Diperbaharui pada Jumat, 22 Maret 2024 | 13:55

8 Aplikasi PayLater Resmi di Indonesia, Cara Daftar dan Kelebihannya

8 Aplikasi PayLater Resmi di Indonesia, Cara Daftar dan Kelebihannya-0Foto: Pexels

Seiring berkembangnya dunia perkreditan di Indonesia, kini makin banyak jenis layanan yang ditawarkan. Salah satunya adalah menggunakan aplikasi PayLater.

Tidak kalah dengan dompet elektronik, PayLater pun sudah mulai banyak, ada OVO, Shopee, Gopay, Kredivo dan lainnya. Lalu, apa itu PayLater?

Sederhananya PayLater itu bisa diartikan 'belanja sekarang bayar nanti'. Secara teknis, PayLater tidak berbeda dengan aplikasi cicilan tanpa kartu kredit.

PayLater ini bisa digunakan untuk berbelanja kebutuhan sehari-hari, mulai dari belanja online hingga traveling, seperti memesan tiket pesawat, kamar hotel dan lainnya.

Bahkan untuk hal-hal yang mendesak pun bisa menggunakan PayLater, sebut saja isi pulsa atau membeli paket data. 

Pengguna pun dipermudah karena sudah banyak e-commerce yang mengusung fitur ini, diantaranya Shopee PayLater dan lainnya. Atau bagi yang suka traveling bisa memanfaatkan aplikasi PayLater dari Traveloka.

Selain itu, masih ada beberapa aplikasi PayLater yang bisa ditemukan. Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa aplikasi Paylater yang ada di Indonesia lengkap dengan cara daftar dan keunggulannya.

Aplikasi PayLater di Indonesia

Paylater

Berikut pilihan aplikasi PayLater lengkap dengan cara daftar PayLater dan kelebihan yang ditawarkan dari masing-masing layanan.

1. GoPay PayLater

Gojek merupakan salah satu ojek online yang memiliki fitur PayLater. Cara Mendaftar Gojek PayLater seperti pada umumnya yaitu dengan mengajukan permohonan dan disetujui, akan tetapi hanya pelanggan tertentu saja yang bisa menggunakannya.

Berikut cara mengaktifkan GoPay Later di Aplikasi Gojek ;

  • Di aplikasi GoPay Later, klik Aktifin Sekarang
  • Masuk ke akun PT MAB lalu klik Lanjut
  • Baca serta pahami Syarat dan Ketentuan, lalu klik Saya Setuju dengan Syarat & Ketentuan
  • Foto e-KTP, foto selfie, dan isi data diri
  • Tunggu data diproses

Kelebihan yang ditawarkan adalah maksimal limit hingga Rp 30 juta, tenor hingga 12 bulan dan biaya mulai dari 2% per transaksi serta bebas biaya bulanan.

dengan bisa digunakannya di semua merchant GoPay yang semuanya sudah tersedia dalam satu aplikasi Gojek di hp. Dan Merchants yang bekerja sama dengan Gojek ini adalah GoFood, GoRide, GoBluebird, GoPulsa, GoTix, dan juga GoBills.

2. Shopee PayLater

Shopee PayLater adalah salah satu alat pembayaran untuk Shopee dan punya fitur PayLater. Cara Mendaftar Shopee PayLater adalah dengan menggunakan E-KTP dan menunggu verifikasi dari pusat yang memakan waktu sekitar 24 jam.

Berikut cara daftar paylater Shopee :

  • Buka aplikasi Shopee
  • Klik tab Saya, lalu pilih SPayLater
  • Klik Aktifkan Sekarang
  • Masukan Kode Verifikasi (OTP)* yang dikirimkan melalui SMS dan klik Lanjut 
  • Unggah Foto KTP dan masukan Nama beserta NIK. Klik Konfirmasi
  • Masukan Informasi Tambahan. Klik Konfirmasi
  • Lakukan Verifikasi Wajah. Arahkan wajah ke dalam frame sesuai dengan petunjuk

Kelebihan yang ditawarkan adalah bisa membeli barang di shopee dan membayarnya nanti dengan cicilan hingga 12 bulan dan limit hingga Rp 50 juta.

Cara bayar Shopee PayLater ini sangat mudah, klik saya, shopeePayLater, pilih pembayaran ShopeePay, indomaret, atau virtual account yang akan diingatkan setiap tanggal 25. Sebab, jika melewati tanggal tersebut akan dikenakan denda sebesar 5% dari total tagihan.

3. Kredivo PayLater

Kredivo merupakan salah satu aplikasi penyedia PayLater. Layanan ini memberikan kemudahan untuk beli sekarang dan bayar nanti dalam 30 hari atau cicilan 3 bulan dengan bunga 0% ataupun dengan cicilan 6, 12, 18 dan 24 bulan dengan bunga 2.6% per bulan.

Cara Mendaftar Kredivo adalah dengan cara mengunduh aplikasinya di Playstore atau AppStore dan meminta persetujuan. Untuk mendaftar Kredivo, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi yaitu :

  • WNI
  • Usia 18 - 60 tahun
  • Tinggal di Indonesia
  • Berpenghasilan minimal Rp 3.000.000 per bulan

Kelebihan yang ditawarkan adalah fintech dengan aplikasi yang ditawarkan oleh merchants yang bekerja sama.

4. Akulaku PayLater

Akulaku yang merupakan alat pembayaran masa kini juga mengeluarkan PayLater. Sudah ada lebih dari 1000 merchant yang bergabung di Akulaku.

Beberapa keuntungan yang ditawarkan seperti tenor panjang dan fleksibel hingga 15 bulan. Dengan aplikasi Paylater ini Anda bisa juga melakukan top up pulsa, membeli paket data internet, tiket pesawat hingga voucher hiburan.

Tarif biaya admin pesanan awal adalah 1.5%. Seiring dengan bertambahnya jumlah pesanan, tarif biaya juga akan menurun secara bertahap. Tarif biaya admin terendah bisa mencapai 0.5%

Anda bisa gunakan pembayaran dengan Akulaku di berbagai platform e-commerce, seperti Shopee, BukaLapak, Blibli, dan masih banyak lainnya.

Cara Mendaftarnya mudah seperti pendaftaran aplikasi yang lain dengan mengajukan permintaan dan menunggu disetujui.

5. Traveloka PayLater

Selanjutnya Traveloka yang merupakan aplikasi Travel juga mengeluarkan PayLater. Cara Mendaftar PayLater Traveloka juga hanya membutuhkan pengajuan dengan menggunakan KTP. Caranya sebagai berikut :

  • Buka aplikasi Traveloka, lalu pilih PayLater
  • Lengkapi informasi yang dibutuhkan
  • Siapkan KTP dan selfie untuk verifikasi
  • Setelah disetujui, aktifkan akun

Kelebihan yang ditawarkan dari Traveloka yaitu kemudahan untuk membeli produk-produk Traveloka tanpa harus membayarnya di hari yang bersamaan.

Merchants yang bekerja sama dengan Traveloka adalah semua produk di Traveloka seperti pesawat, kereta, bus, tempat wisata, dan lain sebagainya yang bisa dibayarkan dengan pembelian aplikasi ini saja. 

Termasuk bisa digunakan untuk transaksi di e-commerce dan toko-toko online lainnya. Bunga PayLater sebesar 2.25%-4.80% per bulan. Biaya tersebut diberlakukan untuk pengguna yang melakukan cicilan bulanan dan berlaku flat atau rata untuk setiap bulannya.

6. Home Credit

Home Credit juga merupakan lembaga pembayaran yang memiliki fitur PayLater. Cara Mendaftarnya yaitu dengan mempersiapkan KTP seperti pada pendaftaran aplikasi PayLater yang lainnya.

Berikut cara daftar Home Credit :

  • Download aplikasi My Home Credit
  • Masukkan Data (tanggal lahir sesuai KTP, nomor hp aktif, PIN)
  • Tulis Kode Verifikasi yang akan dikirim ke nomor hp

Kelebihan yang ditawarkan ini yaitu dengan adanya fitur pengecekan BI checking dan telah banyak digunakan oleh banyak orang.

Merchants yang bekerja sama dengan Home Credit ini banyak sekali, yang biasanya bisa dilihat pada detail pemesanan, apakah dilanjutkan dengan metode yang lain atau menggunakan Home Credit ini.

Beberapa merchant Home Credit mencakup Erafone, iBox, Electronic City, Hypermart, Informa, IKEA dan sebagainya.

7. Indodana

IndoDana adalah salah satu penyedia kredit online. Cara Mendaftar Indodana adalah dengan mengunduh aplikasi dan mendaftarkan diri dengan menyetujui berbagai syarat dan ketentuan yang berlaku.

Berikut cara daftar di Indodana :

  • Download aplikasi Indodana Finance
  • Masukkan Nomor HP
  • Lakukan verifikasi nomor telepon
  • Pilih PayLater pada menu utama
  • Dapatkan limit dengan mengisi formulir pendaftaran dan menggungah data-data yang diperlukan.
  • Tunggu proses verifikasi dan layanan PayLater bisa segera digunakan

Adapun syarat-syaratnya mencakup WNI, usia 20-65 tahun, memiliki penghasilan minimum Rp 3.500.000, KTP, memiliki penghasilan tetap dan telah bekerja minimal 3 bulan.

Kelebihan yang ditawarkan adalah limit kredit hingga Rp 30 juta, bisa dibayar dalam 30 hari atau cicilan 3/6/12 bulan.

8. BRI Ceria

BRI ceria juga merupakan alat penyedia kredit online. Cara mendaftar BRI Ceria sangat mudah, yaitu dengan mengunduhnya di PlayStore, registrasi, dan ajukan pinjaman, jika lolos maka langsung dapat pinjaman.

Syarat pengajuan BRI Ceria :

  • Dilakukan secara online melalui aplikasi CERIA
  • WNI
  • Memiliki rekening simpanan di BRI
  • Usia 21 - 50 tahun
  • KTP

Cara registrasi BRI Ceria :

  • Donwload aplikasi Ceria lalu buka
  • Masukkan nomor hp lalu sign up
  • Masukkan kode OTP yang dikirim ke hp
  • Buat PIN lalu konfirmasi PIN
  • Selesai

Kelebihan yang ditawarkan adalah proses pengajuan kurang dari 10 menit, bunga cicilan 1,42% flat per bulan, limit kredit Rp 500 ribu – Rp 20 Juta, bersifat revolving (sesuai dengan penggunaan dan pembayaran tagihan) dan jangka waktu cicilan 1-12 bulan.

Merchants yang bekerja sama dengan BRI Ceria adalah berbagai e-commerce Indonesia. Beberapa merchant yang bisa menggunakan aplikasi BR Ceria seperti Tokopedia, Blibli, Bukalapak, Dinomarket, MyHartono dan lainnya.

Kelebihan PayLater

Kelebihan menggunakan PayLater dengan metode pembayaran yang lainnya adalah adanya kemudahan menyelesaikan transaksi Anda kapan saja dan di mana saja.

Kemudahan ini karena menggunakan sistem online sehingga sangat cocok untuk Anda yang sedang memiliki keperluan mendadak tetapi belum memiliki uang.

Perbedaan PayLater dengan Kartu Kredit

paylater

Walaupun ini sama-sama memiliki fungsi yang sama, PayLater dengan kartu kredit ini memiliki berbagai perbedaan yang sangat mendasar, yaitu :

1. Pengajuan

Cara pengajuan PayLater menggunakan dokumen yang bersifat soft file karena pendaftarannya lewat online, sedangkan kartu kredit membutuhkan dokumen fisik karena dilakukan secara offline.

2. Suku Bunga

Suku bunga yang ditetapkan PayLater sekitar 2,9% sampai 4% per bulan, sedangkan kartu kredit sekitar 2,75 sampai 3% per bulan.

3. Limit Pinjaman

Limit yang diberikan PayLater telah ditentukan sesuai dengan aplikasi penyedia, sedangkan kartu kredit memiliki limit yang berbeda-beda yang bisa disesuaikan dengan pendapatan orang yang ingin memakainya.

4. Tenor

Tenor yang diberikan PayLater biasanya mulai dari 1,3,6,10, hingga 12 bulan, sedangkan kartu kredit sekitar 22,24,36, hingga 48 bulan.

5. Keamanan

Keamanan sama-sama diawasi oleh OJK. Bedanya keamanan PayLater menggunakan kode OTP sedangkan Kartu Kredit menggunakan Pin dan tanda tangan.

Kesimpulan

Penggunaan PayLater memang sangat mudah dan banyak. Anda bisa memilih berbagai fasilitas PayLater yang disediakan oleh banyak aplikasi saat ini.

Akan tetapi penggunaannya juga harus bijak. Sesuaikan pinjaman Anda dengan kemampuan Anda untuk membayar, jangan sampai hutang tidak bisa terbayarkan.

Like us!
Nur Abdillah

Content Writer

2440 Posts

Punya pengalaman di beberapa media yang mengulas gadget, seperti Tabloid SMS, Tabloid Roaming, Majalah Digicom hingga Majalah Techlife. Selalu berusaha berbagi informasi yang akurat dan terupdate seputar teknologi dan gadget.