10 Situs Lowongan Kerja Terpercaya, Cari Kerja Jadi Gampang!

Oleh Imam Ali updated Senin, 24 Jun 2019 | 17:51

aplikasi lowongan kerja

Di era internet sekarang ini, informasi tentang lapangan kerja atau sering disebut loker tentu lebih mudah diakses. Tapi tetap saja, persaingan antara para pencari kerja tetap tinggi. Untuk memastikan Anda dapat mendaftar cepat dan mendapatkan informasi paling update, Anda bisa gunakan fasilitas situs lowongan kerja. Jika ingin tahu lebih soal situs ini, mari bahas bersama di sini!

Kelebihan Situs Lowongan Kerja

Saat menggunakan situs lowongan kerja, ada banyak kelebihan yang bisa Anda nikmati dari situ. Anda mungkin menganggap bahwa website dengan app ini hanya akan memberikan informasi saja, tapi sebenarnya Anda bisa mendaftar dari tempat itu langsung.

Pendaftaran langsung dari app ini tentu lebih mudah. Anda hanya perlu melakukan upload persyaratan yang dibutuhkan ke website ataupun melalui app. Cara seperti ini tergolong praktis dan cepat dibandingkan Anda harus datang langsung ke tempat lowongan kerja dan submit dokumen.

Tentu saja tidak semua lowongan kerja hanya menerima upload persyaratan. Beberapa di antaranya akan menawarkan akses langsung ke website mereka sendiri untuk keperluan registrasi. Tapi melalui website lowongan kerja ini, akses ke website kantor mereka bisa lebih mudah.

Karena website ini menyediakan app, Anda bisa akses database lowongan mereka secara langsung dari smartphone ataupun device mobile lainnya. Kemudahan akses ini tentu membuat Anda bisa selalu update di mana saja.

Informasi yang didapat dari website lowongan kerja ini juga bisa dibilang cepat update. Jadi saat ada input pekerjaan baru, Anda bisa langsung lihat update secara live. Hal ini tentu memudahkan Anda yang membutuhkan info loker secepat mungkin.

Di beberapa website, mereka bekerja dengan banyak organisasi lowongan kerja di Indonesia secara langsung. Hal ini tentu membuat jumlah lowongan kerja yang bisa Anda lihat tidak hanya tergantung dari perusahaan yang memasang di website secara langsung tapi juga dari berbagai perusahaan lain di seluruh Indonesia yang dicover organisasi.

Kelemahan Situs Lowongan Kerja

Walaupun banyak memiliki kelebihan, tentu saja situs lowongan kerja ini memiliki kelemahan. Kelemahan ini tentu bukan masalah bagi beberapa orang, tapi dari segi penggunaan, hal kecil ini terasa menjengkelkan.

Kelemahan pertama yang paling jelas adalah jumlah pekerjaan yang disediakan terkadang tidak memiliki indikator jelas berapa pesaingnya. Tentu info lowongan kerja tersebut bisa menyebutkan membutuhkan 5 orang, tapi karena secara online, Anda tidak akan mengetahui apakah 5 orang disini sudah terisi semua ataupun belum.

Kejadian lain yang menjengkelkan juga adalah perusahaan yang tidak update info soal lowongan kerja mereka. Beberapa perusahaan hanya memasang lowongan kerja untuk jangka waktu tertentu tapi tidak mencabut info ini setelah lowongan terisi.

Hal ini tentu membuat banyak orang yang mencari pekerjaan tetap submit ke pemasang lowongan tersebut dan tidak mendapatkan balasan sama sekali. Terkadang di beberapa situs lowongan pekerjaan ini, Anda hanya mendapatkan informasi soal lowongan tapi masih harus melakukan submit persyaratan manual.

Di situs tersebut, mereka hanya menyediakan informasi lowongan tanpa ada interaksi online untuk mendaftar sama sekali. Biasanya di situs lowongan kerja yang seperti ini, mereka hanya menyediakan info kontak dari pemasang lowongan saja.

Daftar situs Lowongan Kerja

aplikasi lowongan kerja

Setelah Anda mengerti tentang kelebihan dan kekurangan menggunakan situs lowongan kerja, Anda tentu tertarik info soal situs mana yang paling recommended untuk dicoba. Berikut adalah beberapa situs dan app yang bisa Anda pilih dan coba:

JobStreet

LinkedIn

JobsDB

Indeed Job

Job Today

Trovit Jobs

Freelancer

Jobs ID

LINE Jobs

Lowongan Kerja Update

Perlu diingat bahwa situs dan app lowongan kerja di atas adalah 10 yang paling digunakan, tapi tentu masih banyak lagi situs lain yang menyediakan layanan lama.

Mencoba lebih banyak situs tentu lebih menguntungkan dibandingkan hanya menggantungkan pada 10 pilihan di atas saja. Coba buka banyak sekaligus jika ingin lebih pasti mendapatkan pekerjaan. 

Cara Menggunakan Situs Lowongan Kerja

aplikasi lowongan kerja

Setiap pilihan situs lowongan kerja di atas tentu memiliki jalur spesifik yang bisa digunakan. Cara menggunakan situs lowongan kerja bisa berbeda, tapi tentu ada persamaan yang bisa Anda perhatikan di sini.

Kebanyakan situs lowongan kerja akan meminta Anda mendaftar untuk mengakses fiturnya. Saat mendaftar di sini, Anda sebaiknya menggunakan data yang jujur dan paling update karena info akun bisa saja dicek oleh pemasang lowongan.

Di beberapa situs seperti LinkedIn, Anda juga bisa memasang portofolio di akun untuk memudahkan pengecekan oleh pemasang lowongan. Di dalam akun Anda, detail skill dan juga sejarah pekerjaan bisa Anda cantumkan. Informasi ini akan memperkuat posisi Anda saat melamar pekerjaan dari situs – situs tersebut.

Misal Anda isi informasi profil akun dengan posisi pengalaman kerja sebagai sales manager selama 6 tahun. Tentu hal ini nantinya bisa Anda update setiap saat. Nah, untuk mendaftar lowongan, beberapa situs website mengizinkan Anda mendaftar dan mengupload persyaratan di situ langsung. Tapi beberapa tempat lain seperti LINE Jobs, Anda harus menghubungi pihak pemasang lowongan secara terpisah dan mengikuti pendaftaran di luar situs.

Walaupun begitu, hal ini tentu lebih mudah dibandingkan Anda mencari manual melalui koran untuk lapangan kerja. Karena itu penggunaan situs – situs lowongan kerja ini tidak bisa diremehkan.

Artikel Terkait

Komentar