lebih baik dalam mengikuti ritme music, sedangkan Xiaomi Yeelight cukup terasa delay perubahan warnanya dalam 1 sampai 2 detik.

Dari fitur ini, semakin mengerucutkan kemenangan Bardi secara telak dibandingkan Xiaomi Yeelight dan juga Philips yang sudah jelas tidak memiliki fitur ini.

Warna

bardi vs xiaomi vs philips

Terakhir adalah perbandingan tingkat akurasi warna, pada bagian kalian membandingkan warna pencahayaan yang dihasilkan dari keempat lampu ini.

Meskipun memiliki kekuatan daya berbeda, tapi secara temperature warna keempatnya tidak memiliki perbedaan yang signifikan.

Untuk mode warna merah, hijau, dan biru atau warna dasar RGB, Bardi cenderung memberikan ciri khas warna yang lembut dan kalem.

Xiaomi Yeelight lebih gahar dengan kecerahan yang menyilaukan, sementara Philips, masih berada pada ambang rata-rata cahaya.

Namun, ketika lampu menyala pada kondisi normal, kecerahan warna putih pada Bardi menang telak. Tidak menyilaukan dengan karakter terang yang cukup baik model 9 Watt ataupun 12 Watt. Keduanya sangat pas jika digunakan untuk bersantai ataupun sebagai lampu belajar.

Versi 12 Watt juga bisa dijadikan alternative untuk lampu memotret, karena memberikan warna putih yang sangat baik. Sedangkan untuk Xiaomi Yeelight dan juga Philips, cenderung mengarah kearah kebiruan, dan sedikit lebih panas suhu disekalianrnya.

Keunggulan Smart Light

keuntungan smart light

Teknologi lampu pintar memungkinkan  kalian menyalakan dan mematikan lampu ruangan  dengan HP melalui koneksi Wi-Fi atau bluetooth. Lebih dari itu kalian bisa mengatur terang dan redupnya cahaya.

Berikut adalah lima keuntungan jika kalian menggunakan teknologi lampu pintar.

Dikontrol melalui smartphone

Setelah lampu ditempatkan pada dudukannya, kalian bisa segera menyambungkannya melalui koneksi, Wi-Fi, Bluetooth, atau kabel LAN.

Langkah selanjutnya adalah menginstal aplikasi lampu pintar tersebut dari masing-masing perusahaan pembuat lampu. Seperti Bardi dengan menggunakan Bardi Smart Home, setelahnya kalian bisa bebas mengatur pencahayaan ruangan kalian.

Setelah menginstal aplikasi dalam smartphone, kalian dapat segera mengatur pencahayaan ruangan dari ponsel. Kalian dapat mematikan, menyalakan, dan juga mengatur redup terangnya cahaya.

Misalnya, meredupkan lampu saat hendak tidur juga mengatur agar lampu secara otomatis padam ketika kalian telah bangun di pagi hari.

Meningkatkan kualitas tidur

Ketika menggunakan lampu neon biasa, masalah yang kerap timbul adalah seringkali lampu yang kalian beli terlalu terang atau terlalu redup. Lampu yang terlalu terang membuat kalian gerah dan lampu yang terlalu redup memusingkan kalian ketika beraktivitas di kamar pada malam hari.

Nah dengan teknologi lampu pintar, ini kalian bisa meredupkan cahaya lampu pada malam hari sehingga perlahan mampu membuat kalian terlelap.

Lampu pintar ini mampu memancarkan cahaya dan temperatur yang didesain sedemikian rupa untuk meningkatkan kadar melatonin, sebuah zat dalam tubuh yang membuat tidur lebih berkualitas.

Pada siang hari kalian juga bisa juga mengatur pencahayaan lampu menjadi lebih terang agar meningkatkan produktivitas kerja.

Menghemat daya dan tahan lama

Sebagai perbandingan, lampu bohlam biasa umurnya hanya sampai 1000-2000 jam pemakaian. Selain tahan lama, kalian juga bisa lebih menghemat daya dengan lampu pintar.

Teknologi LED sebenarnya sudah lebih hemat dibanding dengan lampu biasa. Apalagi ditambah dengan teknologi pintar di dalamnya.

Dengan teknologi lampu pintar kalian bisa menghemat daya yang berarti juga menekan biaya tagihan listrik.

Teknologi lampu pintar memungkinkan kalian mengatur kapan lampu nyala dan mati. Bahkan lampu pintar yang disertai sensor gerak mampu secara otomatis mati ketika ruangan tertentu telah kalian tinggalkan.

Kemampuan mengubah warna cahaya yang dipancarkan

Keunggulan lain dari lampu pintar ini tentu saja kalian bisa mengatur warna lampu sesuai mood atau aktivitas yang tengah kalian jalani.

Kalian bisa secara bebas memilih aneka ragam warna cahaya melalui smartphone. Pemilihan cahaya ini penting untuk meningkatkan produktivitas kerja atau membantu kalian untuk menjalani hari dengan lebih ceria.

Misalnya kalian hendak membaca, kalian dapat mengubah warna dengan pencahayaan yang putih terang.

Ketika suhu udara tengah terik, kalian dapat membantu menyejukkan suhu ruangan dengan lampu yang terang namun temaram sehingga tidak membuat panas.

Begitu pun ketika kalian tengah mengadakan pesta, kalian dapat mengubah ke warna yang mencolok seperti warna merah jambu, ungu, atau hijau. Intinya warna cahaya lampu bisa dikustomisasi sesuai mood kalian.

Cara Menyalakan Lampu BARDI Melalui Aplikasi BARDI

cara menyalakan lampu bardi

BARDI smart home menyediakan berbagai produk smart home unggulan seperti lampu pintar ( smart blub ). BARDI Smart LED Bulb adalah bohlam pintar yang bisa di mati nyalakan, diubah warna dan diatur kecerahan melalui aplikasi selama ada wifi/hotspot.

Produk BARDI ini juga bisa di control atau di sambungkan dengan Google Home & Amazon Alexa & Siri. Dan bagi kamu yang ingin mengetahui cara menyambungkan BARDI Smart LED Bulb simak penjelasan / tutorial dibawah ini.

Menyalakan Bardi dengan Aplikasi Bardi Smart Home

- Download Aplikasi BARDI Smart Home di Playstore
Unduh aplikasi BARDI di playstore atau klik disini.

- Buka Aplikasi BARDI pilih tanda + di kanan atas
Selanjutnya buka aplikasi BARDI dan kemudian pilih tambah perangkat dengan tanda (+) yang berada di pojok kanan atas.

- Tambahkan Perangkat
Pilih perangkat mana yang akan ditambahkan , misalnya Smart Bulb 9W – RGBWW tambah perangkat manual BARDI

- Pilih Wifi dan masukan password Wifi
Setelah itu dilanjutkan dengan memilih jaringan wifi dan memasukan password wifi tersebut.

Reset perangkat BARDI

bardi smart light bulbs

Selanjutnya dilanjutkan dengan mereset perangkat lampu dengan cara menekan on off pada saklar lampu BARDI yang sudah terpasang 3x. Jika lampu berkedip terus menerus artinya lampu sudah tereset.

Jika sudah centang Confirm indikator rapidly blink dan klik Next

reset perangkat BARDI

Adding Device

BARDI akan mencari perangkat yang sudah tereset sebelumnya dan yang terjangkau dengan wifi. Tunggu hingga 100%

Ubah nama perangkat BARDI

Setelah selesai kamu dapat mengubah nama perangkat yang telah berhasil ditambahkan. Jika sudah klik Selesai.

Setelah mengikuti petunjuk diatas kamu dapat mengatur lampu pintar BARDI Smart LED Bulb di halaman utama dengan berbagai fitur yang tersedia seperti mengubah warna lampu secara manual atau mengikuti irama lagu dan banyak lagi fitur lainnya.

Kesimpulan

Dari kondisi perbandingan di atas, secara konektivitas serta fitur yang disertakan, Bardi jadi rekomendasi yang pas untuk sebuah lampu pintar dengan harga murah.

Selain itu, karakter warna yang cerah serta keakuratan sinkronisasi pada aplikasi dan lampu juga bisa jadi penawaran yang baik dari Bardi untuk para pengguna.

Like us!

Komentar