Diperbaharui pada Kamis, 4 Maret 2021 | 15:49

DJI Rilis FPV Drone, Bisa Rekam Video First Person, Harga 20 Jutaan

DJI Rilis FPV Drone, Bisa Rekam Video First Person, Harga 20 Jutaan-0Foto: DJI

Setelah beredar rumor di media sosial, DJI akhirnya meluncurkan drone terbaru, FPV Drone, yang dikhususkan untuk perekaman video dari sudut pandang orang pertama (first person view/FPV).

FPV drone ini biasanya digunakan untuk merekam acara balap motor atau mobil, dimana kamera dari drone tersebut akan menampilkan sudut pandang dari si pembalap.

DJI mengatakan kalau FPV drone ini dibekali sejumlah teknologi pendukung, seperti teknologi DJI OcuSync yang memungkinkan drone memiliki tingkat respons secara cepat, sehingga pengguna dapat mengontrol dengan cepat untuk menghindari objek di depannya

Pengguna juga dapat menggunakan kacamata DJI FPV Goggles V2 untuk melihat hasil objek yang lebih nyata dan membuat pengguna merasa seperti ikut terbang di udara. 

DJI Rilis FPV Drone, Bisa Rekam Video First Person, Harga 20 Jutaan-1Foto: DJI

Tidak hanya itu, kacamata tersebut juga dibekali teknologi wireless dengan bitrate 50 Mbps, yang mampu menyesuaikan laju dan kecepatan drone saat merekam video.

DJI mengklaim bahwa FPV Drone-nya itu bisa melaju hingga mencapai kecepatan 140 km/jam dengan tingkat akselerasi 100 km/jam dalam waktu dua detik, bahkan bisa dikontrol dari jarak jauh maksimal 10 km.

FPV Drone buatan DJI ini juga dilengkapi sejumlah mode fitur perekaman, yang diantaranya seperti standard low-latency HD, Smooth, Audience, Normal, Manual, hingga Sport Mode, yang memungkinkan drone dapat terbang dengan kecepatan maksimal dengan pemosisian menggunakan GPS.

DJI Rilis FPV Drone, Bisa Rekam Video First Person, Harga 20 Jutaan-2Foto: DJI

Selain itu, ada juga fitur Emergency Brake and Hover untuk mencegah drone tertabrak dengan objek lain saat melaju dengan kecepatan tinggi, serta fitur Visual Positioning Sensors (VPS) yang memungkinkan drone dapat mendaratkan dan lepas landas drone dengan mulus.

Pada sektor kamera, FPV Drone sudah dibekali format 4K, yang mendukung frame rate 60fps dan bitrate 120 Mbps. 

Kamera drone tersebut juga mampu merekam video 1080p dengan frame rate 120fps, serta dibekali fitur gimbal single-axis dengan teknologi penstabil gambar DJI rockSteady, yang berguna agar perekaman tetap stabil ketika drone bermanuver.

DJI FPV Drone dijual dalam paket lengkap (DJI FPV Combo) yang dibanderol dengan harga $1.299 dolar atau sekitar Rp 18,5  jutaan untuk pasar Amerika Serikat, sedangkan di Tanah Air akan dibanderol mulai dari Rp 20 jutaan, yang kini bisa dipesan secara pre-order di DJI Store Grand Indonesia.

Pengguna juga dapat membeli komponen lain yang dijual terpisah, seperti dua paket intelligent Flight Batteries dan charging hub yang dijual seharga $299 atau sekitar Rp 4.2 jutaan, serta Motion Controller yang dijual dengan harga $199 dolar atau sekitar Rp 2. 8 jutaan.

Like us!
Suci Risanti

Contributor

212 Posts