Diperbaharui pada Selasa, 3 Maret 2020 | 15:15

5 Kelebihan Tangi, Aplikasi Video Pendek Pesaing TikTok

Kelebihan TangiSiapa yang tidak kenal Tiktok, sebuah aplikasi video pendek di hp yang sangat populer dalam beberapa bulan ke belakang. Mulai dari anak-anak sampai orang dewasa senang memperlihatkan kreatifitasnya dengan membuat sebuah video Titktok dan diunggahnya ke sosial media. 

Saking populernya, sampai-sampai Google membuat saingan Tiktok bernama Tangi. Sekilas aplikasi ini hampir mirip dengan Tiktok. Tangi merupakan sebuah aplikasi eksperimental yang diambil dari nama TeAch dan Give.  Pendiri aplikasi ini sendiri adalah Coco Mao. Dia sendiri membuat aplikasi ini karena terinspirasi setelah mengunjungi orang tuanya ketika berada di Shanghai. 

Saat itu dia banyak melihat orang tuanya senang melihat video bagaimana cara melukis dan fotografi lewat ponsel mereka. Mereka dengan mudah mempelajari beberapa tips dari video ketimbang membaca instruksi dari teks dan juga gambar yang akan memakan waktu yang lebih lama. 

Konsep aplikasi ini sendiri seringkali memang disebut sebagai saingan dari aplikasi yang sudah ada saat ini yaitu Tiktok. Namun ternyata dibandingkan dengan aplikasi lainnya, aplikasi ini sendiri mempunyai banyak keunggulan.

Fitur-Fitur Tangi

Kelebihan TangiBagi yang ingin juga mencoba aplikasi video singkat ini, kamu perlu mengetahui fitur-fitur dari aplikasi ini sendiri. Aplikasi ini sendiri memang sedikit berbeda dengan aplikasi video singkat lainnya. Aplikasi ini lebih fokus pada membantu banyak orang untuk belajar bagaimana membuat sesuatu secara lebih kreatif. Aplikasi ini sendiri bisa juga menjadi pesaing Youtube namun sayangnya aplikasi ini mempunyai batasan durasi video yang hanya sekitar 45 detik saja. 

Lalu apa fitur yang ditawarkan dari aplikasi ini? Aplikasi ini sendiri mempunyai fitur yang bernama Try It. Fitur ini akan memungkinkan para penggunanya untuk mencoba beberapa tips dan kreativitas dari orang lain kemudian kamu bisa mengunggahnya di aplikasi tersebut. 

Dengan aplikasi ini kamu juga mungkin membentuk sebuah komunitas. Saat ini sendiri aplikasi yang satu ini telah banyak digunakan oleh beberapa blogger terkenal, pencipta makanan, pembuat roti dan lain sebagainya. Kamu perlu tahu keunggulan dari aplikasi ini dan bisa mendapatkan informasinya di sini.

Kelebihan Tangi vs TikTok

Kelebihan TangiDi era modern ini hampir semua orang mempergunakan ponselnya untuk mendapatkan hiburan sampai dengan belajar tentang banyak hal. Dengan aplikasi Tangi sendiri ada banyak keunggulan yang bisa kamu dapatkan jika dibandingkan dengan aplikasi serupa misalnya aplikasi Byte atau juga Tiktok. Lalu apa saja keunggulan dari aplikasi ini?

1. Membantu Pengguna untuk Belajar

Aplikasi ini sendiri memang berfokus sebagai sebuah video DIY atau video tutorial yang akan menyalurkan hobi dan minat seseorang serta bisa dibagi kepada orang lain.Lain halnya dengan aplikasi pesaingnya yang hanya mengedepankan unsur hiburan saja.

Aplikasi ini sebagai wadah bagi banyak orang untuk membuat video tentang kreasi atau hobi mereka namun bisa juga digunakan sebagai tempat terbaik untuk mendapatkan berbagai informasi atau video tentang apapun yang ingin mereka ketahui.

2. Memadukan Instagram dan Pinterest

Hal yang juga merupakan keunggulan dari aplikasi ini adalah adanya perpaduan antara Instagram dan juga Pinterest. Semua pengguna bisa memulai dan juga mencari video berdasarkan beberapa hal misalnya topik atau bisa juga mengetik apa yang ingin mereka ketahui dengan mudah.Dengan adanya filter ini kamu bisa dengan mudah mendapatkan dan menyaring video yang kamu butuhkan.

Ada banyak kategori yang akan bisa kamu temukan misalnya seni, gaya hidup, kecantikan, memasak dan lain sebagainya. kamu tidak hanya bisa mencari video yang kamu butuhkan namun kamu juga bisa menyimpan video dan juga menyukai semua video lewat aplikasi ini. Hal ini juga membedakan aplikasi ini dengan aplikasi yang mirip dengan aplikasi ini.

3. Ada Fitur Try It

Seperti yang telah dijelaskan di atas, aplikasi ini sendiri mempunyai fitur bernama Try It. Dengan adanya fitur ini maka pengguna akan bisa mengunggah semua foto dari pembuatan ulang video yang mereka buat sebagai sarana interaksi dengan semua anggota atau pengguna aplikasi ini lainnya.

Pembuat aplikasi ini telah bekerja sama dengan beberapa pembuat konten yang akan membuat aplikasi ini semakin menarik bagi semua orang yang membutuhkan informasi tentang pembuatan sesuatu.

4. Durasi yang Pendek

Jika dibandingkan dengan aplikasi video TikTok atau Byte, aplikasi ini sendiri menawarkan durasi video yang jauh lebih singkat. Video ini hanya akan berdurasi sekitar 45 detik saja sampai dengan 1 menit. Pengguna akan bisa melihat video pendek dan tidak akan mendapatkan banyak fitur yang serumit YouTube. Aplikasi ini diklaim lebih mudah digunakan ketimbang dengan aplikasi lainnya.

5. Gratis Tanpa Iklan

Keunggulan yang terakhir yang ditawarkan oleh aplikasi ini adalah kamu bisa mendapatkan aplikasi ini secara gratis. Aplikasi ini memang dirilis oleh Google namun sayangnya aplikasi ini sendiri belum tersedia di Android. kamu yang ingin mencoba aplikasi ini harus menggunakan produk Apple dan mencari aplikasi ini dengan Apple App Store terlebih dahulu atau dengan cara melihat di website aplikasi ini sendiri.

Hal ini membedakan dengan aplikasi lainnya yang memang sudah tersedia dengan mudah di Play Store sehingga bisa digunakan di ponsel Android atau di platform lainnya. Selain gratis digunakan, kamu tidak akan terganggu dengan banyaknya iklan yang sering muncul di aplikasi.

Dengan menggunakan aplikasi ini kamu tidak akan mendapati iklan karena aplikasi ini memang dibuat tanpa iklan. Aplikasi ini sangat menarik karena tidak akan menyedot kuota data kamu hanya untuk melihat banyaknya iklan yang ditawarkan kepada kamu.

Kekurangan Tangi

Salah satu kekurangan Tangi dibanding Tiktok adalah baru tersedia untuk perangkat berbasis iOS saja (iPhone dan iPad). Sedangkan untuk hp Android nampaknya masih harus beberapa waktu ke depan. 

Kesimpulan

Aplikasi Tangi sendiri menjadi aplikasi terbaru yang menyegarkan dan menyemarakkan fitur aplikasi berbagi video yang memang saat ini banyak dibutuhkan. Aplikasi ini sendiri menawarkan banyak keunggulan mulai dari fitur Try It, durasi yang lebih pendek, serta dapat diunduh secara gratis di Apple App Store.

Aplikasi ini sendiri juga bisa kamu jadikan alternative aplikasi yang direkomendasikan untuk diunduh selain mengunduh Instagram, Pinterest, TikTok, atau situs berbagi foto dan video lainnya. Ini saatnya kamu juga mencari dan berbagi kebiasaan kamu dengan membuat video pendek hanya dengan aplikasi Tangi.

Like us!
Nur Abdillah

Content Writer

2444 Posts

Punya pengalaman di beberapa media yang mengulas gadget, seperti Tabloid SMS, Tabloid Roaming, Majalah Digicom hingga Majalah Techlife. Selalu berusaha berbagi informasi yang akurat dan terupdate seputar teknologi dan gadget.