Diperbaharui pada Rabu, 7 Februari 2024 | 11:17

5 Perbedaan Brand Hp Xiaomi dan POCO yang Belum Banyak Diketahui

perbedaan poco dan redmi

Indonesia merupakan pasar potensial untuk produk-produk smartphone asal Tiongkok karena mayoritas produk-produknya masih dalam kisaran harga yang terjangkau. Berbagai brand smartphone Tiongkok dengan harga yang terjangkau ini pun bersaing ketat di pasaran untuk menggaet konsumen di Tanah Air.

Dari banyaknya brand smartphone tersebut, mencuat nama Xiaomi dan POCO yang tidak dapat dipungkiri, cukup populer di pasaran. Banyak yang mengira Xiaomi dan POCO adalah brand yang sama, padahal keduanya adalah brand independen yang berbeda, meski berada di bawah atap yang sama.

Perbedaan Xiaomi dan POCO

Persepsi bahwa Xiaomi dan POCO adalah brand yang sama sebenarnya bisa dimaklumi, karena sejarah brand POCO memang ada sangkut pautnya dengan brand Xiaomi. POCO pertama kali hadir di tahun 2018 sebagai sub-brand dari Xiaomi yang berfokus pada smartphone di kelas mid-range. Produk pertamanya adalah Pocophone F1.

Di tahun 2020, POCO mulai memisahkan diri dari Xiaomi dan berdiri sebagai brand independen. Langkah ini diawali oleh POCO India, yang lalu diikuti oleh POCO global, termasuk POCO Indonesia. Lalu apa yang membedakan kedua brand smartphone asal Tiongkok ini? Berikut perbedaan Xiaomi dan POCO.

1. POCO Tidak Memiliki Sub-brand

Xiaomi dan POCO memiliki perbedaan yang sangat signifikan dalam hal klasifikasi produknya. Xiaomi saat ini berfokus pada jajaran smartphone di kelas flagship melalui number series seperti Xiaomi 13T, Xiaomi 12 Pro dsb.

Untuk kelas entry dan mid-range, Xiaomi menyerahannya ada sub-brand Redmi yang kerap merilis smartphone dengan harga yang lebih terjangkau. Ini lah yang menjadi perbedaan Xiaomi dan Redmi.

Beralih ke POCO, brand ini memiliki klasifikasi kelas-kelasnya sendiri untuk rangkaian produk-produk smartphone yang diproduksi, mulai dari smartphone di kelas entry, mid-range, hingga flagship, tanpa adanya sub-brand.

2. Lini Produk Smartphone Berbeda

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, POCO mengawali debutnya sebagai sub-brand dari Xiaomi, dengan produk pertama mereka yaitu Pocophone F1 yang pertama kali diluncurkan di bulan Agustus 2018.

Awalnya lini tersebut berfokus pada smartphone di kelas mid-range, namun setelah memisahkan diri dari Xiaomi dan menjadi brand independen, POCO kini memiliki lini produk sendiri mulai dari kelas entry hingga flagship.

Berikut perbedaan lini smartphone Xiaomi dan POCO yang resmi di Indonesia.

Segmen Xiaomi POCO
Entry Redmi Series C Series
Mid-range Redmi Note Series X Series, M Series
Flagship Xiaomi Number Series F Series

3. Target Pasar Berbeda

Rangkaian produk Xiaomi (dan Redmi) mayoritas berfokus pada target pasar secara general yang membutuhkan sebuah perangkat smartphone untuk memenuhi kebutuhan harian yang terkait dengan produktivitas.

Berbeda dengan Xiaomi, rangkaian produk hp POCO mayoritas berfokus pada generasi yang lebih muda, yang lebih banyak menggunakan perangkat smartphone sebagai alat untuk tetap eksis di dunia maya. Selain itu, POCO juga kerap kali mengincar target pasar mobile gamer.

Perbedaan ini juga terlihat dari desain jajaran smartphone Xiaomi dan Redmi yang terkesan tegas, premium, dan classy. Sementara jajaran smartphone POCO lebih berani untuk bereksplorasi dalam hal desain, termasuk material yang digunakan dan pilihan warnanya.

4. POCO Memiliki Produk Rebranding

Meski jajaran hp POCO pada umumnya adalah produk-produk yang asli dibuat untuk brand POCO, namun ada beberapa produknya yang merupakan rebranding dari perangkat smartphone Redmi yang rilis secara global.

Hal ini lah yang menjadi salah satu pembeda dari brand Xiaomi dan POCO, karena Xiaomi tidak memiliki produk-produk rebranding, begitu pula dengan jajaran smartphone Redmi.

5. Perbedaan Kisaran Harga

Xiaomi kini berfokus pada rangkaian smartphone premium, sehingga banderol harganya juga untuk kelas flagship, dengan harga termurah di Rp 5 jutaan dan harga termahal di atas Rp 10 jutaan. Sementara untuk hp di kisaran harga Rp 1 – 4 jutaan bisa ditemukan di lini hp Redmi.

POCO memiliki kisaran harga di bawah hp Xiaomi, meski memiliki lini smartphone flagship juga. Harga hp POCO termurah ada di kisaran Rp 1 jutaan, sementara untuk seri yang lebih tinggi, harga termahalnya bisa menyentuh Rp 8 jutaan.

Pilih Hp Xiaomi atau Hp POCO?

Setelah mengetahui apa saja yang menjadi perbedaan dari brand Xiaomi dan POCO, serta perbedaan POCO dan Redmi, kini tentunya akan semakin memudahkan Anda ketika akan membeli smartphone dari salah satu brand tersebut.

Namun seperti membeli smartphone pada umumnya, hal utama yang menjadi penentu keputusan tentunya adalah apakah perangkat smartphone tersebut mampu memenuhi kebutuhan yang Anda cari atau tidak. Nah, semoga artikel ini membantu, ya!

Like us!
Restu Aji Siswanto

Content Writer

1491 Posts

Gemar mengikuti perkembangan teknologi gawai, baik yang rilis di Indonesia maupun yang tidak masuk pasar lokal. Ketertarikan pada teknologi dan gawai menjadi motivasi untuk terus memberikan informasi, rekomendasi, dan tips berbelanja seakurat mungkin, melalui artikel dan ulasan produk.