Diperbaharui pada Kamis, 2 Maret 2023 | 18:22

Hands-on Garmin MARQ Collection Second Generation, Mewah dan Tangguh

smartwatch garmin terbaik

Garmin meluncurkan seri luxury modern tool watch terbarunya, yaitu MARQ Collection Second Generation yang terdiri dari lima model, yaitu MARQ Athlete, MARQ Adventurer, MARQ Golfer, MARQ Captain, dan MARQ Aviator. Setiap modelnya dirancang dengan keunikan yang khas.

Mengusung material titanium Grade-5 dan layar sentuh AMOLED dengan lapisan lensa dome berbahan sapphire, MARQ Collection Second Generation menawarkan desain yang otentik, mewah, dan tangguh, yang selaras dengan identitas Garmin. 

Smartwatch Garmin terbaru ini hadir dengan berbagai fitur khusus dan masa pakai baterai hingga 16 hari dalam mode smartwatch. Setiap luxury modern tool watch MARQ Collection Second Generation ini dirancang secara khusus untuk tipe pengguna yang berbeda.

Scoppen Lin selaku Assistant General Manager Garmin Asia mengungkapkan bahwa MARQ Collection Second Generation adalah bentuk komitmen Garmin terhadap kualitas, inovasi, dan keandalan.

Menurut Scoppen, smartwatch MARQ telah menerapkan standar baru dalam industri jam tangan luxury tradisional, dengan rangkaian fitur autentik, fungsionalitas jam tangan pintar, dan material premium yang memukau.

Desain Mewah dan Nyaman Digunakan

harga garmin marq collection

Pricebook mendapatkan kesempatan untuk merasakan sekaligus mencoba langsung kelima smartwatch baru MARQ Collection Second Generation, dan kesan pertama yang saya rasakan cukup memuaskan.

Smartwatch MARQ Collection Second Generation dirancang secara khusus oleh Garmin dengan menggunakan material premium seperti kristal safir, keramik dan nilon jacquard-weave.

Elemen unik juga ditemukan pada bagian tali berbahan titanium, kulit, nilon dan tali silikon yang dapat digunakan di seluruh model MARQ Collection Second Generation. 

Selain itu, untuk menambah kenyamanan pada pergelangan tangan penggunanya, Garmin juga melengkapi tali jam dengan mekanisme QuickFit. Saya merasakan langsung nyamannya memakai smartwatch Garmin terbaru ini.

Penggunaan titanium grade-5 membuat MARQ Collection Second Generation diklaim memiliki durabilitas tinggi, hingga lima kali lebih kuat dan keras dari baja. Material ini membuat smartwatch tahan terhadap goresan, panas dan korosi dibandingkan dengan material baja tahan karat. 

Salah satu fitur yang memicu rasa penasaran saya adalah Jet Lag Adviser yang membantu memahami kondisi fisik dan mental saat bepergian ke dalam atau luar negeri. Selain itu, hadir pula beragam fitur premium lainnya.

Rangkaian smartwatch MARQ Collection Second Generation memiliki dukungan Multi-band GNSS, GPS multi frekuensi (L1+L5) dan teknologi Garmin SatIQ. 

Ketiganya berkesinambungan mengunci keakuratan posisi di lingkungan apapun sembari mengoptimalkan daya tahan baterai dengan cara memilih mode satelit yang tepat secara otomatis. 

Berikut kesan pertama dan pengalaman saya ketika hands-on Garmin MARQ Collection Second Generation.

MARQ Athlete

smartwatch garmin terbaru

MARQ Athlete dibekali dengan fitur-fitur yang dimaksimalkan untuk berolahraga. Dari kelima smartwatch dalam seri ini, MARQ Athlete adalah favorit saya dari segi desain.

Rangka MARQ Athlete menggunakan bahan titanium, dengan bezel berlapis DLC. Tali jam ini terbuat dari karet silikon yang sangat nyaman ketika saya memakainya.

Smartwatch ini bisa melacak semua aspek performa, latihan dan pemulihan dengan memanfaatkan metrik lanjutan yang disebut Training Readiness, yang memberikan skor berdasarkan kualitas tidur, pemulihan, beban latihan dan lainnya.

Untuk pelari, MARQ Athlete hadir dengan fitur-fitur pelatihan lanjutan seperti PacePro yang bisa menentukan strategi terbaik berkat panduan yang telah disesuaikan dengan course dan real-time stamina yang melacak penggunaan tenaga.

MARQ Athlete juga dilengkapi dengan aplikasi olahraga yang mendukung berbagai jenis kegiatan atletik seperti berlari, bersepeda, berenang, ski, golf, tenis, gym, berselancar, yoga hingga pilates.

MARQ Adventurer

smartwatch garmin terbaru

MARQ Adventurer terasa solid ketika dipakai. Desain modern dengan strap hybrid kombinasi bahan kulit dan karet FKM membuat keseluruhan tampilannya cocok untuk dijadikan sebagai smartwatch untuk aktivitas harian.

Di bagian bezel-nya terdapat kompas yang menunjukkan arah mata angin 360 derajat untuk membantu pengguna tetap di jalur yang tepat saat bertualang, serta didukung dengan fitur Orienteering untuk membantu navigasi.

MARQ Adventurer dilengkapi dengan peta TopoActive untuk mengakses dan menavigasi tempat-tempat menarik, profil ketinggian, serta fitur NextFork yang memberikan informasi jarak ke persimpangan jalur berikutnya dan yang akan datang.

MARQ Golfer

smartwatch garmin terbaru

Meski dibuat untuk mendukung olahraga golf, namun MARQ Golfer cukup pas untuk dipakai sebagai daily driver, karena fitur-fitur umumnya tetap ada.

Ketika pertama kali melihat dan memegang langsung smartwatch ini, desainnya langsung mengingatkan saya pada lapangan gold dengan strap nylon tritone green jacquard-weave berwarna hijau yang teksturnya juga menyerupai rumput.

MARQ Golfer dibalut pahatan keramik hijau, dengan bezel anti-gores yang kokoh. Bobotnya agak berat, namun ketika saya coba untuk memakainya, ternyata cukup nyaman dan tidak membatasi gerakan.

Dilengkapi dengan lebih dari 42.000 informasi lapangan golf di seluruh dunia, MARQ Golfer dapat secara otomatis mendeteksi pengguna bermain di lapangan mana. 

Lebih lanjut, modern tool watch ini juga akan memberikan gambaran yang tepat mengenai jarak ke lubang dan kemiringan di area Green menggunakan fitur Green Contours (perlu berlangganan di aplikasi Garmin Golf).

MARQ Golfer juga memiliki fitur-fitur seperti Virtual Caddy, Hazard View, Wind Data, PinPointer dan termasuk tiga unit Approach CT10 golf club sensor untuk club tracking otomatis.

MARQ Captain

smartwatch garmin terbaru

MARQ Captain hadir dengan bezel berwarna navy ceramic yang membawa nuansa seperti lautan, dengan Regatta Timer dan strap jacquard weave nylon bergaris layaknya lintasan balapan. 

Regatta Timer bawaan membantu pengguna MARQ Captain untuk memulai lomba di posisi start lebih presisi dan tepat waktu dengan memanfaatkan GPS time untuk menghitung posisi ideal dan penghitung waktu mundur.

Tersedia juga fitur Alerts dan Alarm yang akan memberikan sinyal jika terjadi perubahan pasang surut air dan terjadi dragging anchor

MARQ Captain dirancang untuk orang yang hobi berlayar serta pembalap Regatta karena memungkinkan pengguna memiliki akses auto pilot untuk mengubah arah, mengaktifkan pola kemudi dan mengikuti rute. 

MARQ Captain juga dilengkapi dengan profile untuk aktivitas di air seperti kayak, stand up paddleboarding, windsurfing, kitesurfing, dan kiteboarding.

MARQ Aviator

smartwatch garmin terbaru

MARQ Aviator adalah smartwatch yang dirancang untuk pilot, dengan strap berbahan titanium, jepitan pengunci di bagian strap, dan bezel keramik dengan tampilan waktu 24-jam GMT. 

Smartwatch ini bisa digunakan untuk bernavigasi ke lokasi atau waypoint dari database aeronautika dunia. Selain itu, hadir juga fungsi Nearest untuk mengaktifkan panduan jalur ke bandara terdekat. 

Fitur peringatan penerbangan, memungkinkan pilot menetapkan crosswind minimum dan kondisi penerbangan yang nyaman, hingga memperoleh informasi kapan waktu yang tepat untuk terbang.

Bagi pelancong, tersedia fitur Jet Lag Adviser untuk menampilkan zona waktu awal saat memulai penerbangan, waktu saat itu, dan waktu di tempat tujuan. 

Waktu akan diperbarui secara otomatis dan menampilkan panduan 24/7 tentang cuaca, waktu tidur dan rekomendasi olahraga.

Fungsi-fungsi yang dapat digunakan oleh pilot diantaranya adalah peta, radar NEXRAD, METAR, TAF, dan MOS1, serta pemantau kiecepatan angin, jarak pandang, hingga tekanan barometrik.

Tertarik untuk memiliki salah satu dari kelima smartwatch Garmin MARQ Collection Second Generation ini? Berikut daftar harganya:

  • Garmin MARQ Athlete Gen 2: Rp 32.699.000
  • Garmin MARQ Adventurer Gen 2: Rp 35.999.000
  • Garmin MARQ Captain Gen 2: Rp 37.799.000
  • Garmin MARQ Golfer Gen 2: Rp 39.599.000
  • Garmin MARQ Aviator Gen 2: Rp 41.299.000

Kelima varian MARQ Collection Second Generation sudah tersedia di Garmin Brand Stores Offline Seluruh Indonesia dan Garmin Official Stores Online. 

Like us!
Restu Aji Siswanto

Content Writer

1495 Posts

Gemar mengikuti perkembangan teknologi gawai, baik yang rilis di Indonesia maupun yang tidak masuk pasar lokal. Ketertarikan pada teknologi dan gawai menjadi motivasi untuk terus memberikan informasi, rekomendasi, dan tips berbelanja seakurat mungkin, melalui artikel dan ulasan produk.