Diperbaharui pada Rabu, 5 Agustus 2020 | 14:02

Ada Lowongan Baru di Aplikasi Ini!

Oleh Imam Ali

aplikasi lowongan kerja

Di era internet sekarang ini, informasi tentang lapangan kerja atau sering disebut loker tentu lebih mudah diakses. Tapi tetap saja, persaingan antara para pencari kerja tetap tinggi.

Untuk memastikan Anda dapat mendaftar cepat dan mendapatkan informasi paling update, Anda bisa gunakan fasilitas situs lowongan kerja. Jika ingin tahu lebih soal situs ini, mari bahas bersama di sini!

Kelebihan Situs Lowongan Kerja

kelebihan situs lowongan kerja

Saat menggunakan situs lowongan kerja, ada banyak kelebihan yang bisa Anda nikmati dari situ. Anda mungkin menganggap bahwa website dengan app ini hanya akan memberikan informasi saja, tapi sebenarnya Anda bisa mendaftar dari tempat itu langsung.

Pendaftaran langsung dari app ini tentu lebih mudah. Anda hanya perlu melakukan upload persyaratan yang dibutuhkan ke website ataupun melalui app.

Cara seperti ini tergolong praktis dan cepat dibandingkan Anda harus datang langsung ke tempat lowongan kerja dan submit dokumen.

Tentu saja tidak semua lowongan kerja hanya menerima upload persyaratan. Beberapa di antaranya akan menawarkan akses langsung ke website mereka sendiri untuk keperluan registrasi.

Tapi melalui website lowongan kerja ini, akses ke website kantor mereka bisa lebih mudah. Karena website ini menyediakan app, Anda bisa akses database lowongan mereka secara langsung dari smartphone ataupun device mobile lainnya.

Kemudahan akses ini tentu membuat Anda bisa selalu update di mana saja. Informasi yang didapat dari website lowongan kerja ini juga bisa dibilang cepat update.

Jadi saat ada input pekerjaan baru, Anda bisa langsung lihat update secara live. Hal ini tentu memudahkan Anda yang membutuhkan info loker secepat mungkin.

Di beberapa website, mereka bekerja dengan banyak organisasi lowongan kerja di Indonesia secara langsung.

Hal ini tentu membuat jumlah lowongan kerja yang bisa Anda lihat tidak hanya tergantung dari perusahaan yang memasang di website secara langsung tapi juga dari berbagai perusahaan lain di seluruh Indonesia yang dicover organisasi.

Kelemahan Situs Lowongan Kerja

kelemahan situs lowongan kerja

Walaupun banyak memiliki kelebihan, tentu saja situs lowongan kerja ini memiliki kelemahan. Kelemahan ini tentu bukan masalah bagi beberapa orang, tapi dari segi penggunaan, hal kecil ini terasa menjengkelkan.

Kelemahan pertama yang paling jelas adalah jumlah pekerjaan yang disediakan terkadang tidak memiliki indikator jelas berapa pesaingnya.

Tentu info lowongan kerja tersebut bisa menyebutkan membutuhkan 5 orang, tapi karena secara online, Anda tidak akan mengetahui apakah 5 orang disini sudah terisi semua ataupun belum.

Kejadian lain yang menjengkelkan juga adalah perusahaan yang tidak update info soal lowongan kerja mereka. Beberapa perusahaan hanya memasang lowongan kerja untuk jangka waktu tertentu tapi tidak mencabut info ini setelah lowongan terisi.

Hal ini tentu membuat banyak orang yang mencari pekerjaan tetap submit ke pemasang lowongan tersebut dan tidak mendapatkan balasan sama sekali.

Terkadang di beberapa situs lowongan pekerjaan ini, Anda hanya mendapatkan informasi soal lowongan tapi masih harus melakukan submit persyaratan manual.

Di situs tersebut, mereka hanya menyediakan informasi lowongan tanpa ada interaksi online untuk mendaftar sama sekali.

Biasanya di situs lowongan kerja yang seperti ini, mereka hanya menyediakan info kontak dari pemasang lowongan saja.

Daftar situs Lowongan Kerja

aplikasi lowongan kerja

Setelah Anda mengerti tentang kelebihan dan kekurangan menggunakan situs lowongan kerja, Anda tentu tertarik info soal situs mana yang paling recommended untuk dicoba. Berikut adalah beberapa situs dan app yang bisa Anda pilih dan coba:

JobStreet

Jobstreet merupakan salah satu perusahaan penyedia informasi lowongan pekerjaan terkemuka di Asia. Jobstreet berperan sebagai fasilitator pencocokan dan komunikasi lapangan kerja antara pencari kerja dan perusahaan, di Malaysia, Filipina, Singapura, Indonesia dan Vietnam.

Jobstreet telah menjadi bagian dari Bursa Efek Australia dan terdaftar sebagai SEEK Limited – perusahaan penyedia informasi lowongan pekerjaan terbesar didunia dengan kapitalisasi pasar.

Sebagai bagian dari keluarga SEEK, Jobstreet menggunakan produk kelas dunia untuk mempertemukan para pencari kerja dengan perusahaan terkemuka diseluruh wilayah.

Cara Daftar Jobstreet

Bagi kalian yang tertarik untuk mencari lowongan pekerjaan baru melalui Jobstreet, berikut kami beritahu cara mendaftar Jobstreet.

  • Daftar
  • Validasi Email
  • Sesuaikan lowongan dengan keinginan dan juga kemampuan
  • Membuat Profil
  • Mencari Pekerjaan, akan dibantu oleh bot bernama LiNa yang memberikan rekomendasi lowongan pekerjaan terbaik sesuai dengan profil kalian
  • Melamar Pekerjaan
  • Memeriksa Status Lamaran
  • Permintaan Wawancara akan muncul notifikasinya ketika perusahaan yang kalian pilih merespon

Kalian bisa melamar pekerjaan melalu Jobstreet dimana pun kalian berada

LinkedIn

LinkedIn adalah jaringan profesional terbesar di dunia di internet. Anda dapat menggunakan LinkedIn untuk menemukan pekerjaan yang tepat atau magang, menghubungkan dan memperkuat hubungan profesional, dan mempelajari keterampilan yang Anda butuhkan untuk sukses dalam karir Anda.

Anda dapat mengakses LinkedIn dari desktop, aplikasi seluler LinkedIn, pengalaman web seluler, atau aplikasi seluler LinkedIn Lite Android.

Sebuah lengkap profil LinkedIn dapat membantu Anda terhubung dengan peluang dengan menampilkan cerita profesional Anda yang unik melalui pengalaman, keterampilan, dan pendidikan.

Anda juga dapat menggunakan LinkedIn untuk menyelenggarakan acara offline, bergabung dengan kelompok, menulis artikel, memposting foto dan video, dan banyak lagi.

Cara Daftar LinkedIn

LinkedIn adalah platform online yang menghubungkan para profesional di seluruh dunia. Berikut beberapa langkah cara daftar LinkedIn.

Buat Profil, lengkapi profil serta ceritakan pengalaman profesional kalian agar dapat menarik koneksi dan juga para perekrut.

Bangun Jaringan dan Koneksi, pergunakan LinkedIn layaknya sebuah media sosial yang memperbolehkan kalian berteman dengan siapapun termasuk para petinggi perusahaan. Jadikan rekan kerja sebagai jaringan utama untuk membuka jaringan rekan lain diluar sana.

Cari Pekerjaan, LinkedIn akan merekomendasikan lowongan pekerjaan terbaru secara otomatis sesuai histori pencarian kalian atau profil. Kalian juga bisa mencari secara manual lowongan yang ada di LinkedIn di luar karakteristik kalian.

Berpartisipasi dalam Percakapan, seperti layaknya sosial media, platform LinkedIn juga memberikan kalian akses untuk berinteraksi mulai dari komen, share, dan juga like setiap postingan orang lain.

Posting Konten, selain mengomentari, kalian juga bisa memposting ide atau gagasan dan juga opini kalian sendiri.

LinkedIn terbagi menjadi dua layanan, yakni gratis dan berbayar dengan fasilitas fitur yang berbeda tentunya. Untuk lebih jelas kalian bisa langsung download LinkedIn pada akun Playstore kalian.

JobsDB

jobsDB.com didirikan pada tahun 1998 di Hong Kong dan tahun 2000 di Jakarta, Indonesia. jobsDB.com telah menjadi website info lowongan kerja nomor satu di Indonesia.

Dengan pengalaman selama 12 tahun, saat ini jobsDB.com memiliki jaringan di delapan negara yakni Australia, China, Hong Kong, Indonesia, Filipina, Malaysia, Singapore, Thailand.

Saat ini, jobsDB.com juga melebarkan pelayanannya melalui kantor cabang di Semarang dan Surabaya.

jobsDB.com memiliki lebih dari 2.000.000 Pencari Kerja di Indonesia, untuk menjawab kebutuhan perusahaan-perusahaan yang tengah mencari tenaga kerja berkualitas.

Selain itu, ada lebih dari 30.000 perusahaan yang telah menjadi pelanggan jobsDB.com.

Keunggulan jobsDB.com lainnya adalah event job fair atau bursa kerja yang rutin dilakukan di kota-kota besar seluruh Indonesia sepanjang tahun.

Rata-rata tiap event tersebut dihadiri lebih dari 60.000 pencari kerja.

Indeed Job

Indeed adalah situs lowongan kerja dengan lebih dari 250 juta pengunjung unik2 setiap bulannya.

Indeed berkomitmen untuk mengutamakan para pencari kerja, memberi mereka akses gratis untuk mencari pekerjaan, membuat CV, dan mencari tahu informasi tentang sebuah perusahaan.

Job Today

Jobtoday didirikan pada tahun 2015 dengan misi untuk mengubah cara orang menemukan pekerjaan dan membuatnya lebih sederhana.

Trovit Jobs

Trovit Jobs, aplikasi lowongan kerja lainnya yang bisa Anda gunakan untuk mencari pekerjaan secara online tanpa perlu repot mencetak atau print surat lamaran.

Hanya tinggal daftar sebagai akun pengguna dan memasukan resume maka Anda siap mencari pekerjaan yang sesuai dengan skill dan passion Anda.

Trovit Jobs ini menyediakan 46 Negara yang tidak termasuk dalam Negara Indonesia. Meskipun begitu, Trovit Jobs ini cocok untuk Anda yang berminat untuk bekerja di luar negeri terutama di Negara Amerika. Tertarik bekerja di luar negeri?

Freelancer

Sesuai dengan namanya, aplikasi Freelancer merupakan sebuah aplikasi pencari kerja untuk Anda yang mencari lowongan kerja paruh waktu.

Anda hanya perlu untuk mendaftarkan data diri Anda untuk melakukan Sign Up. Anda juga bisa mengajukan proposal untuk lebih dipercaya oleh para perusahaan meskipun Anda hanya seorang freelance.

Jobs ID

Jobs id aplikasi lowongan kerja Indonesia yang memang dikhususkan untuk para pencari pekerja yang mencari pekerjaan di Indonesia. Jobs Id membuat sebuah aplikasi yang akan lebih memudahkan para pencari kerja.

Pertama tentu Anda harus mendownload aplikasinya terlebih dahulu di PlayStore atau klik di sini. Setalah itu Anda bisa mendaftarkan diri Anda juga menampilkan foto dan resume/CV Anda.

LINE Jobs

LINE ternyata bukan hanya sekedar aplikasi untuk chatting saja. LINE memberikan inovasi baru dengan menambahkan fitur yang dinamakan dengan LINE Jobs.

LINE Jobs ini lah Anda bisa mencari pekerjaan yang cocok untuk Anda.

Caranya mudah, Anda hanya perlu memiliki akun LINE saja, kemudian Anda bisa langsung klik fitur LINE Jobs dan carilah pekerjaan yang Anda inginkan.

Lowongan Kerja Update

Lowongan Kerja Update ini bukan sekedar menampung lowongan kerja dari seluruh Indonesia.

Lowongan Kerja Update ini merupakan aplikasi yang selalu mengupdate tentang pekerjaan baru yang berasal dari pihak JobsCDC, Bursa Kerja Depnakertrans, Career Builder, ECC UGM, Kedai Karir, Klik Karir, Dunia Karir, Karir com, Career Jet, Loker Web Id dan lainnya.

Cara Menggunakan Situs Lowongan Kerja

aplikasi lowongan kerja

Setiap pilihan situs lowongan kerja di atas tentu memiliki jalur spesifik yang bisa digunakan. Cara menggunakan situs lowongan kerja bisa berbeda, tapi tentu ada persamaan yang bisa Anda perhatikan di sini.

Kebanyakan situs lowongan kerja akan meminta Anda mendaftar untuk mengakses fiturnya. Saat mendaftar di sini, Anda sebaiknya menggunakan data yang jujur dan paling update karena info akun bisa saja dicek oleh pemasang lowongan.

Di beberapa situs seperti LinkedIn, Anda juga bisa memasang portofolio di akun untuk memudahkan pengecekan oleh pemasang lowongan. Di dalam akun Anda, detail skill dan juga sejarah pekerjaan bisa Anda cantumkan.

Informasi ini akan memperkuat posisi Anda saat melamar pekerjaan dari situs – situs tersebut. Misal Anda isi informasi profil akun dengan posisi pengalaman kerja sebagai sales manager selama 6 tahun.

Tentu hal ini nantinya bisa Anda update setiap saat. Nah, untuk mendaftar lowongan, beberapa situs website mengizinkan Anda mendaftar dan mengupload persyaratan di situ langsung.

Tapi beberapa tempat lain seperti LINE Jobs, Anda harus menghubungi pihak pemasang lowongan secara terpisah dan mengikuti pendaftaran di luar situs.

Walaupun begitu, hal ini tentu lebih mudah dibandingkan Anda mencari manual melalui koran untuk lapangan kerja. Karena itu penggunaan situs – situs lowongan kerja ini tidak bisa diremehkan.

Like us!

Komentar