Perbedaan Realme 2 dan Realme 2 Pro, Smartphone Kuda Hitam Baru di Indonesia

Oleh Rizki Abadi updated Selasa, 9 Okt 2018 | 18:11

realme 2

Belakangan ini, produsen smartphone besar tampaknya mulai tertarik untuk memasarkan sejumlah produk dari sub brand nya di pasar Indonesia. Setelah Huawei dengan sub brand Honor, lalu Xiaomi dengan sub brand Poco, kini OPPO menghadirkan Realme di pasar Indonesia.

Di Indonesia, Realme membawa 2 buah smartphone sekaligus yaitu Realme 2 dan Realme 2 Pro. Keduanya cukup menarik banyak perhatian dari konsumen di banyak negara karena menghadirkan spesifikasi yang baik dan dijual dengan harga terjangkau.

Tentu kehadiran keduanya bisa dibilang akan menjadi saingan baru bagi sejumlah produsen seperti Xiaomi yang selalu terkenal membawa smartphone dengan spesifikasi bagus dan dijual dengan harga murah.

Lalu, seperti apa perbedaan spesifikasi dari Realme 2 dan Realme 2 Pro? Apakah mereka sangat layak untuk dibeli? Berikut ini kami bahas perbedaan spesifikasi dari keduanya di bawah ini:

Desain

realme 2 pro

Dari segi desain, kedua hp ini hadir dengan dimensi yang cukup mirip. Di mana Realme 2 hadir dengan dimensi 156.2 x 75.6 x 8.2 mm dan Realme 2 Pro punya dimensi sedikit lebih besar yaitu 156.7 x 74 x 8.5 mm.

Perbedaan paling mencolok terlihat pada bagian notch, di mana Realme 2 punya notch lebih besar dibanding Realme 2 Pro yang punya notch kecil seperti tetesan air atau biasa disebut waterdrop notch.

Begitupun dari segi warna, di mana Realme 2 memiliki warna yang didesain khusus dengan gradasi seperti berlian untuk semua varian warna di bagian belakang. Sementara Realme 2 hadir dengan warna polos untuk setiap varian warnanya.

Layar

realme 2

Karena dimensinya berbeda tipis, ukuran layar keduanya juga tidak terpaut jauh. Di mana Realme 2 datang dengan panel IPS LCD ukuran 6.2 inch resolusi 720 x 1520 pixel dan punya rasio 19:9.

Sedangkan Realme 2 Pro punya layar ukuran 6.3 inch berteknologi IPS LCD juga. Perbedaan keduanya layar ini cukup mencolok jika dilihat dari resolusi yang ditawarkan, di mana layar Realme 2 Pro punya resolusi 1080 x 2340 piksel dan punya rasio 19.9:9.

Untuk perlindungan, layar kedua hp ini sudah dilincungi dengan Gorilla Glass 3. Bukan versi Gorilla Glass terbaru, namun sudah cukup untuk memberi perlindungan optimal pada Reame 2 dan Realme 2 Pro.

Software

realme 2

Dari segi software, kedua hp ini sama-sama hadir dengan OS Android 8.1 Oreo. Namun ada perbedaan dari sisi UI di mana Realme 2 masih menggunakan ColorOS 5.1 dan Realme 2 Pro sudah menggunakan ColorOS 5.2 yang lebih baru.

Performa

realme 2

Dari sisi performa, Realme mempercayakan dua chipset andalan dari Qualcomm kepada dua smartphone barunya. Di mana Realme 2 menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 450 Octa-core 1.8 GHz Cortex-A53. Chipset ini didampingi oleh varian RAM dan ROM 3GB 32GB dan 4GB 64GB.

Sedangkan Realme 2 Pro mempunyai chipset yang lebih ngebut yaitu Qualcomm Snapdragon 660 AIE (4x2.0 GHz Kryo 260 & 4x1.8 GHz Kryo 260). Chipset ini dikombinasikan dengan 3 varian RAM dan ROM yaitu 4GB 64GB, 6GB 64GB, dan 8GB 128GB.

Bila masih merasa kurang, Realme masih menyediakan slot microSD tambahan masing-masing sampai 256GB pada kedua smartphonenya.

Kamera

realme 2

Untuk urusan kamera, Realme 2 menggunakan konfigurasi dual kamera beresolusi 13 MP f/2.2 +  2 MP f/2.4 depth sensor di bagian belakang. Sementara untuk kamera selfie, sudah tersedia satu kamera beresolusi 8 MP f/2.2.

Sementara Realme 2 Pro juga memiliki konfigurasi dual kamera namun punya resolusi lebih besar. Di bagian belakang terdapat dua kamera beresolusi 16 MP f/1.7 PDAF + 2MP depth sensor. Di bagian depan ada satu kamera selfie beresolusi 16 MP f/2.0.

Masing-masing dari kedua kamera sudah disematkan teknologi AI Beautification 2.0 yang lebih maju dan sudah dipakai oleh OPPO di beberapa produk utamanya.

Baterai

realme 2

Walau dari banyak spesifikasi Realme 2 Pro memiliki keunggulan cukup signifikan, rupanya hal berbeda terjadi di bagian baterai. Di mana Realme 2 memiliki kapasitas baterai lebih besar mencapai 4230mAh.

Sementara Realme 2 Pro menggunakan baterai berkapasitas lebih kecil 3500mAh. Walau lebih kecil, angka ini sudah sangat baik karena umumnya produsen hanya menyediakan kapasitas baterai di bawah itu.

Kesimpulan

Perbedaan spesifikasi dari kedua hp ini hanya di atas kertas, mengenai kemampuan sebenarnya dari kedua hp memerlukan tes lebih lanjut. Realme 2 hadir dengan spesifikasi kelas menengah dengan keunggulan lebih dari sisi baterai.

Sementara Realme 2 Pro hadir dengan keunggulan lebih baik di sisi performa dan kamera. Walau berbeda dari sisi spesifikasi, dengan harga jual keduanya yang murah, keduanya dijamin bisa menjadi kuda hitam baru di pasar smartphone Indonesia.

Artikel Lainnya

Komentar

Huda Selasa, 9 Okt 2018 | 20:52
Bakal jadi hp ghoib